kumparan
29 Jan 2018 18:21 WIB

7 Manfaat Berhubungan Seks saat Hamil

Peran suami saat istri hamil. (Foto: Thinkstock)
Kehamilan bukan menjadi halangan untuk berhubungan seksual. Anda dan pasangan tetap dapat berhubungan seks sejak trimester pertama. Namun, Anda perlu terlebih dahulu mendiskusikannya dengan bidan atau dokter kandungan.
ADVERTISEMENT
Secara umum, berhubungan seks berdampak positif baik secara fisik maupun mental. Selain itu, berhubungan seks saat hamil juga memiliki banyak manfaat.
KumparanMom (kumparan.com) merangkum setidaknya 7 manfaat berhubungan saat hamil untuk Anda:
1. Membakar Kalori
Dikutip dari parents.com, berhubungan seks dapat membakar kalori dalam tubuh. Menurut para ahli, kalori yang dibakar tubuh saat berhubungan seks tidak kalah dengan kalori yang dapat Anda bakar dengan berlari. Lama dan 'sepanas' apa hubungan seks yang Anda lakukan juga ikut mempengaruhi sebanyak apa kalori yang dibakar tubuh. Pas banget nih, untuk Anda yang sedang takut melihat berat badan Anda terus meroket selama hamil.
2. Membuat Lebih Nyenyak Tidur
Saat berhubungan seks, hormon oksitosin dalam tubuh akan meningkat. Hormon tersebut dipercaya dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan tidur.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan survei National Sleep Foundation, AS, sebanyak 78 persen ibu hamil mengalami susah tidur pada malam hari. Padahal, kurang tidur selama hamil berpotensi meningkatkan risiko bayi lahir prematur.
Pusing saat hamil (Foto: THINKSTOCK)
3. Mengurangi Rasa Sakit
Profesor di Rugers University, AS, Barry R Komisaruk, mengatakan bahwa berhubungan seks saat hamil dapat mengurangi rasa sakit yang diderita oleh ibu hamil sebanyak 74 persen. Rasa sakit tersebut dapat berkurang akibat hormon endorfin (senyawa kimia yang membuat seseorang bahagia) dalam tubuh Anda meningkat saat berhubungan seks.
4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Berhubungan seks dapat memicu keluarnya hormon DHEA (dehydroepiandrosterone). Menurut seorang ahli kesehatan, Yvonne Fulbright, hormon tersebut dapat menangkal Anda dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan akibat meningkatnya Ig-A, antibodi dalam tubuh yang dapat membantu Anda terhindar dari pilek, demam, batuk dan infeksi lainnya.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, berdasarkan hasil penelitian, seseorang yang berhubungan seks secara teratur, yaitu sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu memiliki lebih tinggi kadar Ig A–nya dibanding dengan yang tidak rutin berhubungan seks.
Dian Sastro saat hamil (Foto: Instagram @therealdisastr)
5. Lebih Bahagia
Hubungan seks dapat memperkuat ikatan antara suami dan istri. Saat melakukan hubungan seks, Anda dan pasangan saling menerima sentuhan kasih sayang yang intim, sehingga mampu meningkatkan keluarnya hormon oksitosin yang membuat Anda bahagia. Hormon tersebut juga berfungsi mengembangkan hasrat seksual
6. Memperkuat Otot Panggul
Otot-otot yang terletak di panggul Anda akan terlatih saat Anda melakukan hubungan seks. Semakin dilatih, otot tersebut akan semakin kuat sehingga kemungkinan lahir secara normal akan semakin mudah. Selain itu, otot tersebut juga berfungsi mengencangkan kembali area panggul Anda usai bersalin.
ADVERTISEMENT
“Setelah Anda menggunakan otot-otot panggul itu untuk mendorong bayi saat bersalin, maka otot-otot itu akan lebih mudah untuk kencang kembali,” kata penulis buku "Common Sense Pregnancy: Navigating a Healthy Pregnancy and Birth for Mother and Baby", Jeanne Faulkner.
7. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Cobalah berhubungan seks secara rutin saat hamil. Hal ini dapat melatih kekuatan dan keseimbangan otot-otot yang terletak pada jantung Anda. Jantung yang kuat sangat diperlukan bagi Anda yang ingin melahirkan secara normal. Berdasarkan penelitian, berhubungan seks secara rutin dalam seminggu dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·