Pencarian populer

Agar Aman, Ikuti Panduan Ini Kalau Mau Memberi Anak Madu

Ilustrasi madu Foto: Shutterstock

Rasa madu yang manis, umumnya mudah disukai dewasa maupun anak. Tidak hanya manis, madu juga punya sederet manfaat untuk kesehatan manusia. Meski begitu, kita tidak boleh sembarangan mengonsumsinya. Ya Moms, bila salah, bukannya membawa manfaat tapi sebaliknya madu justru bisa merugikan kesehatan terutama untuk bayi dan balita.

Memang, bukan berarti Anda tidak boleh memberi si kecil madu sama sekali. Tapi, ikutilah panduan yang kumparanMOM rangkum ini:

Ilustrasi bayi menangis saat makan. Foto: Shutterstock
  1. Tidak untuk bayi

Hindari pemberian madu untuk bayi berusia kurang dari satu tahu tahun, karena madu justru akan menjadi asupan beracun baginya. Pada madu, terdapat endospora aktif dari spesies bakteri Clostridium botulisme.

Risikonya bayi bisa terkena botulisme atau keracunan yang serius. Sementara itu, bakteri ini tidak berbahaya bagi orang dewasa dan bayi berusia di atas satu tahun. Ini karena tubuh mereka sudah membangun sistem kekebalan.

  1. Waspada makanan yang mengandung madu

Mungkin Anda tidak akan memberi bayi di bawah satu tahun dengan madu. Tapi bagaimana dengan kudapan yang Anda berikan? Perhatikan, apakah mengandung madu atau tidaknya, Moms. Sebab, dampaknya bisa sama saja.

Ilustrasi Madu untuk Anak Foto: Pixabay
  1. Simpan di wadah tertutup

Madu semestinya tersimpan dalam keadaan tertutup dan berada di suhu yang sejuk. Hal ini dikarenakan tekstur madu yang lengket yang bisa dengan mudah membuat kotoran dan debu menempel, bila Anda biarkan terbuka.

Karena itu, berikan madu pada anak dan seluruh anggota keluarga Anda yang sudah tersimpan sebagaimana mestinya.

  1. Waspadai Alergi

Madu juga bisa sebabkan gangguan pernapasan pada bayi dan anak-anak yang usianya lebih besar. Ini terjadi akibat reaksi alergi. Bila Anda mengidentifikasi madu sebagai pencetus alergi anak, konsultasikan ke dokter dan hindari.

Ilustrasi anak sembelit. Foto: Shutterstock
  1. Bisa sebabkan konstipasi

Bila anak maupun pasangan Anda rentan alami konstipasi, maka sebaiknya hindari pemberian madu, Moms. Memang, madu bisa berikan sejumlah manfaat kesehatan, tapi sayangnya tidak bagi beberapa orang.

  1. Kelemahan otot

Bila si kecil tengah mengalami kelemahan otot, contohnya seperti kram otot, kondisi tangan yang lemah maupun rewel menangis usai diberi madu, ini juga merupakan reaksi dari tubuhnya. Segera temui dan konsultasikan dengan dokter.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57