Pencarian populer

7 Langkah Mudah Membersihkan Mainan Bayi

Bermain sangat penting untuk mengembangkan aspek fisik motorik, mental, dan sosial-emosi bayi. Karena itu, membersihkan mainan bayi secara berkala sangat penting untuk menjaga kesehatannya.

Anda perlu membersihkan mainannya setidaknya setiap minggu, Moms. Mainan yang bersih, tentu juga akan membuat bayi lebih nyaman dan senang bermain.

Nah, bagaimana caranya? Ikuti 7 langkah mudah yang dirangkum kumparanMOM dari lama Modern Mom ini:

Langkah 1

Bersihkan mainan bayi yang sering dimasukkan bayi ke mulut seperti teether atau mainan gigit dengan tisu basah anti-bakteri yang aman untuk bayi. Misalnya yang berlabel food grade. Lakukan setiap kali akan Anda berikan pada bayi atau setiap mainan tersebut jatuh ke lantai.

Mainan bayi perlu sering dibersihkan (Foto: Shutterstock)

Langkah 2

Selesai dimainkan, bersihkan mainan bayi dengan air panas dan sabun cuci piring khusus bayi. Gunakan sabut khusus ya, Moms. Jangan mencuci mainan menggunakan sabut atau spon yang sama dengan yang Anda pakai untuk mencuci piring atau perlengkapan rumah tangga lainnya.

Langkah 3

Gunakan juga sikat tersendiri untuk membersihkan noda yang membandel pada mainan plastik keras atau mainan kayu. Bila perlu, Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk menjangkau sudut-sudut kecil mainan bayi yang sulit dibersihkan. Tapi, gunakan sikat gigi baru ya, Moms.

Ilustrasi Mainan Bayi (Foto: Pixabay)

Langkah 4

Cuci boneka danmainan kain lainnya di mesin cuci menggunakan air hangat. Bila perlu, gunakan jaring atau kantung khusus yang biasa Anda pakai untuk mencuci pakaian dalam untuk mencegah ada bagian mainan kain yang terlepas atau hilang.

Langkah 5

Anda juga bisa membersihkan mainan secara alami menggunakan satu liter air hangat yang dicampur dengan 4 sendok makan soda kue.

Ilustrasi mainan bayi berukuran besar (Foto: Shutterstock)

Langkah 6

Bersihkan mainan-mainan yang keras atau terbuat dari plastik dengan detergen khusus bayi atau cairan antiseptik. Keringkan dengan seksama dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau gunakan pengering rambut Anda.

Langkah 7

Anda juga bisa mencelupkan mainan dari plastik yang cukup tebal ke dalam panci berisi air mendidih selama beberapa menit. Buang air dan keringkan mainan dengan lap bersih.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36