kumparan
9 Feb 2019 16:33 WIB

6 Layanan Home Care bagi Ibu PascaBersalin Beserta Tarifnya

Konten spesial heboh persalinan zaman now. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Hari-hari pertama pascamelahirkan, memang tak salah bila Anda mengatakannya begitu melelahkan. Jangankan untuk mengurus bayi yang baru lahir, berjalan atau bergerak pun terasa seperti melakukan pekerjaan yang berat.
ADVERTISEMENT
Tak apa, Moms, ini normal dan para ibu di luar sana juga mengalami hal serupa. Tubuh yang lelah usai bersalin, memang belum benar-benar pulih. Belum lagi, sebagai ibu baru, Anda masih belum tahu benar cara menghadapi bayi. Harus ke mana cari bantuan? Ya, Anda tak perlu merasa bersalah karena merasa membutuhkannya.
Diskusikan hal ini dengan suami, dan setelahnya mungkin Anda bisa tengok layanan home care khusus untuk ibu pascabersalin dan bayi. Home care adalah layanan kunjungan kesehatan ke rumah yang dilakukan oleh tenaga ahli yang telah memenuhi standar, seperti oleh perawat maupun bidan.
Tujuannya bukan hanya memastikan keadaan ibu dan bayi baru lahir tetap dalam status sehat, tapi juga dapat mendeteksi, mencegah dan menangani komplikasi pada masa nifas. Yang tak kalah penting pula, layanan home care juga bisa menjadi wadah ibu untuk berbagi keluh kesah dan belajar soal mengurus bayi.
Ilustrasi perawat dalam layanan home care ibu pascabersalin Foto: Thinkstock
Layanan perawatan ini memang bermanfaat bagi ibu yang baru bersalin sebelum ia mandiri dan lancar dalam merawat bayi, dan yang tak kalah penting, memulihkan kesehatan ibu pascabersalin, demi mencegah post partum blues.
ADVERTISEMENT
Adapun layanan home care yang biasanya diperoleh ibu dan bayi adalah:
Perawatan Bayi Baru Lahir: - Pemeriksaan kesehatan bayi seperti suhu tubuh, tanda-tanda bayi kuning - Cara memandikan bayi yang baik dan benar - Cara menjemur bayi - Perawatan tali pusat - Pijat bayi - Konseling masalah kesehatan bayi Perawatan Ibu Pascamelahirkan - Pemeriksaan kesehatan ibu seperti tekanan darah, suhu tubuh, kebersihan vagina hingga luka bekas caesar - Konseling menyusui seperti cara menyusui yang benar, posisi menyusui yang benar, kesulitan yang dihadapi selama menyusui - Perawatan ibu seperti pijat - Kesehatan payudara - Manajemen ASI Perah
Ilustrasi pijat bayi. Foto: Thinkstock
ADVERTISEMENT
Dhini Hidayati, seorang ibu yang pernah menggunakan jasa home care, membagikan pengalamannya kepada kumparanMOM. Dhini bercerita, kehadiran bidan sebagai jasa home carenya begitu membantu dalam menghadapi aneka masalah pascabersalin dan cara merawat bayi, yang bahkan selama ini tak pernah diketahuinya. Dhini menggunakan jasa home care ketika anaknya berusia 2 minggu saat itu.
"Aku pake home care sendiri, bidan. Si Bidan Salsabila. Dia Memberikan aku banyak wawasan, jadi teman ngobrol. Terus dia juga ngajarin suami bagaimana mendukung istri menyusui. Dia juga jadi penengah ke suami, baik banget sih. Jadi kaya teman yang memberikan dukungan secara emosional dan spiritual", kata Dhini saat ditemui kumparanMOM di kawasan Jakarta Selatan pada hari Kamis (7/2).
ADVERTISEMENT
Lalu dimana ibu bisa memperoleh layanan home care? Tenang Moms, layanan home care saat ini sudah tersedia cukup banyak. Beberapa rumah sakit, tempat Anda bisa bersalin, mungkin juga sudah menyediakannya.
Berikut adalah daftar layanan home care yang bisa jadi referensi beserta tarifnya:
- RS Brawijaya RS Brawijaya menyediakan beberapa jenis paket home care untuk ibu dan bayi. Diantaranya: One day service sebesar Rp 1,8 juta Paket I: Rp 1 juta selama tiga hari Paket II: Rp 1,8 juta selama 7 hari Paket III: 3,2 juta selama 14 hari Seluruh jenis paket home care tersebut terdiri dari perawatan tali pusat, memandikan bayi, pijat laktasi, perawatan payudara atau breast care, dan perawatan nifas pasca persalinan yang dilakukan oleh bidan profesional. - RS KMC Rumah Sakit Kemang Medical Centre atau KMC hanya menyediakan dua paket untuk home care. Paket pertama terdiri dari 3 kali kunjungan dengan harga 1 juta rupiah dan paket kedua 5 kali kunjungan sebesar 1,6 juta rupiah. Semua paket tersebut sudah termasuk perawatan untuk ibu dan bayi. Seperti perawatan kebersihan bayi, laktasi, dan perawatan bekas luka baik melahirkan normal ataupun caesar.
Pijat Setelah Melahirkan Foto: Pixabay
- RSIA Bunda Bila Anda memilih layanan kunjungan rumah dari RSIA Bunda, siapkan uang sebesar Rp 325 ribu. Biaya tersebut berlaku untuk memandikan bayi, massage bayi, dan konsultasi seputar laktasi selama dua jam. Namun bila lebih lama dari waktu tersebut, ibu harus membayar perawat yang melakukan home care sebesar Rp 75 ribu per jamnnya. - Bidan Salsabila Selain bidan, Salsabila adalah seorang konselor menyusui, breastfeeding educator, baby massage certified, dan instruktur yoga dan pregnancy exercise. Tarif pengunaan jasa bidan Salsabila untuk merawat ibu dan bayi adalah sebesar Rp 350 ribu per dua jamnya. - Nanny 911 Nanny 911 adalah perusahaan profesional pertama yang satu-satunya di Indonesia yang menggunakan tenaga ahli dengan tingkat edukasi kebidanan atau keperawatan memang dilatih selama lebih dari 3 tahun di kampus untuk bisa menangani ibu dan bayi baru lahir.
ADVERTISEMENT
Selain mengasuh anak, Nanny 911 juga memberikan layanan home care khusus ibu dan anak yang ditangani langsung oleh bidan. Khusus untuk bayi, Nanny 911 menyediakan layanan home care treatment baby spa yang meliputi 3 sesi. Pertama baby gym, kedua baby swim, dan ketiga baby massage. Bila tertarik dengan layanan ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 250 ribu rupiah.
Sedangkan untuk ibu, Nanny 991 memberikan layanan home care treatment mom spa yang meliputi 7 sesi. Seperti massage full body, pijat laktasi, body scrub, totok wajah, mandi uap, mandi rempah dan pemakaian pilis. Untuk biaya home care treatment mom spa, adalah sebesar Rp 400 ribu rupiah. Seluruh biaya tersebut sudah termasuk biaya transportasi untuk bidan. Namun hanya berlaku di wilayah Jakarta dan Tangerang. Di luar wilayah tersebut, maka akan ada tambahan biaya service, serta ada syarat dan ketentuan yang berlaku. - Medi-call Medi-call adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang kesehatan. Salah satu layanan yang diberikannya adalah home care untuk ibu dan bayi. Adapun perawatan home care yang disediakan oleh Medi-Call adalah seperti pijat bayi, baby spa, merawat tali pusat, pijat laktasi, training newborn package.
ADVERTISEMENT
Jangan khawatir Moms, seluruh layanan itu dilakukan oleh bidan profesional dan tersedia selama 24 jam. Untuk biaya perawatan home care selama 12 jam, ibu harus mengeluarkan uang sebesar 225 ribu rupiah, sedangkan perawatan selama 24 jam sebesar 375 ribu rupiah.
Yuk, ikuti terus konten spesial Heboh Persalinan Zaman Now persembahan kumparanMOM.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·