kumparan
11 Sep 2019 17:21 WIB

5 Merek Deterjen Khusus Bayi yang Bisa Jadi Pilihan Ibu

Ilustrasi mencuci baju bayi. Foto: Shutterstock
Mencuci baju bayi tidak boleh sembarangan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pilihan detergen untuk mencuci bajunya.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga saat mencuci bajunya, kita harus hati-hati agar tidak memicu timbulnya alergi pada kulit si kecil. Penggunaan deterjen yang tidak sesuai dikhawatirkan bisa jadi salah satu pemicu alergi tersebut.
Bagi bayi yang rentan mengalami alergi, kontak antara kulit dan deterjen bisa menimbulkan berbagai reaksi, seperti gatal-gatal, kulit kemerahan, hingga meradang. Oleh karena itu, konsultan dermatologi, dr.Stephanie Ho dari Stepahnie Ho Dermatology, Singapura, mengatakan sebaiknya orang tua mencuci baju bayi dengan deterjen khusus.
"Detergen khusus bayi ini sudah diformulasikan khusus, sehingga tidak banyak mengandung parfum dan zat pewarna, yang berpotensi menimbulkan risiko alergi pada bayi," katanya pada laman Young Parents Singapore.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, untuk memudahkan Anda menentukan deterjen bayi, berikut 7 merek yang bisa jadi pertimbangan Anda. Harga yang kami cantumkan merupakan harga terendah yang kami survei di toko-toko online pada Rabu (11/9).
  1. Pigeon Laundry Detergent Powder
Pigeon Baby Landry Detergent Foto: Pigeon
Deterjen bubuk Pigeon tidak mengandung fosfat dan fluorescent, sehingga ramah bagi lingkungan dan aman untuk kulit bayi. Selain itu, deterjen ini juga diklaim efektif menghilangkan bau dan noda membandel pada pakaian tanpa merusak warnanya.
Produk ini diperkaya dengan antibakteri yang dipercaya efektif membunuh bakteri yang menempel pada pakaian hingga 99,9 persen. Selain untuk mencuci pakaian bayi, Anda juga dapat menggunakan deterjen ini untuk merendam dan mencuci seluruh pakaian anggota keluarga, baik menggunakan tangan maupun mesin cuci.
ADVERTISEMENT
Harga: Rp 12.000,-/1 kg.
  1. Sleek Baby Laundry Detergent
Sleek Baby Laundry Detergent Foto: Sleek
Anda bisa menemukan deterjen Sleek di minimarket dekat rumah atau di toko-toko bayi. Produk ini memiliki formula yang khusus diperuntukkan khusus untuk kulit bayi yang sensitif. Tekstur deterjennya yang lembut juga bisa menjaga serat kain agar pakaian bayi tetap halus. Deterjen konsentrat ini berbentuk cair sehingga smudah larut dalam air.
Deterjen ini juga diklaim antibakteri dan antijamur sehingga pakaian si kecil akan bersih maksimal. Kandungan bahan-bahan alaminya mampu menghilangkan bau apek yang menempel. Deterjen ini juga tidak mengandung pemutih, sehingga tidak membuat warna baju bayi menjadi pudar.
Harga: Rp 25.000,-/500 ml.
  1. Cussons Baby Liquid Detergent
Cussons Detergent Bayi Foto: Cussons
Cussons Baby Liquid Detergent juga bisa jadi pilihan karena punya aroma yang lembut. Deterjen cair ini menggunakan ramuan ekstrak citrus alami yang mampu menghilangkan noda tanpa menyebabkan iritasi pada kulit, dan chamomile yang bermanfaat untuk menjaga pakaian agar tetap lembut.
ADVERTISEMENT
Deterjen dengan pH seimbang ini juga tidak mengandung pemutih sehingga tidak akan merusak kulit bayi. Produk ini juga diperkaya dengan formula antibakteri yang akan menjaga pakaian si kecil tetap higienis dan bebas kuman.
Selain untuk mencuci pakaian bayi, produk ini juga dapat digunakan bagi anggota keluarga lain yang memiliki kulit sensitif.
Harga: Rp 25.000,-/1400 ml.
  1. My Baby Liquid Detergent
My Baby Liquid Foto: My Baby
My Baby Liquid Detergent merupakan deterjen khusus pakaian bayi yang diperkaya dengan formula stain-fighting enzyme sehingga mampu membersihkan kotoran membandel dengan maksimal. Sementara kandungan bahan antibakteri dan antijamur di dalamnya berfungsi untuk menjaga pakaian agar tetap higienis dan tidak bau apek.
Ekstrak chamomile yang digunakan dalam deterjen ini juga berfungsi sebagai anti-irritant untuk membantu mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Dengan menggunakan deterjen ini, pakaian akan tetap cerah, lembut, dan terawat sehingga bayi Anda lebih nyaman saat mengenakannya.
ADVERTISEMENT
Harga: Rp 21.000,-/ 700 ml.
  1. Cycles Baby Detergent
Cycles Baby Detergent Foto: Cycles
Cycles Mild Laundry Detergent hadir dalam bentuk bubuk dan cair sehingga dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Produk ini diklaim bebas dari kandungan bahan berbahaya, seperti SLES atau SLS yang bisa menyebabkan alergi pada kulit bayi. Cycles juga telah lulus uji hypoallergenic sehingga terbukti aman untuk kulit si kecil. Selain itu, dari hasil pengujian, penggunaan deterjen Cycles tidak meninggalkan residu pada pakaian bayi Anda.
Harga: Rp 48.000,-/800 ml.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·