kumparan
14 Sep 2019 8:34 WIB

5 Posisi Duduk yang Nyaman saat Hamil

Ilustrasi hamil. Foto: Shutter Stock
Saat hamil, sebagian besar ibu sering kali mengeluhkan gangguan kesehatan seperti sakit punggung, pinggang, pinggul, leher, dan bahu. Ya Moms, saat hamil, Anda harus menopang beban tubuh lebih. Faktor lain munculnya gangguan kesehatan itu ternyata juga bisa disebabkan oleh posisi duduk yang salah ketika menjalani masa kehamilan.
ADVERTISEMENT
Posisi tubuh yang salah saat hamil ternyata bisa menyebabkan cedera dan mempengaruhi posisi bayi Anda di dalam kandungan. Bagi ibu sendiri, posisi tubuh yang salah saat hamil bisa menyebabkan komplikasi seperti gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, dan rasa sakit di persendian yang bisa terasa setelah melahirkan.
Lantas, bagaimana posisi duduk yang benar saat hamil? Dilansir Boldsky, berikut adalah 5 posisi duduk yang benar saat hamil.
  1. Ketika Duduk di Kursi
Posisi duduk yang baik ketika duduk di kursi adalah menjaga punggung tetap lurus, panggul harus miring ke depan, lutut harus diletakkan pada sudut yang tepat. Selain itu, tulang pinggul harus tergantung pada bagian belakang kursi.
Namun Anda harus berhati-hati agar tidak memelintir pinggang ketika Anda duduk di kursi yang bisa berputar ya, Moms. Cara yang benar adalah Anda harus menggerakkan tubuh jika ingin menengok ke belakang.
ADVERTISEMENT
Lalu posisi kaki juga harus memijak tanah. Kemudian untuk menyangga punggung, gunakan bantal kecil yang bisa diletakkan di belakang Anda.
  1. Ketika Duduk di Sofa
ibu hamil minum air putih Foto: Shutterstock
Anda harus menghindari duduk dengan kaki atau pergelangan kaki menyilang di sofa. Sebab hal tersebut bisa membuat sirkulasi darah ke pergelangan kaki tersumbat dan menyebabkan kaki sakit dan bengkak. Gunakan bantal atau handuk untuk diletakkan di punggung untuk menyeimbangkan posisi leher dan punggung. Selain itu, kaki juga tidak boleh menggantung ke atas selama masa kehamilan.
  1. Ketika Menggeser Posisi Tubuh
Anda mungkin setuju, bahwa duduk adalah posisi paling menyenangkan saat hamil. Meski begitu, Anda juga harus membiasakan diri untuk berdiri setiap 30 menit atau satu jam sekali supaya otot mengendur dan aliran darah lancar. Yang paling penting, hindari posisi membungkuk saat duduk. Sebab ketika melakukan posisi ini saat kehamilan, bayi akan berbaring di posisi posterior atau kepala bayi berada di bawah menghadap perut ibu.
ADVERTISEMENT
Tulang ibu dan bayi bisa berada dalam jarak yang dekat sehingga berisiko pada persalinan nantinya. Bayi dalam posisi tersebut akan sulit didorong keluar dan biasanya dokter akan menyarankan untuk melahirkan secara caesar.
  1. Ketika Duduk di Lantai
ibu hamil duduk di lantai Foto: Shutterstock
Posisi cobbler atau duduk di lantai adalah posisi duduk yang baik saat hamil. Posisi ini sangat mirip dengan posisi yoga. Anda harus duduk dengan posisi punggung lurus, lutut ditekuk, dan telapak kaki disatukan. Namun ketika Anda duduk dalam posisi cobbler, jangan lupa meletakkan matras atau selimut di bawah tulang punggung. Menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang duduk dalam posisi ini bisa sangat membantu pada proses persalinan nantinya.
  1. Duduk di Gym Ball
Ibu hamil duduk di atas gym ball. Foto: Shutterstock
Duduk di atas gym ball adalah latihan yang bagus untuk membuat tubuh Anda siap saat menghadapi persalinan. Berlatih duduk di atasnya setiap hari bisa meningkatkan kekuatan tulang panggul dan otot-otot saat bersalin. Ini terbukti bermanfaat, terutama pada trimester terakhir. Namun perlu diingat, Moms, Anda harus memilih bola penyeimbang yang tepat sesuai dengan tinggi badan Anda.
ADVERTISEMENT
Jadi Moms, jika Anda sudah berada di trimester akhir kehamilan, disarankan untuk lebih sering mengistirahatkan punggung. Namun tetap harus diingat untuk melakukan peregangan setelah duduk selama satu jam. Selain itu, pastikan Anda tidak membungkuk atau membiarkan diri Anda duduk dalam posisi tidak nyaman terlalu lama, ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·