Pencarian populer

Dewan Korea Putuskan Kontrak Kang Han Na dan Fantagio Masih Berlaku

Kang Han Na dan Fantagio Foto: Dok. Fantagio

Dewan Arbitrase Komersial Korea (KCAB) telah memutuskan bahwa kontrak eksklusif antara aktris Kang Han Na dan Fantagio masih berlaku. Putusan yang dibuat pada Jumat (22/2) itu menurut pihak Fantagio memiliki validitas hukum yang sama dengan putusan pengadilan sehingga tidak dapat diajukan banding.

"Kami telah melakukan permintaan arbitrase ke KCAB mengenai masalah dengan Kang Han Na, dan kami telah bekerjasa sama secara maksimal (dengan KCAB). Dari arbitrase tersebut telah diputuskan bahwa kontrak eksklusif kami dengan Kang Han Na masih berlaku," ujar perwakilan Fantagio, seperti dikutip dari Soompi.

Perwakilan hukum dari Fantagio pun mengatakan bahwa mereka akan mengikuti putusan KCAB untuk menghormati kontrak, agar terciptanya pertumbuhan yang sehat di industri hiburan Korea.

Pihak agensi pun mengatakan bahwa kontrak eksklusif tidak dapat diakhiri karena selebriti memiliki hubungan dekat dengan mantan eksekutif manajemen.

Kang Han Na Foto: Instagram @k_hanna_

Permasalahan ini timbul setelah pemain drama 'Rain or Shine' ini mengajukan pemutusan hubungan kerja secara sepihak kepada Fantagio. Ia lakukan setelah perusahaan China, JC Group, menjadi pemegang saham terbesar mereka.

Dampaknya, co-CEO, Na Byung Jun, dipecat dan menyebabkan CEO China mengambil kendali penuh atas agensi tersebut. Lalu Kang Han Na menandatangani kontrak dengan STARDIUM, agensi baru yang dijalankan oleh Na Byung Jun. Ia telah melakukan kegiatan secara terpisah dari Fantagio.

Fantagio lalu mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap aktris yang lakukan penandatanganan dengan agensi lain.

Menurut pihak KCAB, mereka sulit menemukan celah antara kontrak eksklusif Kang Han Na dan Fantagio yang tidak valid. Mereka juga mengatakan bahwa alasan pemberhentian Han Na tidak sah, karena Fantagio selaku agensi telah memberikan yang terbaik kepada aktris tersebut.

“Sulit bagi kami untuk menemukan kontrak eksklusif antara Fantagio dan Kang Han Na menjadi tidak valid, dan kami tidak menemukan alasan Kang Han Na untuk berhenti menjadi sah karena Fantagio dengan setia menjalankan tugas mereka sebagai manajemen perusahaan untuk Han Na," ujar pihak KCAB.

Lalu mengenai klaim Kang Han Na bahwa Fantagio telat memenuhi kualifikasi mereka di bawah Undang-Undang Pengembangan Industri Budaya dan Seni Populer, KCAB mengatakan hal tersebut juga tidak bisa dijadikan alasan untuk mengakhiri kontrak.

"Karena ini adalah masalah yang terjadi setelah Kang Han Na memutuskan untuk memisahkan diri dengan Fantagio, dia tidak dapat mengklaimnya sebagai alasan untuk mengakhiri kontrak," ucap pihak KCAB.

Di akhir pernyataannya, pihak Fantagio meminta maaf karena telah membuat keprihatinan atas masalah ini dan mereka pun berterima kasih kepada semua orang yang telah percaya kepada mereka.

"Fantagio akan terus memberikan investasi dan dukungan penuh kepada artis kami, dan kami berjanji untuk terus tumbuh bersama karyawan kami," tutupnya.

Hingga berita ini dibuat, pihak Kang Han Na maupun STARDIUM belum memberikan tanggapan mengenai keputusan ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.59