kumparan
8 Agu 2018 15:26 WIB

2 Tahun Blackpink Berkarya dan Raih Popularitas

Blackpink (Foto: Instagram @fromyg)
Girlband asuhan YG Enterteinment, Blackpink, merayakan anniversary kedua tepat pada hari ini, Rabu (8/8). Bukan hal yang mudah bagi keempat anggota Blackpink untuk bisa menembus industri musik Korea. Sama seperti idola lainnya, mereka juga harus menjalani masa trainee yang berat dan panjang sebelum akhirnya berhasil debut dan meraih kesuksesan.
ADVERTISEMENT
Sebelum kemunculan Blackpink, sejak tahun 2012 YG Entertainment telah mengumumkan akan mendebutkan sebuah girlband yang beranggotakan sembilan orang. Dalam pernyataannya kesembilan anggota tersebut akan bergabung dengan girlband yang bernama 'Pink Punk'.
Jennie merupakan anggota pertama yang diperkenalkan kepada publik tepat pada 2012. YG Entertainment merilis video latihan idola berusia 22 tahun ini saat sedang melakukan rap free style.
Video
Setelah Jennie, YG Entertainment kemudian merilis video latihan dance Lisa dengan judul 'Who's That Girl???'. Sesuai dengan judul videonya, saat itu YG Entertainment hanya memberitahukan foto dan usia Lisa, tanpa menuliskan nama atau pun kewarganegaraannya.
Sedangkan Jisoo mulai dikenal publik setelah ia beradu akting dengan aktor tampan Lee Min Ho dalam sebuah iklan. Meski pun saat itu masih berstatus trainee, anggota tertua Blackpink ini sudah sering menghiasi layar kaca lewat iklan yang dibintanginya.
ADVERTISEMENT
Ia juga sering tampil dalam video klip artis-artis selabelnya seperti Epik High dan Hi Suhyun feat Bobby iKON. Tak hanya itu, ia juga sempat menghiasi layar kaca lewat penampilannya sebagai cameo dalam drama Producers, bersama senior satu agensinya Seung Yoon Winner dan Sandara Park.
Video
Berbeda dengan anggota lainnya, Rose justru pertama kali diperkenalkan berkat suaranya yang khas. Leader BIG BANG, G-Dragon mengajak vokalis utama Blackpink ini berkolaborasi lewat lagu solonya yang berjudul Without You.
Meski sudah diperkenalkan, keempat wanita cantik ini tak kunjung debut. Baru setelah empat tahun lamanya, YG Entertainment secara resmi mengumumkan Lisa, Jennie, Rose dan Jisoo akan debut dalam sebuah grup bernama Blackpink.
Pada saat acara konferensi pers debut Blackpink, Yang Hyun Suk selaku pemilik YG Enterteinment mengatakan bahwa di antara sembilan trainee yang awalnya direncanakan akan debut sebagai anggota Pink Punk, hanya empat anggota yang bertahan dan memiliki kualifikasi untuk didebutkan.
ADVERTISEMENT
Video
Melansir Billboard, nama Blackpink dipilih karena sesuai dengan identitas grup mereka. Black melambangkan bakat, kharisma dan aura kuat yang ditampilkan masing-masing anggota selama di panggung, sedangkan Pink merujuk pada citra serta visual mereka yang imut dan menarik dikehidupan sehari-hari.
Meski baru berusia dua tahun, Blackpink sudah meraih banyak prestasi di industri musik Korea Selatan maupun internasional. Di tahun debutnya, grup pelantun 'Stay' ini berhasil membawa pulang penghargaan Best New Artist di tujuh ajang penghargaan musik terbesar di Korea Selatan.
Meskipun hanya memiliki sembilan lagu, Blackpink berhasil membawa pulang 19 penghargaan dari berbagai ajang penghargaan musik Korea Selatan. Sedangkan dari empat lagu yang mereka promosikan, Blackpink berhasil meraih 19 trofi peringkat pertama dari berbagai program musik Korea.
ADVERTISEMENT
Video
Baru-baru ini Blackpink merilis Ddu-Du Ddu-Du sebagai mini album pertama mereka. Lagu ini berhasil menguasai posisi ke 55 di peringkat Billboard Hot 100. Prestasi ini menjadikan Blackpink sebagai girlband K-Pop pertama yang berhasil meraih posisi tersebut.
Tak hanya itu, video Ddu-Du Ddu-Du menjadi video klip K-Pop yang paling banyak ditonton di YouTube dalam waktu 24 jam. Dengan penayangan sebanyak lebih dari 36,2 juta kali, Blackpink berhasil mengalahkan rekor yang pernah dipegang PSY dan BTS.
Prestasi ini menjadikan Blackpink ada diposisi kedua sebagai musisi dunia yang video klipnya paling banyak ditonton hanya dalam waktu 24 jam. Grup asuhan YG Entertainment ini berada di bawah Taylor Swift, yang berhasil mengumpulkan 43,2 juta penonton dengan video klip 'Look What You Made Me Do' pada tahun 2017 lalu.
ADVERTISEMENT
Video
Di dua tahun kariernya, Blackpink juga telah sukses menggelar konser solo di beberapa kota di Jepang. Tak hanya disibukkan dengan jadwal grup, setiap anggotanya juga sukses menjalani aktivitas individual sebagai brand ambasador, model majalah maupun iklan produk.
Happy anniversary Blackpink!
Blackpink (Foto: shop.mu-mo.net)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan