kumparan
17 Nov 2018 17:19 WIB

9 Manfaat Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak

Wajah Ayah Milenial. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Dalam mengasuh anak, ayah punya peran yang sama penting dengan ibu. Menurut Najelaa Shihab, pendidik dan founder Keluarga Kita, keterlibatan ayah dalam pengasuhan bisa memberikan dampak positif bagi proses belajar serta membuat anak lebih berprestasi di sekolah.
ADVERTISEMENT
"Bayangkan faktor keluarga sebagai pendidik utama dan pertama itu kan besar sekali. Bayangkan peran yang besar sekali itu kalau hanya diemban oleh ibu seorang jika dibandingkan dengan diemban oleh dua orang. Kan tentu hasilnya lebih optimal jika ditambah peran ayah," jelas Najelaa saat ditemui kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Sementara menurut Edward Andriyanto, M.Psi., psikolog klinis anak dari Universitas Indonesia, ada aspek penting dalam perkembangan anak yang akan maksimal jika ayah terlibat secara langsung di dalam keluarga.
“Baik ayah maupun ibu, keduanya sangat penting untuk seluruh area perkembangan anak. Ayah memiliki peran dalam perkembangan fisik, kognitif, dan psikososial anak,” papar Edward, saat dihubungi kumparanMOM pada Jumat (16/11).
ADVERTISEMENT
Menjadi ayah adalah tugas dan komitmen seumur hidup. Jika ayah mau terlibat secara langsung dalam pengasuhan dan pendidikan anak, banyak dampak positif yang didapatkan si kecil. Mulai dari dampak akademik, kesehatan mental, hingga kebugaran.
Nah Moms, simak manfaat peran ayah dalam pengasuhan anak dalam infografik berikut:
9 Manfaat Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak (Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan)
====================
Selengkapnya seputar Ayah Milenial dapat disimak dalam topik Wajah Ayah Milenial.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan