Pencarian populer

Produser yang Aniaya Anggota The East Light, Dihukum Penjara

The East Light (Foto: Facebook/@OfficialTheEastLight)

Kasus kekerasan yang dialami oleh anggota band The East Light akhirnya menemukan titik terang. Moon Young Il, terdakwa sekaligus produser yang melakukan kekerasan fisik dan verbal terhadap dua orang mantan anggota The East Light, Lee Seok Cheol dan Lee Seung Hyun sudah ditahan di kantor polisi bahkan sebelum ia menjalani persidangan.

Kabar ini diketahui melalui pernyataan resmi Lee Seok Cheol dan Lee Seung Hyun, yang dirilis melalui pengacaranya. Dalam pernyataan resminya, mereka mengungkapkan jika Moon Young Il telah dipenjara sejak 20 Desember, karena semua tuduhan yang dilimpahkan kepadanya.

"Halo, ini pengacara Jung Ji Seok. Pada 20 Desember pihak kepolisian Bangbae akhirnya memenjarakan Moon Young Il. Setelah kepolisian Bangbae melakukan penyelidikan terhadap kasus yang melibatkan The East Light. Moon Young Il kemudian dipenjara di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul untuk dakwaan kekerasan yang luar biasa dan dilakukan berulang," ujarnya di awal pernyataannya seperti melansir Soompi.

Sang pengacara kemudian menjelaskan bahwa kepolisian Bangbae mengajukan surat perintah penangkapan terhadap Moon Young Il. Surat tersebut diajukan melalui Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul serta Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Hakim akhirnya merilis surat persetujuan penangkapan pada tanggal 14 Desember, dan diberlakukan tanggal 15 Desember tepatnya di pagi hari. Pihaknya juga telah mengkonfirmasi bahwa Moon Young Il saat ini ditahan di penjara di Kantor Polisi Seocho.

Band Korea The East Light. (Foto: Facebook/@OfficialTheEastLight)

Kepolisian Bangbae juga telah menyelidiki CEO Kim Chang Hwan dan presiden Lee Jung Hyun dari Media Line Entertainment. Keduanya dituduh telah menghasut dan bersekongkol melakukan kekerasan serta melanggar hukum kesejahteraan anak.

Kim Chang Hwan telah membawa kasus yang melibatkan dirinya ini ke kantor kejaksaan untuk menerima dakwaan. Sedangkan dugaan kasus yang melibatkan Lee Jung Hyun juga telah diteruskan dengan saran tidak ada dakwaan.

"Tersangka yang dipenjarakan oleh kantor kejaksaan akan ditahan hingga 10 hari (sampai 29 Desember). Jadi kami percaya bahwa dia akan dijatuhi hukuman dalam rentang tahun ini jika tidak ada keadaan khusus. Terima kasih," ujar Jung Ji Seok di akhir pernyataannya.

Kasus ini yang melibatkan The East Light ini muncul pertama kali pada Oktober lalu, setelah Lee Seok Cheol dan Lee Seung Hyun berani mengungkapkan kekerasan yang meraka alami kepada publik. Dalam pernyataannya, mereka mengklaim telah mengelami pelecehan serta kekerasan secara fisik, selama empat tahun. Kekerasan itu dilakukan oleh produser Moon Young Il di agensi yang menaungi mereka.

Perjalanan kasus ini sempat tak berjalan lancar karena agensi membantah tudingan kekerasan tersebut. Meski pun saat itu telah ada sejumlah bukti audio hingga obrolan pesan produser dengan orangtua anggota The East Light. Sementara itu, Media Line telah memutuskan kontrak dengan semua anggota The East Light.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38