Pencarian populer

5 Ide MPASI Bayi dengan Mangga

Tidak dianjurkan makan buat saat buka puasa (Foto: Thinkstock)

Ada banyak makanan yang bisa ibu pilih untuk jadi menu makanan pendamping ASI (MPASI) bayi, salah satunya adalah mangga. Selain mudah ditemukan, mangga juga punya cita rasa yang manis, sehingga bayi biasanya suka.

Mangga punya banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Misalnya saja mengandung vitamin B6. Vitamin tersebut berfungsi untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan otak pada bayi. Selain itu, buah mangga juga mengandung asam glutamin yang bisa membantu meningkatkan ingatan dan konsentrasi bayi.

Meski begitu, mengutip Mom Junction, bayi sebaiknya diberi mangga saat berusia 8-10 bulan. Hal itu dikarenakan mangga mengandung banyak serat yang bisa jadi pencetus diare.

Nah Moms, agar Anda tak kehabisan ide, berikut 5 rekomendasi resep MPASI bayi dengan mangga yang bisa Anda coba:

1. Puree Mangga

Makanan beku untuk bayi (Foto: Thinkstock)

Paling praktis memang mengolah mangga menjadi puree, Moms. Anda hanya butuh siapkan 1 buah mangga yang sudah matang, kemudian kupas dan potong-potong seperti dadu. Masukkan mangga yang sudah dipotong-potong ke dalam blender atau food processor, blender sampai teksturnya halus. Anda bisa menambahkan air apabila tekstur puree dirasa masih sulit dicerna oleh si kecil.

2. Puree Mangga dan Buah-buahan Lain

Makanan beku untuk bayi (Foto: Thinkstock)

Anda juga bisa lho Moms mencampur mangga dengan aneka buah lain untuk dijadikan puree. Misalnya saja mencampur mangga dengan pisang atau mencampur mangga dengan wortel. Sementara jika ingin teksturnya lebih cair, Anda dapat mencampurkan mangga dengan jeruk.

Potonglah mangga dan buah pilihan Anda, kemudian haluskan menggunakan blender atau food processor. Tambahkan air atau ASI perah jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih lembut untuk bayi.

3. Mango Oat

Oatmeal Dapat Mengendalikan Kadar Gula Darah (Foto: Thinkstock)

Ingin menjadikan olahan mangga sebagai menu sarapan bayi? Bisa, Moms. Anda bisa mencampurkan mangga dengan oatmeal. Pertama-tama masaklah oatmeal hingga lembek. Jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih lembut, Anda bisa menyaring oatmeal terlebih dahulu.

Setelah itu potonglah mangga dan haluskan menggunakan blender. Masukkan mangga tersebut ke dalam wadah oatmeal. Jika si kecil suka, Anda bisa menambahkan keju khusus bayi sebagai topping, Moms.

4. Mango Sticky Rice

mango sticky rice (Foto: Pixabay)

Membuat mango sticky rice untuk MPASI bayi juga tak sulit. Siapkan nasi atau bubur sesuai dengan tekstur yang diminati bayi. Setelah itu, potonglah mangga kecil-kecil. Jika bayi Anda belum mampu mengkonsumsi potongan buah mangga, Anda bisa menghaluskannya sesuai dengan selera anak. Sajikan nasi dan mangga tersebut dalam satu piring. Sebagai topping, Anda bisa menambahkan yoghurt di atas nasi atau bubur bayi.

5. Puding Mangga

Puding mangga (Foto: Shutter Stock)

Menambahkan mangga ke dalam puding atau agar-agar juga boleh, Moms. Rasa manis dari buah mangga membuat Anda tak perlu menambahkan gula ke dalam puding atau agar-agar untuk camilan bayi.

American Heart Association merekomendasikan unuk tidak menambahkan gula ke dalam makan anak di bawah 1 tahun. Hal ini dikarenakan kebutuhan kalori mereka yang masih rendah. Selain itu, rentang usia ini merupakan masa penting untuk mengembangkan selera makan. Dengan membatasi kadar gula normal, diharapkan anak tidak memilih-milih makanan sehingga kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Untuk membuat puding mangga, pilihlah agar-agar dengan rasa plain atau tawar. Masaklah agar-agar tersebut sesuai dengan petunjuk di luar kemasan. Setelah itu dinginkan. Sebelum mengeras masukkan mangga yang sudah diblender ke dalam agar-agar dan aduk.

Selamat mencoba, Moms!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: