Pencarian populer

K-Profile: Rapper-Dancer Penuh Talenta, J-Hope BTS

J-Hope BTS. Foto: Big Hit Entertainent

J-Hope atau Jung Hoseok adalah rapper sekaligus penari dari grup populer, BTS. Keberadaannya dalam tim ini begitu esensial dan tak pernah gagal menarik perhatian penggemar.

Untuk lebih mengenal sosok pria yang dilahirkan pada 18 Februari 1994 ini, kumparanK-Pop merangkum beberapa fakta mengenai J-Hope. Mulai dari posisinya di BTS hingga kisah pre-debut sang idola. Berikut profil singkat dari J-Hope BTS.

1. Penari, rapper, sekaligus penulis lagu

J-Hope adalah penyanyi idola yang sangat berbakat. Ia mahir menari, membawakan lagu rap, dan mampu membuat lagunya sendiri.

Sejak masih berusia muda, pria kelahiran 1994 ini sudah menunjukkan minatnya di bidang tarian. Sebelum meniti karier sebagai penyanyi idola, ia tergabung dalam kelompok dancer underground yang bernama Neuron dan mengasah bakatnya di sana.

Menurut Billboard, pada 2008, pria ini bahkan pernah memenangkan kompetisi tarian nasional Korea Selatan dan semakin dikenal bakat menarinya.

Selain itu, kini J-Hope juga menyelami bidang rap. Ia adalah rapper yang berbagi porsi dengan kedua rekannya, yaitu RM dan Suga BTS. Yang menarik, J-Hope adalah satu-satunya rapper BTS yang tidak memiliki latar sebagai underground rapper. Meski demikian, ia kini mengimbangi kedua rekannya tersebut dan berbagi panggung sebagai rapper yang memikat.

Tak hanya itu, ia juga terus mengembangkan kemampuannya di bidang musik. Salah satunya dengan menekuni bidang penulisan lirik dan musik. Sebagai hasil dari kerja kerasnya, J-Hope sudah merilis beberapa lagu solo seperti 'Trivia: Just Dance' dan 'MAMA'.

2. Nyaris tak bergabung dengan BTS

BTS di Grammy Awards 2019. Foto: Twitter/@bts_bighit

ARMY mungkin tidak bisa membayangkan keberadaan BTS tanpa J-Hope. Namun, dulu, pria berhidung mancung ini benar-benar nyaris tidak debut bersama BTS.

Dilansir Koreaboo, J-Hope sempat tidak masuk dalam daftar anggota yang akan debut dengan BTS. Hal ini diungkapkan dalam tayangan 'Burn The Stage', sebuah serial dokumenter oleh YouTube.

Namun, RM, leader BTS, berkeras bahwa grup itu membutuhkan J-Hope. Ia pun berusaha meyakinkan Big Hit Entertainment dan juga J-Hope bahwa mereka memang harus debut bersama-sama.

"Aku mengatakan, kita membutuhkan Jung Hoseok. Kita butuh Jung Hoseok, kita takkan bisa tanpanya. Aku benar-benar berusaha keras untuk meyakinkan mereka," sebut pria dengan nama asli Kim Nam Joon ini.

3. 'Dance leader' BTS

J-Hope bisa dikatakan salah satu anggota BTS yang paling piawai menari. Bersama Jimin dan Jungkook, pria berpostur semampai ini sering menjadi andalan BTS untuk membawakan tarian dengan gerakan sulit, yang menjadi inti koreografi tim.

Selain menjadi dancer andalan BTS, J-Hope juga dikenal sebagai 'dance leader' grup tersebut. Sebab, ia sering membantu anggota yang lain, misalnya RM dan Jin, untuk mempelajari koreografi grup mereka.

4. Orang yang ceria namun serius

Sehari-hari, J-Hope biasa menunjukkan sisi yang ceria di hadapan para fans. Ia sering menunjukkan senyum lebar dan berkelakar, seolah mengekspresikan bahwa karakternya memang menggambarkan namanya, 'hope', atau yang berarti harapan.

Namun, sebenarnya, J-Hope memiliki sisi yang sangat serius dan kontemplatif. Ini dapat terlihat dalam berbagai wawancaranya, juga dalam lagu solo yang ia buat. Misalnya, dalam lagu-lagu yang terdapat di mixtape perdananya, 'Hope World'.

Pada 2018, pria asal Gwangju ini membicarakan mengenai mixtape tersebut dengan media Amerika Serikat, Time. Dalam kesempatan tersebut, penggemar bisa melihat penggalan keseriusan J-Hope, saat dia membicarakan mengenai pandangannya soal lagu solo, 'Airplane'.

Menurutnya, saat sedang menulis lirik lagu tersebut, ia tersadar bahwa ia kini tengah menjalani kehidupan yang dulu hanya bisa diimpikan olehnya.

"Aku tersadar bahwa aku berada di dalam pesawat, duduk di bangku itu (first-class) dan menjalani kehidupan megah yang hanya bisa kuimpikan ketika masih muda--dan kini aku sudah terbiasa dengannya."

"Namun, baik dulu maupun sekarang, aku masih orang yang sama. J-Hope yang sama. Pemikiranku tentang hidup tak terlalu berubah. Tapi, duniaku telah berubah dengan menakjubkan," tuturnya.

5. Sempat mengalami kesulitan sebelum debut

J-Hope 'BTS'. Foto: Twitter/@bts_twt

Sebelum menjadi idola yang sukses, ternyata J-Hope pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Dulu, ia dan keluarganya pernah terlilit utang.

Masalah ini digambarkannya secara gamblang dalam 'MAMA', lagu yang menurut J-Hope ditulisnya sembari mengingat sang ibunda. Dalam lagu ini, ia membicarakan mengenai ibunya yang harus banting tulang untuk memastikan J-Hope bisa mengejar impiannya sebagai penyanyi idola.

"Saat ayahku menentang namun aku berlatih setiap hari, ibu mendukung aku dan bagian-bagian dari mimpiku. Namun, aku tidak tahu bahwa kontribusi besar ibuku bukanlah jalan pintas, tetapi jalan menuju impian yang berakhir pada utang," sebut J-Hope dalam liriknya tersebut.

Namun, kini, setelah BTS sukses, ia akhirnya bisa membuktikan bahwa usaha ibunya tidak sia-sia. Seperti yang dikatakannya dalam lagu berdurasi 3 menit 32 detik itu, ia juga berharap kini ibunya dapat mengandalkannya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: