Pencarian populer

K-Profile: Bang Shi Hyuk, Mastermind di Balik Kesuksesan BTS

Executive Producer Big Hit Entertainment, Bang Shi Hyuk. (Foto: Twitter/@hitmanb)

Fans K-Pop mungkin sudah terbiasa mendengar nama BTS sebagai salah satu boyband yang kini tengah naik daun. Namun, perlu diingat bahwa kesuksesan BTS tak lepas dari jasa salah seorang mastermind di belakang mereka, Bang Shi Hyuk.

Bang Shi Hyuk atau yang akrab disapa sebagai Bang PD adalah pendiri sekaligus Executive Director Big Hit Entertainment. Sejak 1997, pria yang dikenal bergaya cukup nyentrik ini telah memiliki sederet pencapaian di industri musik K-Pop. Pengalamannya ini kemudian membawanya mendirikan perusahaannya sendiri dan membina boyband beranggotakan tujuh orang itu.

Seperti apakah pencapaian dan sosok Bang Shi Hyuk yang sesungguhnya? Yuk, simak dalam story berikut.

1. Mengawali karier di tahun 1997

Bang Shi Hyuk bersama duo Homme. (Foto: Twitter/@hitmanb)

Bang Shi Hyuk mengawali kariernya di industri K-Pop pada 1997. Saat itu, dia berperan sebagai seorang pembuat musik di JYP Entertainment. Dilansir Business Korea, Park Jin Young selaku pendiri JYP Entertainment memutuskan untuk bekerja sama dengan Bang Shi Hyuk setelah mendengarkan rekaman demo tape musiknya.

Saat bernaung di bawah JYP, Bang Shi Hyuk berpartisipasi dalam pembuatan musik populer di Korea Selatan. Di antaranya adalah 'Sky Blue Baloons' milik grup veteran god, 'Like Being Shot by A Bullet' milik Baek Jin Young, juga 'Bad Guy' milik Rain.

Kariernya bersama JYP berlanjut hanya sampai 2005, saat ia kemudian memutuskan mendirikan Big Hit Entertainment.

2. Seorang lulusan Seoul National University

CEO Big Hit Entertainment, Bang Shi Hyuk. (Foto: Twitter/@hitmanb)

Mengutip The Korea Herald, pria yang memiliki nama alias 'Hitman Bang' ini pernah menempuh pendidikan di Department of Aesthetics Seoul National University. Ia dinyatakan lulus dengan GPA atau akademik terbaik kedua di jurusan tersebut.

3. Tidak ingin disebut sebagai ayah dari BTS

Bang Shi-hyuk dan BTS. (Foto: Twitter/@hitmanb)

Dalam sebuah sesi wawancara di bulan Desember 2017, Bang Shi Hyuk pernah mengatakan bahwa dia tidak ingin disebut sebagai ayah BTS. Alasannya, dia tidak ingin dianggap sebagai seseorang yang menciptakan BTS, sekaligus tidak ingin boyband itu dianggap sebagai suatu produk oleh masyarakat.

"Musisi tidaklah diciptakan oleh orang lain," sebutnya, seperti dikutip dari Soompi.

Dia menambahkan, "Hal ini (dianggap sebagai pencipta atau ayah bagi BTS) tidak sesuai dengan filosofiku, dan entah kenapa aku merasa cukup tidak nyaman dengan itu."

4. Ingin agar BTS bisa menjadi 'idola yang sebenarnya'

Bang Shi-hyuk dan BTS. (Foto: Twitter @hitmanb & bts.ibighit.com)

Pria kelahiran 1972 ini pernah mengatakan, awalnya, tim perencaan BTS menginginkan agar grup idola itu bisa menjadi para 'pahlawan' yang bisa diandalkan oleh para penggemar.

"Aku tidak ingin mereka menjadi idola yang palsu. Aku ingin membentuk BTS yang bisa menjadi teman dekat (bagi para penggemarnya)," sebutnya.

5. Pernah menerima penghargaan presidensial Korea

Pada Desember 2017, Bang Shi Hyuk menerima penghargaan presidensial di ajang 2017 Korea Content Awards. Penghargaan itu diberikan dengan dasar bahwa Bang Shi Hyuk telah menyebarkan Hallyu Wave lewat kesuksesan BTS.

Saat penghargaan ini diberikan, boyband beranggotakan tujuh orang itu baru saja meraih kesuksesan internasional lewat mini album 'Love Yourself': Her'. 'Her' menjadi album Korea yang meraih posisi tertinggi di chart Billboard 200.

Selain menerima penghargaan presidensial Korea Selatan, Bang Shi Hyuk juga dinobatkan sebagai salah satu International Music Leaders of 2018 oleh majalah Amerika, Variety. Ia masuk dalam kategori ini bersama pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man.

6. Hanya campur tangan di title track BTS

Bang Shi Hyuk (kanan) dengan J-Hope BTS (kiri) dan produser Big Hit, Pdogg. (Foto: Twitter/@hitmanb)

Secara jabatan, Bang Shi Hyuk adalah CEO dan executive producer dari Big Hit Entertainment. Artinya, dia bertanggung jawab atas semua produksi musik di perusahaannya itu.

Akan tetapi, sesuai yang tertera dalam tiap credit lagu BTS, pria yang dikenal dengan sebutan Bang PD ini hanya mengurusi title track atau lagu utama dari setiap album BTS. Selebihnya, dia memberikan keleluasaan bagi anggota BTS dan produser di Big Hit Entertainment untuk berkreasi dengan gaya mereka masing-masing.

7. Masih memproduksi lagu untuk grup selain BTS

Hingga saat ini, Bang Shi Hyuk masih aktif dalam bidang produksi lagu. Tak hanya terbatas pada produksi lagu BTS saja, tetapi juga bagi musisi Korea lainnya.

Pada April 2018, The Korea Herald melansir, Bang Shi Hyuk memproduksi lagu untuk sebuah band rookie Korea Selatan, IZ (dibaca 'Eyes'). Bersama produser Big Hit yang lain, Supreme Boi, Bang Shi Hyuk menciptakan lagu berjudul 'Angel' untuk band itu. Lagu itu sekaligus merupakan title track dari mini album IZ yang juga berjudul 'Angel' dan dirilis pada 1 Mei 2018.

8. Berpendapat BTS tidak perlu mengeluarkan lagu berbahasa Inggris

BTS, Bang Shi Hyuk, dan pelatih tari BTS, Son Sung Deuk. (Foto: Twitter/@hitmanb)

Saat ini, RM cs memang sedang menjadi sorotan internasional. Kesuksesan mereka, khususnya di pasar Amerika Serikat, membuat fansnya menantikan langkah mereka selanjutnya, termasuk ada tidaknya lagu BTS berbahasa Inggris.

Akan tetapi, dilansir Billboard pada 2017, Bang Shi Hyuk berpendapat bahwa BTS tidak perlu mengeluarkan lagu berbahasa Inggris, sekalipun mereka mau beraktivitas di pasar internasional.

"Kami harus berfokus pada apa yang paling ahli kita lakukan sebagai musisi dan produser K-Pop, dan mungkin (kita bisa) menambahkan beberapa fitur spesial yang bisa menggaet fans musik internasional atau Amerika Serikat," sebutnya.

"Menurutku, itulah cara terbaik untuk memasukkan K-Pop dalam pasar musik mainstream Amerika Serikat. Dengan demikian, (ini berarti) BTS akan berpartispasi dan tampil dengan cara yang tak terlalu berbeda dari apa yang telah mereka lakukan selama tiga tahun terakhir," imbuhnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57