kumparan
1 Mar 2019 12:12 WIB

125 Nama Bayi Perempuan Islami Beserta Artinya (1)

bayi perempuan muslim Foto: Shutterstock
Umat Muslim di seluruh dunia, memiliki banyak sekali nama bayi perempuan yang indah. Meski ada perbedaan budaya di setiap negara, apa yang diimani tetap sama. Termasuk mengenai pemberian nama bayi .
ADVERTISEMENT
Umat Muslim percaya, kelak di hari akhir, semua manusia akan dipanggil dengan nama mereka masing-masing. Itulah sebabnya, saat memilih nama bayi mereka akan memilih nama yang penuh makna bahkan doa, indah dan enak didengar. Apalagi, bila yang akan diberi nama adalah bayi perempuan.
Nah Moms, bila Anda tengah mencari nama bayi, tidak usah bingung lagi. Berikut, kumparanMOM memilihkan 125 nama bayi perempuan yang indah beserta artinya untuk Anda.
Pada artikel pertama ini, kami rangkum 50 nama yang diawali huruf A sampai dengan J.
1. Aaleyah:
Aaleyah adalah nama cantik yang umum dimiliki perempuan-perempuan Muslim di berbagai negara, dengan berbagai variasi ejaannya. Aaliyah artinya '(dia yang) berkedudukan tinggi atau tertinggi'.
ADVERTISEMENT
Nama ini umumnya juga dieja menjadi Aaliyah, Aliya, Alia, Alya, Aleyah, Aleya atau Alea.
2. Aasma:
Aasma adalah nama punya makna luar biasa. Ya Moms, Aasma (atau bisa juga dieja Asma) artinya: sangat baik.
3. Adara:
Adara, artinya 'perawan'. Nama ini cocok untuk digunakan sebagai nama depan, nama tengah maupun nama akhir anak perempuan.
4. Adilah:
Dalam bahasa Arab, Adilah berarti 'sama'. Adilah biasanya juga dieja menjadi Adila.
5. Adiva:
Adiva adalah salah satu nama anak perempuan Muslim yang terdengar unik. Adiva artinya 'menyenangkan atau lembut' dalam bahasa Arab.
6. Afra:
Nama yang cantik ini memiliki 2 arti dalam bahasa Arab, yaitu 'warna bumi' dan 'malam purnama'. Uniknya, selain dari bahasa Arab, nama Afra juga memiliki arti dari beberapa bahasa atau budaya lain.
ADVERTISEMENT
Di bahasa Hebrew misalnya, Afra artinya 'rusa muda' atau 'anak rusa'. Ada juga yang mengartikannya 'kelinci betina'. Sementara di banyak negara Afrika, Afra umumnya diartikan 'penjaga kedamaian' atau 'pemimpin yang mencintai kedamaian. Bagus, ya?
Ilustrasi Bayi Baru Lahir Foto: Pexels
7. Alima:
Alima, yang berarti 'berpendidikan atau intelek', adalah salah satu nama favorit kami dalam daftar ini. Sebab nama Alima terdengar manis, mudah dieja dan serasi digunakan sebagai nama depan, tengah, belakang karena bisa dipadu-padankan dengan berbagai nama lainnya.
8. Almas:
Nama bayi ini unik dan mungkin tak sering Anda dengar ya, Moms. Tapi artinya bagus untuk bayi perempuan. Almas berarti 'berlian'.
9. Amal:
Amal adalah contoh nama bayi perempuan Muslim yang indah disebut sekaligus punya makna yang dalam. Nama Amal berarti 'harapan'.
ADVERTISEMENT
10. Aminah:
Nama Aminah memang nama yang umum untuk perempuan Muslim. Alasannya antara lain karena inilah nama ibu yang melahirkan Rasulullah SAW, Aminah Az- Zuriyah binti Wahab.
Tidak hanya karena fakta sejarahnya, orang juga menggunakan nama ini karena artinya memang baik, yaitu 'dapat dipercaya'.
Variasi ejaan nama Aminah adalah Amina dan Ameena.
11. Amira:
Nama yang satu ini terdengar mewah dan cantik. Tak heran kalau nama Amira (atau bisa juga dieja Ameera) digunakan secara luas di masyarakat Muslim di seluruh dunia. Nama Amira dipercaya merupakan bentuk feminin dari nama Amir yang berarti 'ditinggikan'.
