kumparan
24 Sep 2018 15:23 WIB

Round Up : Keluar dari JYP, Jeon Somi Pilih The Black Label

Jeon Somi (Foto: JYP Entertainment)
Jeon Somi baru-baru ini dilaporkan bergabung dengan anak perusahaan YG, The Black Label. Hal ini diumumkan langsung oleh The Black Label, yang membungkam spekulasi netizen dan fans soal pilihan agensi yang mungkin akan menaungi Somi.
ADVERTISEMENT
Nama Somi kembali hangat diperbincangkan setelah ia bergabung The Black Label, sub label di bawah agensi YG Entertainment. Keputusan ini diambilnya hanya dalam kurun waktu satu bulan, setelah Somi memutuskan hengkang dari JYP Entertainment.
Sayangnya, keputusan Somi ini masih menyisakan tanya tanya yang besar bagi para penggemar K-Pop. Sehingga menimbulkan banyak rumor negatif seputar keluarnya cewek berusia 17 tahun ini dari JYP Entertainment.
Berikut round up pemberitaan soal keluarnya Somi dari JYP hingga bergabung di The Black Label.
1. Polemik keluarnya Somi dari JYP Entertainment
JYP Entertainment (Foto: Berbagai sumber)
Hengkangnya, pemilik nama asli Ennik Somi Douma ini, dari JYP Entertainment sendiri masih menjadi perdebatan. Melansir Soompi, kabarnya Somi sendiri yang memutuskan untuk mengakhiri kontraknya, dengan JYP pada 20 Agustus 2018 lalu. Pihak JYP kemudian membenarkan kabar tersebut.
ADVERTISEMENT
"Halo, ini JYP Entertainment. Pihak JYP Entertainment sudah berdiskusi dengan Jeon Somi dan sepakat untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya. Kami secara tulus mengucapkan terima kasih, kepada artis kami dan para penggemar yang telah bersama, serta mendukung (kami) hingga saat ini. Terima kasih," tulis JYP Entertainment dalam penyataan resminya.
Jeon Somi (Foto: Instagram @somsomi0309)
Namun, baik JYP Entertainment maupun pihak Somi tidak menjelaskan alasan pasti mengapa, mantan anggota girlband I.O.I tersebut keluar. Hal ini tentu saja menimbulkan banyak spekulasi dikalangan para penggemar, termasuk rumor yang mengatakan JYP yang mendepak Somi.
Spekulasi ini mulai muncul setelah cuitan panjang Park Jin Young, pemilik agensi yang menaungi Twice dan GOT7 tersebut. Lewat akun Instagram pribadinya, @asiansoul_jyp, JYP mengunggah sebuah postingan pada Sabtu (22/9). Ia membahas mengenai prinsip, masa depan dan pencapaian agensi yang didirikannya sejak tahun 1997 lalu.
ADVERTISEMENT
"Perusahaan kami memiliki aturan sendiri, dan kami berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan hal tersebut. Setiap artis kami diminta untuk menjaga image dan sikap, sejak mereka masih menjadi trainee di tempat kami. Jika ada yang melanggar aturan ini, artis tersebut tak bisa terus bersama kami, bahkan jika ia sudah memulai debutnya," tulis pria berusia 46 tahun ini seperti dilansir Allkpop.
Loading Instagram...
Meski tak langsung menyinggung artis yang dimaksud, namun netizen merasa bahwa pernyataan ini ditujukan kepada Somi. Pasalnya, Park Jin Young menuliskan pernyataan tersebut sehari sebelum kabar mengenai bergabungnya Somi dengan The Black Label ramai diperbincangkan di Korea Selatan.
2. Girlband baru JYP Entertainment
Shin Ryu Jin (Foto: Facebook/@jtbc.mixnine.official)
Tak lama setelah JYP Entertainment mengumumkan Somi hengkang, pihak agensi mengumumkan jika mereka tengah mempersiapkan sebuah girlband baru. Dalam pernyataanya, pihak agensi mengatakan bahwa Shin Ryu Jin, trainee JYP yang menjadi kontestan dalam acara survival 'MIXNINE', merupakan anggota terpenting dalam girlband tersebut.
