Pencarian populer

5 Manfaat Menonton Teater bagi Anak

Ilustrasi pertunjukan teater. (Foto: Pixabay)

Moms, pernahkah Anda pergi menonton teater bersama anak? Teater yang dimaksud bukanlah menonton pertunjukan di layar, seperti halnya di bioskop. Melainkan benar-benar pertunjukan drama yang digelar di atas panggung secara langsung, lengkap dengan berbagai macam pemeran yang menggunakan kostum unik.

Berbeda dengan zaman dulu, teater kini lebih modern dan bahkan jauh lebih hidup. Ini karena cara menyajikan kisah yang didukung teknologi, menghasilkan penampilan yang fantastis! Tentu saja ini akan jadi pengalaman yang menyenangkan buat si kecil.

Si kecil jadi lebih dekat dengan para pemain dan bahkan bisa merasakan emosinya pula. Ini bisa mengajari anak soal empati. Selain itu, ada lagi manfaat menonton teater bagi anak yang telah dirangkum kumparanMOM (kumparan.com), sebagai berikut:

Sarana Menyampaikan Pesan Moral

Ilustrasi ibu dan anak berdiskusi. (Foto: Freepik)

Anak mungkin sudah mendapatkan pelajaran tentang moral di rumah dan di sekolah. Lewat menonton teater, adalah salah satu cara menyenangkan mengajarkan anak tentang moral.

Mengenal Adat dan Budaya

Meski tidak semua pertunjukan teater mengandung unsur adat dan budaya, tapi sebagian besar pertunjukan teater memiliki unsur adat dan budaya di dalamnya. Mulai dari cerita, bahasa, kostum, sampai dekorasi yang digunakan untuk pertunjukan. Nah, setelah pertunjukan selesai, Anda jadi punya bahan diskusi menarik dengan anak.

Edukasi Sejarah Masyarakat

Menyaksikan pertunjukan teater juga bisa menjadi ajang mengenal lebih dalam tentang sejarah, tapi lagi-lagi keunggulannya. Yakni 'dibungkus' dengan cara yang menyenangkan.

Mengajarkan Anak Berpikir Kritis

Saat menonton teater, anak 'dipaksa' untuk bisa mengerti alur dan jalan cerita. Saat pertunjukan dimulai, ada pola-pola dalam otak yang harus mereka kembangkan untuk menangkap isi cerita.

Ketika anak tidak mengerti dengan cerita yang disuguhkan, mereka akan bertanya pada Anda, yang kemudian Anda akan menjawabnya. Setelah dijelaskan, anak akan berpikir kembali, dan setidaknya jadi tahu jawabannya dari pertanyaan yang ia lontarkan sebelumnya.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ilustrasi anak menari. (Foto: Thinkstock)

Setelah menonton pertunjukan teater, akan ada kemungkinan mereka tertarik dengan bermain peran di sekolahnya. Maka hal ini dapat melatih rasa kepercayaan dalam diri anak, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka.

Jadi tunggu apa lagi, Moms? yuk segera cek jadwal pertunjukan teater apa yang akan diadakan minggu ini! Pastikan yang sesuai kategori usia anak ya, Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63