Pencarian populer

Anak Gemuk Juga Berisiko Alami Stunting, Kok Bisa?

Ilustrasi Anak Gemuk. Foto: Shutter Stock

Selama ini anak stunting identik berperawakan pendek. Ia cenderung tidak tinggi selayaknya teman-teman sebayanya. Bahkan, berat badannya juga rendah. Tapi tahukah Anda, bahwa anak yang bertubuh gemuk pun ternyata bisa terkena stunting. Lho kok bisa?

"Kebanyakan dari kita mengira, wah anaknya gemuk, ini berarti sehat. Mereka masih aktif, bisa main tidak seperti orang sakit. Tapi bisa saja mereka juga mengalami stunting. Justru anak gemuk paling banyak yang kekurangan jumlah vitamin dan mineral", ujar Ahli gizi dari Youvit, Rachel Olsen, dalam acara Youvit Media & Community Fit Kids di Rockstar Gym Kota Kasablanka, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Hal ini dikarenakan anak bertubuh gemuk pun cenderung bisa mengalami kekurangan gizi, Moms. Kekurangan gizi dapat mengurangi kemampuan tubuh anak untuk menguraikan lemak. Dengan begitu, kegemukan juga bisa menjadi salah satu akibat dari gizi buruk atau malnutrisi.

Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutterstock

Oleh karena itu, agar si kecil terhindar stunting, berikan ia ASI eksklusif hingga berusia 6 bulan, dilanjutkan dengan tambahan memberikan makanan pendamping ASI hingga usianya 2 tahun atau lebih.

"Siapkan makanan sehat untuk anak. Hindari makanan yang digoreng, fast food, makanan manis, biskuit yang mengandung lemak trans, karena mentega yang dibuat industri tidak alami, itu yang akan membuat mereka obesitas", kata Rachel.

Untuk anak usia 7-23 bulan, Anda juga bisa memberikan obat cacing dan suplemen zat besi atas resep dokter. Asupan zat besi dalam makanan sehari-hari juga perlu ditambah, misalnya dengan rutin memberi daging merah, kacang-kacangan, sayur bayam, dan lain-lain.

Ilustrasi imunisasi anak. Foto: Thinkstock

Orang tua juga diharapkan memberikan imunisasi lengkap, rutin mengecek tumbuh kembang anak ke Posyandu, memenuhi kebutuhan air bersih, serta menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Apabila stunting baru diketahui setelah anak berusia lebih dari 2 tahun, Anda sebagai orang tua harus tetap memberikan asupan yang sehat untuk si kecil agar tidak memperburuk pertumbuhannya, Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33