Pencarian populer

6 Mainan yang Dapat Memacu Bayi Merangkak

Ternyata, mainan dapat memacu bayi merangkak terutama saat bayi sudah berusia antara 7-10 bulan. Asalkan, Anda memilihkan mainan yang tepat untuk si kecil. Mainan yang tepat untuk memacu bayi merangkak adalah mainan yang dapat menstimuli bayi untuk beraktivitas dengan posisi tengkurap maupun bangun untuk dengan tangan dan lututnya.

Nah, ingin tahu maianan seperti apa saja contohnya? Simak 6 pilihan kumparanMOM berikut ini:

Mainan bola untuk memacu bayi merangkak (Foto: Shutterstock)

1. Bola Khusus Bayi

Mainan bentuk bola khusus untuk bayi, biasanya memiliki sisi-sisi yang berlubang agar mudah digapai dan dicengkram oleh bayi. Bola jenis ini juga tidak akan menggelinding terlalu cepat atau jauh, sehingga ideal bila bayi merangkak untuk menangkapnya.

Bila bayi mulai mahir merangkak, Anda bisa menggulingkannya lebih jauh dan semangati bayi untuk mengejarnya. Produk yang sederhana namun bagus dan banyak gunanya kan, Moms?

Ilustrasi Mainan Bayi (Foto: Pixabay)

2. Rattle

Rattle atau mainan bergemerincing bermanfaat untuk menstimuli pendengaran dan penglihatan bayi. Saat rattle digoyangkan, bayi akan tertarik dan termotivasi untuk merayap atau merangkak meraihnya.

Bentuk mainan rattle bisa bermacam-macam, ada yang berupa bola bergagang, boneka, dan lain sebagainya. Yang jelas, pilihlah rattle yang memiliki desain menarik dan penuh warna agar bayi lebih tertarik melihatnya.

Motivasi bayi merangkak dengan mainan terowongan (Foto: Shutterstock)

3. Terowongan

Anda dapat dengan mudah menemukan terowongan untuk bayi atau anak di berbagai toko mainan atau online shop. Letakkan di tengah ruang keluarga yang cukup luas atau tempat bermain bayi Anda.

Agar bayi paham, coba taruh bayi dalam posisi tengkurap di ujung terowongan sementara Anda menunggu di ujung satunya. Selanjutnya, panggil bayi Anda untuk memotivasinya menghampiri melalui terowongan. Boneka favorit anak atau rattle juga dapat digunakan untuk memotivasi bayi menghampiri Anda.

Terowongan ini bisa membantu melatih konsentrasi bayi merangkak ke satu tujuan, sebab di dalam terowongan, pandangannya hanya akan tertuju pada Anda atau mainannya.

Activity table - mainan untuk memacu bayi merangkak (Foto: Shutterstock)

4. Activity Table

Activity table adalah mainan bayi yang bentuknya menyerupai meja dengan banyak tombol, tuas, bola, rattle dan mainan lain dalam satu papan. Tombol-tombol ini biasanya juga dapat bergerak atau mengeluarkan bunyi-bunyi yang menarik untuk bayi.

Umumnya, orang tua memberi bayi mainan ini dengan posisi tinggi atau memasang kaki-kakinya, sehingga bayi baru bisa memainkannya bila sudah mampu berdiri. Padahal, dimainkan di lantai juga bisa lho, Moms.

Copot saja kaki-kakinya, lalu biarkan bayi bermain dengan posisi tengkurap. Lihat, si kecil akan sibuk bermain dan berusaha menggeser tubuhnya untuk bisa memainkan semua tombol yang ada di sana. Mainan ini juga akan sangat berguna untuk mengembangkan keterampilan motorik halus bayi Anda.

Bayi merangkak di matras yang menarik (Foto: Shutterstock)

5. Matras

Matras, alas bermain atau play mat juga dapat memacu bayi merangkak. Pilih matras penuh warna atau gambar menarik, bila perlu beri bayi play mat yang bisa mengeluarkan bunyi atau dilengkapi beberapa mainan lain.

Jadi saat bayi bergerak di atas play mat tersebut, ia bisa menemukan mainan lain (cermin plastik yang disematkan di sana misalnya) atau senang menemukan kalau gerakannya bisa membuat sesuatu berbunyi.

Biarkan bayi merangkak bebas di dalam pagar bermain (Foto: Shutterstock)

6. Pagar Bermain

Yang terakhir, pagar bermain! Dengan pagar ini, Anda dapat membiarkan bayi merangkak bebas tanpa perlu merasa khawatir. Artinya, lebih banyak kesempatan untuk bayi bermain, lebih mungkin juga bayi belajar merangkak.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36