kumparan
11 Jul 2018 13:49 WIB

Winky Wiryawan Bikin Film Dokumenter tentang Musik

Winky Wiryawan. (Foto: Munady Widjaja)
Winky Wiryawan telah melewati perjalanan yang begitu panjang di dunia musik. Ya, sudah sekitar 20 tahun Winky menggeluti profesinya sebagai seorang Disc Jokey alias DJ.
ADVERTISEMENT
Atas dasar tersebut, Winky mengaku ingin memberikan sebuah persembahan untuk dunia hiburan Tanah Air yang telah membesarkan namanya itu. Ia pun tengah membuat sebuah film dokumenter.
“Gue lagi bikin film dokumenter, lebih underground musik jadi sayap kirinya DJ yang enggak pernah kedengeran di Jakarta. Kan biasanya EDM, DWP, gitu. Ini justru sayap kirinya gitu dan orang-orang seperti yang buat musik kita kuat,” kata Winky saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, baru-baru ini.
Winky mengaku tak menaruh target kapan film tersebut harus rampung. Sebab menurutnya, dalam membuat suatu film dokumenter dibutuhkan sebuah riset yang mendalam. Sehingga nantinya tak ada narasumber atau bahkan fakta-fakta yang terlewat.
“Jadi kita emang pelan-pelan nyari (datanya), kita emang juga pengin ngebuat ini (film dokumenter). Kalau orang nonton kayak 'oh ternyata ada seperti ini ya di Jakarta',” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Saat ini, penggarapan film yang sudah berjalan selama 6 bulan itu baru menyentuh 20 persen dari total penyelesaian. Dalam pembuatannya, suami dari Kennes Yara Andhari itu melakukan diskusi dengan sejumlah orang yang memang memiliki kapasitas dalam hal tersebut.
“Ya, mereka senang gitu karena ternyata ada yang peduli dengan hal kayak gini. Karena kan selama ini kalau loe kenal kan DJ namanya pasti itu lagi, itu lagi,” ucap Winky.
“Itu tuh cuman 10 dari 1.000 orang dan bahkan di luar kita tuh mereka tuh lebih dedicated sama musiknya, indie-lah,” sambungnya.
Winky Wiryawan. (Foto: Munady Widjaja)
Ya, Winky mengaku bahwa sebenarnya jumlah DJ di Indonesia memang banyak. Namun, hal tersebut terbatas karena sebagian dari mereka memilih untuk berada di jalur independen dan tak menyentuh ranah komersial.
ADVERTISEMENT
Sejalan dengan semangat tersebut dalam memproduksi filmnya ini Winky juga tak ingin melibatkan sponsor atau pihak-pihak lain dalam hal pendanaan. Ia tak ingin semangatnya dalam pembuatan film tersebut tercampur dengan berbagai pihak. Meski mengaku sedikit kesulitan, namun ia yakin niat yang baik tentu akan mendapatkan jalan yang baik pula.
“Gue mau pure dari hati walaupun pelan dan duitnya pelan juga. Gue enggak mau diaturlah biar yang orang nonton di dunia itu juga benar nih yang diomongin,” pungkas Winky.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan