Pencarian populer

Bayi Merangkak dengan Kaki Tegak, Normalkah?

Anak belajar merangkak gaya bear crawling. (Foto: Thinkstock)

Bayi merangkak merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh orang tua. Selain menggemaskan, merangkak juga merupakan bagian dari proses perkembangan motorik kasar bayi.

Normalnya, bayi merangkak dengan bertumpu pada lutut dan tangannya. Bayi kemudian akan menekuk kedua kakinya dan berjalan menggunakan lutut serta tangannya.

Tapi bagaimana jika bayi justru merangkak dengan kaki yang tegak lurus? Apakah hal ini normal?

Moms, perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki tahap perkembangan dan karakteristik yang berbeda-beda, termasuk saat si kecil sedang merangkak.

Jadi, jika bayi Anda merangkak dengan cara yang berbeda, misalnya dengan kaki yang tegak lurus, maka Anda tidak perlu khawatir.

Sebenanya, gaya merangkak seperti ini hampir mirip dengan gerakan merangkak klasik di mana bayi meletakkan beban tubuhnya pada tangan dan lutut. Satu-satunya perbedaan adalah bayi membentangkan kedua kakinya secara lurus. Ya, seperti beruang berjalan, bayi merangkak maju dengan kaki diangkat.

Ilustrasi bayi merangkak di atas rumput (Foto: Shutterstock)

Mengutip laman American Academy of Pedriatrics (AAP), ada beberapa jenis gaya bayi merangkak yang mungkin terlihat tidak normal, tapi ternyata wajar terjadi. Salah satunya ya, bayi merangkak dengan kaki tegak lurus.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam laman resminya juga menjelaskan bahwa sebelum bisa berjalan, anak akan menentukan caranya sendiri untuk bergerak. Bagi sebagian bayi, gaya merangkak dengan kaki tegak lurus tampaknya jadi cara bergerak yang paling nyaman sebelum ia bisa berjalan.

Anda bisa merangsangnya untuk merangkak menggunakan lutut dengan memberikannya contoh atau bahkan merangkak bersama si kecil.

Nah, agar Anda tidak perlu lagi khawatir dengan gaya merangkak bayi Anda, berikut beberapa gaya bayi merangkak yang perlu Anda ketahui:

1. Commando crawling

Bayi Belajar Merangkak (Foto: pixabay)

Pada gaya merangkak jenis ini, perut bayi menyentuh tanah, lalu ia menggerakkan lengan dan kaki yang berlawanan secara bergantian. Karena bentuk ini menyerupai gaya yang diajarkan kepada tentara, maka merangkak dengan gaya ini disebut juga komando, tentara merayap, atau penjelajahan militer.

2. Crab crawling

Bayi merangkak. (Foto: Shutterstock)

Sebelum meluncurkan tubuh ke depan dengan kedua tangannya, bayi merangkak dengan menggerakkan tubuh ke belakang atau ke samping saat berada dalam posisi merangkak. Disebut crab crawling karena bayi bergerak seperti kepiting.

3. Rolling crawling

Ilustrasi bayi merangkak. (Foto: Thinkstock)

Gerakan yang satu ini juga masih termasuk normal, walaupun bayi merangkak dengan berguling untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Jumat,24/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23