12. Anan:
Anan adalah nama bayi Muslim yang sederhana tapi terdengar segar dan menggemaskan baik untuk nama bayi perempuan maupun laki-laki. Anan artinya 'awan'.
ADVERTISEMENT
13. Anisah:
Nama bayi Anisah memiliki sedikit mistik dan suara yang benar-benar menggemaskan. Itu berarti 'dekat, intim, atau orang yang teman baik'.
14. Ayshah:
Ayshah, Aisyah, Aisha,...bagaimana pun Anda hendak mengejanya, nama ini berarti 'hidup atau makmur' dalam bahasa Arab. Ini adalah nama tradisional yang sangat banyak digunakan masyarakat Muslim untuk mengenang nama istri Nabi Muhammad SAW.
15. Aziza:
Berarti 'kuat dan berani'. Seorang anak perempuan dengan nama Aziza diharapkan tumbuh menjadi wanita yang selalu aman karena keberanian dan kekuatannya.
Ilustrasi anak perempuan mengenakan hijab Foto: Shutterstock
16. Badia:
Badia adalah nama yang klasik. Tim kumparanMOM menyukai nama ini, bukan hanya karena terdengar unik tapi karena nama ini secara bahasa berarti 'unik'.
17. Badriya:
Badriya atau Badriah adalah nama yang bisa digunakan sebagai nama depan, nama tengah maupun nama belakang bayi perempuan Anda, Moms. Badriya berarti 'bulan purnama'.
ADVERTISEMENT
18. Barika:
Ingin nama bayi perempuan yang terkait atau terinspirasi dari bunga? Coba Barika! Nama ini berarti 'mekar' dalam bahasa Arab.
19. Basimah:
Basimah berarti 'tersenyum'. Ini adalah nama Arab yang indah dan tidak pasaran.
20. Bilquis:
Bilquis, Bilqis atau Balqis adalah nama bayi perempuan Muslim yang cukup populer termasuk di negara-negara Barat. Bilquis adalah nama Ratu dari negeri Sheba.
Dikisahkan dalam Injil Perjanjian Lama, sejarah Ethiopia, Sheba adalah kerajaan kuno di mana arkeologi modern memperkirakan bahwa tempatnya sekarang adalah Eritrea, Ethiopia atau Yaman.
Ilustrasi Sepatu Bayi Perempuan Foto: Pixabay
21. Buqayrah:
Nama Buqayrah, Buqaira, Bukhairah atau Bukhaira, adalah nama yang kaya akan tradisi dan sejarah. Nama ini biasanya diasosiasikan dengan narasi atau penyampaian hadits.
ADVERTISEMENT
22. Daima:
Daima adalah nama yang unik namun bersahaja. Artinya 'selalu'.
23. Daisha:
Daisha atau Daysa adalah nama bayi perempuan Muslim yang terdengar feminin. Nama ini berarti 'hidup'.
24. Dariya:
Nama Dariya atau Daria berasal dari Persia. Nama ini tidak hanya unik tapi juga terkesan kontemporer. Dariya berarti 'sungai'.
25. Dimah:
Dimah, Dima atau Deema dalam bahasa Arab berarti 'membawa air hujan'. Ini adalah pilihan bagus jika Anda atau suami seorang pencinta alam, Moms.
Ilustrasi bayi. Foto: Thinkstock
26. Dunya:
Dunya adalah nama bayi perempuan Muslim yang cantik, yang berarti 'hidup'. Anda juga bisa mengejanya menjadi Dunia.
27. Fadilah:
Juga dieja sebagai Fazilah, nama Fadilah adalah bentuk feminin dari Fadil yang berarti 'berbudi luhur atau murah hati'.
ADVERTISEMENT
28. Fairoz:
Fairoz atau Fairuz adalah nama yang berasal dari bahasa Arab yang cantik. Artinya, 'toska' atau warna hijau kebiruan yang indah.
Di beberapa negara, nama ini juga dieja menjadi Feroza
29. Faizah:
Faizah, nama yang sangat bagus karena berarti 'menang atau menang' dalam bahasa Arab.
30. Fakeehah:
Fakeehah, Fakihah atau Fakiyah memiliki beberapa arti. Ada yang mengartikannya 'ceria', 'buah' dan 'yang baik jiwanya'.
31. Fareeda:
Fareeda atau Farida mungkin merupakan nama yang sudah sering Anda dengar ya, Moms? Banyak orang menyukai nama ini karena artinya bagus. Farida artinya 'permata atau mutiara berharga'.