ADVERTISEMENT
Kabar ini tentu saja membuat netizen semakin terkejut. Pasalnya, sebelumnya Somi dikabarkan juga akan debut menjadi salah satu anggota girlband terbaru JYP. Rumor ini berkembang setelah banyaknya foto-foto Somi dan trainee wanita JYP lainnya, seperti Shin Ryu Jin, Chio Jisu, dan Lee Chaeryeong sedang berkumpul bersama.
Bukan hanya sekali, Somi juga terlihat bersama dengan trainee yang sama di konser solo Twice, yang digelar pada Mei 2018 lalu di Seoul. Kabarnya para trainee tersebut merupakan anggota girlband baru yang akan debut di bawah JYP Entertainment.
3. Ayah Somi bantah hubungan mereka dengan JYP memburuk
Tidak adanya kejelasan mengenai alasan pasti Somi keluar dari JYP Entertainment, membuat timbulnya rumor yang mengatakan hubungan kedua belah pihak memburuk. Namun, rumor ini dipatahkan oleh pernyataan resmi dari Matthew Douma, ayah Somi.
ADVERTISEMENT
Matthew mengatakan bahwa ia ikut dalam diskusi akhir mengenai kontrak putrinya tersebut, dengan pihak JYP Entertainment. Melansir Daily Sports, ia mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil atas kesepakatan kedua belah pihak.
"Aku mengetahui pernyataan resmi dari JYP Entertainment. Aku dan staf agensi bersalaman dan saling berpelukan sebelum kami meninggalkan mereka. Kami berpergian bersama sebagai sebuah keluarga, bahkan kami menikmati es krim bersama dengan manajer Somi. Kami memutuskan untuk saling mendukung satu dengan yang lain," ungkap Matthew tepat dihari JYP Entertainment mengkonfirmasi Somi keluar.
4. Bergabung dengan The Black Label
The Black Label (Foto: Facebook @OfficialTHEBLACKLABEL)
Sebulan setelah keluar dari JYP Entertainment, Somi akhirnya memilih The Black Label sebagai agensi baru, yang akan menangani semua aktivitasnya di industri hiburan Korea Selatan. Pada Senin (24/9), pihak The Black Label akhirnya merilis pernyataan resminya terkait bergabungnya cewek kelahiran 9 Maret 2001 tersebut dengan agensi mereka.
ADVERTISEMENT
"Kami telah menandatangani kontrak eksklusif dengan Jeon Somi, yang telah membuktikan bakatnya sebagai seniman dan memiliki banyak potensi. Melalui berbagai percobaan dan kegiatan yang beragam, kami akan dengan sepenuh hati mendukungnya untuk menjadi seniman kelas dunia,” ungkap pihak The Black Label seperti dikutip dari Soompi.
Mereka juga mengatakan bahwa Somi akan melangsungkan debutnya sebagai solois, dan tidak akan bergabung sebagai anggota girlband baru The Black Label. Hal ini dilakukan agar proses debut Somi tidak memakan waktu yang lama.
Teddy Park (Foto: Wikimedia Commons)
The Black Label merupakan sub label di bawah YG Entertainment. Meski tidak langsung dikelola oleh YG Entertainment, namun The Black Label dipimpin oleh Teddy Park, produser utama YG Entertainment sekaligus orang penting di balik lagu-lagu hits 2NE1, BIG BANG, dan Blackpink.
ADVERTISEMENT
Somi menjadi artis ketiga yang bernaung di bawah The Black Label. Sebelumnya, agensi yang resmi didirikan pada September 2015 ini menjadi rumah bagi solois Zion.T dan rapper Okasian.
Siap menantikan langkah Somi bersama The Black Label?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan