kumparan
26 Apr 2018 11:23 WIB

Throwback: Reza Artamevia yang Menolak Tua

Reza Artamevia dulu dan kini. (Foto: Instagram @rezaartameviaofficial & Munady Widjaja)
Di usia yang hampir menginjak 45 tahun, Reza Artamevia semakin terlihat awet muda dan bersinar. Namanya juga tak pernah meredup dalam belantika musik Tanah Air. Hingga kini, pemilik nama lengkap Reza Artamevia Adriana Eka Suci ini masih sering tampil di berbagai acara musik di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sejak kecil, Reza memang sudah tertarik dengan dunia tarik suara. Saat duduk di bangku SD, Reza pernah menjuarai 'Lomba Lagu Anak-anak TVRI' pada tahun 1985. Bakatnya kembali terasah semenjak ia membentuk sebuah band bersama teman-temannya ketika duduk di bangku SMP. Beruntungnya, keluarga Reza selalu memberinya dukungan untuk terjun di dunia musik, sehingga membuat wanita kelahiran Jakarta itu semakin semangat untuk berkarya.
Loading Instagram...
Seiring berjalannya waktu, Reza pun mendapat kesempatan untuk memulai kariernya sebagai penyanyi profesional. Ia mengawalinya dengan menjadi backing vocal dalam grup besutan Ahmad Dhani, Dewa 19. Memiliki suara alto yang khas dengan warna suara yang unik membuat Dhani kemudian tertarik untuk mengorbitkan Reza ke industri musik.
Dibantu oleh tangan dingin Dhani, Reza akhirnya berhasil merilis debut albumnya sebagai penyanyi profesional di tahun 1997, yang diberi judul 'Keajaiban'. Sama seperti judul albumnya, perjalanan karier Reza juga tampak seperti sebuah keajaiban.
ADVERTISEMENT
Tanpa disangka, tak lama setelah mengeluarkan debutnya, nama Reza langsung melesat naik ke deretan penyanyi papan atas di Tanah Air. Ia terpilih menjadi 'Penyanyi Pendatang Baru Terbaik' kategori umum di ajang Anugerah Musik Indonesia tahun 1998.
Musiknya yang ringan dengan lirik lagu mendalam membuat lagu-lagu Reza mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Sederet lagu Reza yang menjadi hits antara lain adalah 'Pertama', 'Satu yang Tak Bisa Lepas', 'Cinta 'kan Membawamu Kembali', dan masih banyak lagi.
Sepanjang perjalanan kariernya yang sudah lebih dari 20 tahun, Reza tercatat telah menelurkan lima buah album, dan berhasil menyabet beberapa penghargaan berkat karya yang diciptakannya itu.
Saat namanya tengah naik daun, pelantun lagu 'Aku Wanita' ini mengambil keputusan yang cukup berani untuk menikah dengan aktor Adjie Massaid. Mereka resmi menikah pada 9 Februari 1999. Dari pernikahan tersebut, Adjie dan Reza dikaruniai dua orang putri bernama Zahwa Rezi Massaid yang lahir pada 19 November 2000 dan Aaliyah Annisa Jeffar Massaid yang lahir dua tahun kemudian, 8 Maret 2002.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, perjalanan rumah tangga mereka tak berlangsung lama. Pada 17 Januari 2005, mereka resmi bercerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, dan saat itu hak asuh anak jatuh di tangan Adjie, yang kemudian menikah lagi dengan Angelina Sondakh di tahun 2009.
Setelah Adjie meninggal dunia di tahun 2011, Reza dan Angelina dikabarkan saling bekerja sama untuk mengurus anak-anak Adjie.
Bicara soal penampilan, alumni Universitas Pancasila ini diketahui kerap bergonta-ganti model rambut. Di album pertama misalnya, ia keluar dengan model rambut long bob sebahu dengan blow out. Saat itu, usianya baru menginjak 22 tahun.
Sementara itu, di album kedua berjudul 'Keabadian' yang rilis tahun 2000, Reza muncul dengan rambut keriting panjangnya yang terlihat basah, dan dibiarkan tergerai. Di masa itu, model rambut seperti itu memang tengah menjadi tren.
ADVERTISEMENT
Ia juga pernah tampil dengan potongan rambut bob pendek di pertengahan tahun 2000. Tapi, meskipun sering gonta-ganti model dan warna rambut, satu yang pasti adalah Reza selalu mempertahankan bentuk rambut bergelombang yang selalu jadi ciri khasnya sejak dulu.
Reza Artamevia (Foto: Munady/kumparan)
Di tahun 2016, Reza sempat tersandung masalah narkoba. Kejadian itu berawal dari Gatot Brajamusti, guru spiritual Reza, diduga mengonsumsi narkoba di padepokan miliknya. Hal tersebut lantas berimbas pada Reza yang ternyata terbukti positif menggunakan narkoba jenis sabu.
Reza pun terpaksa menjalani rehabilitasi di Mataram, NTB. Padahal, Reza tidak tahu dirinya mengonsumsi sabu. Yang Reza tahu, dia hanya mengonsumsi aspat yang diberikan Gatot. Ternyata, aspat tersebut adalah narkoba.
Setelah bebas, Reza kembali tampil di depan publik dengan gaya dan penampilan barunya. Ia memotong rambut panjangnya dan kemudian mengganti warnanya. Banyak orang yang menilai penampilan Reza ini semakin membuatnya terlihat awet muda dan fresh.
ADVERTISEMENT
Satu tahun kemudian, Reza kembali mengubah gaya rambutnya, tapi kali ini, perubahannya cukup terlihat 'ekstrim' dibandingkan dengan gaya rambut terdahulunya. Rambutnya yang mulai memanjang, ia potong lagi hingga sebahu, dan dicat dengan warna silver, warna rambut yang memang sedang tren selama beberapa waktu terakhir ini.
Ternyata, upaya tersebut memang sengaja dilakukan oleh Reza untuk menutupi usianya yang sudah hampir menginjak 45 tahun. Meskipun usia sudah tua, tapi semangat di dalam dirinya tetap muda.
Reza Artamevia (Foto: Munady)
"Saya memang rambut suka berubah berubah. Tapi memang yang kali ini agak totally different than before. Karena diiniin (diwarnai) semua. Siasat saya aja karena kan saya udah enggak muda ya," ungkap Reza pada November 2017.
"Jadi sebenarnya, uban saya juga udah banyak. Ah sekalian aja dicat putih semua. Saya sih berharap uban saya sebanyak ini sekalian semua, jadinya kan keren gitu kan," lanjutnya.
Reza Artamevia (Foto: Munady Widjaja)
Nah, menurut kamu, gimana gaya dan penampilan Reza Artamevia saat ini? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·