32. Fariah:
Dengan nama seperti Fariah (bisa juga dieja Fareea atau Fariya), yang berarti 'teman atau sahabat', mungkin kelak anak perempuan Anda dapat menjadi teman terbaik seseorang selamanya. Atau bisa juga, sahabat terbaik untuk ibunya.
ADVERTISEMENT
33. Farah:
Nama bayi perempuan Muslim ini berarti 'kebahagiaan'. Nama Farah juga terdengar indah dab bisa membawa senyum di wajah setiap kali Anda mendengarnya.
34. Fatima:
Fatima, Fateema atau Fatimah adalah salah satu dari nama anak perempuan Muslim yang sangat disukai karena merupakan adalah nama putri yang paling dicintai Nabi Muhammad SAW. Fatima berarti 'menawan'.
35. Fatin:
Fatin, seperti Fatima, berarti 'menawan'.
36. Fawzia:
Dalam bahasa Arab, Fawzia atau Fauzia adalah kata lain untuk 'pemenang'.
37. Hadiya:
Hadiya, Hadia atau Hadiyah memiliki makna sentimental dan menyentuh bagi 'hadiah' yang baru lahir ke dunia Anda, Moms. Hadiyah juga berarti 'petunjuk menuju kebenaran'.
38. Haniya:
Haniya artinya ‘bahagia’ atau 'sukacita'. Ini bisa jadi pilihan sempurna untuk menggambarkan perasaan Anda dengan kehadiran si kecil sekaligus doa agar hidupnya kelak penuh kebahagiaan.
ADVERTISEMENT
39. Heena:
Heena berarti 'pacar' dalam bahasa Arab. Bukan pacar yang berarti pasangan atau kekasih ya, Moms. Tapi pacar yang merupakan pewarna coklat kemerahan yang terbuat dari tanaman berbunga yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di Afrika dan Asia.
Sejak Zaman Perunggu, orang telah menggunakan pacar kering, ditumbuk menjadi pasta, untuk mewarnai kulit, rambut, kuku, kulit, sutra dan wol.
Henna adalah bagian intrinsik dari budaya Muslim di seluruh dunia.
40. Hidaya:
Nama bayi seperti Hidaya (atau Hidayah) akan menginspirasi putri Anda untuk mengikuti panduan yang benar dalam hidupnya. Hidaya berarti 'petunjuk atau panduan'.
Ilustrasi kaki bayi baru lahir Foto: Pexels
41. Huda:
Huda berarti 'panduan menuju jalan yang benar'.
42. Iman:
Jika Anda tidak keberatan menggunakan nama uniseks untuk bayi perempuan Anda, coba beri nama Iman. Iman berarti 'kepercayaan atau keyakinan yang teguh dari hati'.
ADVERTISEMENT
43. Inaya:
Inaya adalah nama Muslim yang tidak biasa dan terdengar manis. Inaya berarti 'peduli'.
44. ​​Intisar:
Intisar berarti 'kemenangan'. Cocok diberikan pada si kecil bila Anda berharap ia akan menang atas semua hal negatif yang mungkin dihadapinya dalam hidup.
45. Jadwa:
Nama ini, yang berarti 'hadiah', sudah lazim dipakai sebagai nama anak perempuan Muslim sejak berabad-abad lalu hingga zaman modern ini.
46. Jahara:
Jahara, bentuk pendek dari Jahan Ara yang berarti 'menghiasi dunia'. Nama ini memberi kesan lembut sekaligus kuat untuk bayi perempuan Anda.
47. Jalilah:
Dua huruf 'l' di tengah dan 'ah' di akhir nama ini memberikan kesan puitis. Jalilah berarti 'termasyhur'.
48. Jamila:
Jamila berarti 'anggun'.Jamila memiliki beberapa variasi ejaan seperti Jamilah, Jamilla, dan Jameela atau Jameelah. Tetapi tidak peduli bagaimana Anda mengeja nama ini, semuanya terdengar indah.
ADVERTISEMENT
49. Jazmin:
Jazmin, Jasmin atau Yasmin, adalah salah satu dari sedikit nama bayi perempuan Muslim yang tidak berakhir dengan ‘a’ atau 'ah'. Jazmin berarti 'bunga melati' dan dalam ejaan barat dikenal dengan Jasmine.
50. Jannah:
Jannah atau Janna artinya 'surga'. Tentu bisa jadi nama bayi yang indah juga kan, Moms?
Nah, yang mana nama favorit Anda?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan