Pencarian populer

5 Manfaat Kolostrum untuk Bayi Baru Lahir

Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)

Beberapa hari setelah melahirkan, payudara ibu mengeluarkan cairan susu kental kekuningan yang disebut kolostrum. Biasanya, kolostrum mulai terbentuk secara alami pada kehamilan trimester ketiga, mendekati hari perkiraan lahir.

Meski tergolong muncul hanya dalam periode singkat, kolostrum memiliki banyak sekali manfaat bagi bayi baru lahir. Maka tak heran, jika kolostrum dikenal pula sebagai ‘cairan emas’ atau golden milk. Wah, apa saja ya Moms manfaatnya?

kumparanMOM (kumparan.com) merangkum manfaat penting kolostrum bagi baru lahir yang dilansir dari Parenting Healthy Babies berikut:

Cocok dengan sistem pencernaannya

Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Thinkstock)

Pada bayi baru lahir, sistem pencernaannya belum berkembang dengan sempurna dan masih sensitif. Para ahli menyebut, kolostrum memang diperuntukkan bagi bayi lahir dengan komposisi nutrisi yang sesuai. Termasuk, aman bagi sistem pencernaannya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kolostrum mengandung banyak nutrisi penting, seperti mineral yang menyuplai sel darah putih bagi tubuh bayi. Itu semua berguna untuk melindungi bayi dari penularan infeksi bakteri dan virus.

Di samping itu, kolostrum juga memberikan antibodi khusus yang melindungi bayi dari beragam penyakit, seperti infeksi telinga, penyakit kuning, hingga radang paru-paru.

Mengembangkan sistem saraf

Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Thinkstock)

Kekayaan antioksidan dan kolesterol rendah lemak bermanfaat bagi perkembangan sistem saraf bayi baru lahir. Hingga kemudian, kolostrum juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan sehat bayi.

Mendukung gerakan usus pertama

Biasanya, feses pertama bayi sangat keras dan berwarna gelap, maka kolostrum membantu mendukung gerakan usus dengan mudah. Sehingga, feses bisa mendorong keluar bilirubin yang sebagai pigmen warna kuning pada feses.

Tidur berkualitas

Bayi baru lahir (Foto: Pixabay)

Siapa yang tidak ingin bayi Anda tidur dengan nyenyak? Nah, kolostrum dengan kandungan protein tinggi bisa mengenyangkan bayi lebih lama. Jika bayi tenang, maka tidurnya pun bisa lebih nyenyak dan berkualitas.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54