kumparan
20 Agu 2018 9:22 WIB

3 Hal Penting yang Bisa Diajarkan ke Anak dari Asian Games

Defile kontingen Indonesia dalam acara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8). (Foto: Jewel SAMAD/AFP)
Opening ceremony Asian Games 2018 telah digelar meriah pada Sabtu (18/8) malam. Sebagai tuan rumah, Anda tentu bangga dan ingin ikut meramaikan pesta olahraga terbesar kedua di Asia itu. Mumpung tak harus membeli tiket ke luar negeri, yuk, ajak anak nonton beberapa pertandingan di Asian Games Moms. Dari gegap gempitanya pesta olahraga Asian Games, Anda juga bisa sekaligus mengajarkan anak pentingnya 3 hal ini.
ADVERTISEMENT
1. Nasionalisme
Fadjar dan Keluarga hadir di GBK. (Foto: Karina Nur Shabrina/kumparan)
Memiliki pandangan positif, optimis dan cinta pada tanah air adalah suatu bentuk sikap nasionalisme yang bisa ditanamkan pada anak sejak dini. Pada momen Asian Games kali ini, sebagai orang tua, Anda juga bisa turut serta menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak. Salah satunya dengan cara mengajak anak menonton pertandingan Asian Games.
Mendukung Timnas dan para atlet Indonesia bertanding bisa memunculkan rasa bangga dan menumbuhkan nasioanalisme pada diri anak, Moms. Ketika Timnas atau atlet Indonesia memenangkan pertandingan, maka mereka akan disambut dengan berkibarnya bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya. Pada saat itulah ada rasa bangga menjadi bangsa Indonesia dan nasionalisme pun akan meningkat berkali-kali lipat.
2. Persahabatan Antar Bangsa
Edgar Marvelo berpose di podium saat penyerahan medali. (Foto: Reuters/Beawiharta)
Asian Games merupakan wujud keberagaman negara-negara di benua Asia yang damai dan harmonis. Anda bisa jelaskan pada anak, bahwa meski setiap negara berkompetisi untuk mendapatkan posisi terbaik, ajang Asian Games ini nyatanya merupakan sarana untuk memupuk persahabatan antar negara-negara di Asia. Tekankan pada anak, menang atau kalah pada pertandingan, bukan berarti membuat dua negara saling bermusuhan.
ADVERTISEMENT
3. Sportivitas
Pertandingan bola voli putri antara Thailand vs Filipina di Asian Games 2018 (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Olahraga tak hanya mengajarkan kekuatan jasmani, tetapi juga sportivitas, kerjasama, dan rasa percaya diri. Nilai-nilai tersebut sangatlah penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak secara utuh. Perhelatan Asian Games 2018 diharapkan mampu menjadi inspirasi dan sumber belajar anak tentang nilai-nilai penting olahraga, seperti sportivitas dan kecerdasan sosial-emosional.
Anda bisa mengajarkan ke anak bahwa siapapun yang memenangkan pertandingan tak boleh sombong dan menyakiti lawan yang kalah. Pun demikian dengan pihak yang kalah, harus berbesar hati menerima kemenangannya yang tertunda itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·