kumparan
17 Apr 2019 18:00 WIB

Review: 'Her Private Life', Komedi Romantis untuk Para Fangirl K-Pop

Drama Korea Her Private Life Foto: Facebook/@tvNDrama
Industri drama Korea seolah tidak pernah kehabisan tema. Setelah menyajikan berbagai cerita yang sukses menggaet penonton, kini mereka menghadirkan 'Her Private Life', sebuah drama komedi romantis mengenai fansite master yang juga memiliki kehidupan profesional.
ADVERTISEMENT
Sejak 10 April lalu, drama ini sedang tayang tiap Rabu dan Kamis malam di stasiun televisi kabel Korea, tvN. Drama yang diangkat dari webtoon berjudul ‘Noona Fan Dot Com’ ini mengajak penonton menyelami kehidupan Sung Duk Mi (Park Min Young), seorang fangirl hardcore dari Si An (Jung Jae Won), seorang anggota boyband White Ocean. Duk Mi menunjukkan kecintaannya kepada sang idola lewat berbagai cara, termasuk dengan menjadi seorang fansite master yang ahli dalam mengabadikan foto-foto pria tersebut.
Akan tetapi, hidup Duk Mi bukanlah sekadar mengenai fangirling saja. Sehari-hari, wanita berusia 33 tahun ini bekerja sebagai kurator galeri profesional. Ia dikenal sebagai pekerja keras yang sangat serius menjalani profesinya. Tak ada yang tahu bahwa di balik semua itu, Duk Mi adalah seorang fangirl K-Pop yang serius. Tepatnya, Duk Mi berusaha agar tak ada rekan sejawat yang mengetahui hobinya tersebut.
Drama Korea Her Private Life Foto: Facebook/@tvNDrama
Konflik dalam kehidupan Duk Mi terjadi saat ada kekacauan di tempat kerjanya, Chaeum Art Gallery. Galeri itu diduga menjadi kedok penggelapan uang dan direktur yang mengepalai tempat itu pun diperiksa polisi.
ADVERTISEMENT
Kekacauan ini akhirnya membawa Duk Mi berhadapan dengan Ryan Gold (Kim Jae Wook), direktur baru galeri Chaeum, sekaligus seniman berbakat yang sangat tegas. Duk Mi terkejut dengan kehadiran Ryan, karena ia memiliki kesan yang kurang baik terhadap pria yang berpotensi mengetahui identitasnya sebagai seorang fangirl.
Dengan skenario ini, ‘Her Private Life’ berusaha menggambarkan mengenai kehidupan fangirl pada umumnya. Saat ini, memang ada banyak fans idola yang telah tumbuh dewasa dan memiliki pekerjaan di dunia nyata, seperti yang dialami oleh Duk Mi. Sehingga, tak mengherankan bila banyak fans K-Pop merasa dekat dengan tema drama Korea tersebut. Topik mengenai drama ini pun mulai ramai dibicarakan di media sosial Twitter.
Namun, tema ini bisa menjadi kekuatan, sekaligus kelemahan drama ‘Her Private Life’. Para fangirl mungkin akan merasa terhibur dengan segala unsur dalam drama tersebut. Akan tetapi, tema ini mungkin tidak akan terlalu menarik bagi para non-fans.
ADVERTISEMENT
Ditambah lagi, pada episode pertamanya, percampuran efek komedi dengan percakapan serius dalam ‘Her Private Life’ terasa sedikit garing, menyisakan beberapa bagian yang membuat drama itu agak membosankan. Hal ini berpotensi untuk mengurangi minat seseorang yang baru berusaha menonton drama itu.
Video
Namun, bila penonton bisa melewati titik ini, mereka mungkin akan menemukan hal-hal yang lebih menarik di episode berikutnya. Terutama, saat konflik dan permainan emosi para karakter menjadi lebih kuat. Pada titik itu, karakter-karakter dalam cerita ini bisa terasa lebih manusiawi dan relatable.
Misalnya, saat Sung Duk Mi dan Ryan Gold bertengkar karena masalah di tempat kerja. Akting penuh emosi yang dibawakan Park Min Young dan Kim Jae Wook berhasil menambah ketegangan dalam drama, sekaligus memperkuat setting yang ada di dalam drama tersebut.
ADVERTISEMENT
Kemudian, mulai episode kedua, latar belakang para karakter juga mulai diperjelas. Sehingga, cerita ‘Her Private Life’ terasa lebih komplit dan temanya lebih dekat dengan kehidupan seseorang.
Drama Korea Her Private Life Foto: Facebook/@tvNDrama
Melanjutkan dari episode keduanya, penonton mungkin akan diajak untuk menyaksikan perkembangan ikatan emosional antara Duk Mi, Ryan, serta karakter-karakter di sekelilingnya. Bila tvN bisa mengemas perkembangan ini dengan baik, bukan tak mungkin kalau akan ada semakin banyak orang yang ingin mengikuti drama komedi romantis ini hingga habis.
Menilai dari dua episode perdananya, drama ini berpotensi untuk sukses. Sebab, raihan rating kedua episode pertamanya mencapai rata-rata dua persen. Untuk ukuran drama televisi kabel, rating ini terbilang cukup memuaskan. Ini menggambarkan bahwa ada cukup banyak orang yang sengaja menonton drama berbayar itu di Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ‘Her Private Life’ juga memiliki magnet yang cukup kuat, yaitu para aktor dan aktrisnya. Ada Park Min Young yang baru saja terkenal lewat drama 'What's Wrong with Secretary Kim', Kim Jae Wook yang telah memiliki sederet genre drama, juga rapper One (Jung Jae Won) yang tampil sebagai idola K-Pop dalam drama ini. Para penggemar loyal dari selebriti-selebriti ini mungkin akan berusaha mengikuti drama tersebut.
Sudah coba menonton ‘Her Private Life’?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan