Pencarian populer

Berapa Kebutuhan Asam Folat untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil perlu makan makanan bergizi seimbang Foto: Shutterstock

Ibu hamil butuh mengkonsumsi beragam vitamin dan zat gizi penting untuk menunjang kesehatan ibu dan janin, salah satunya adalah asam folat. Asam folat adalah vitamin yang larut air. Vitamin ini sangat diperlukan selama masa kehamilan untuk mencegah terjadinya bayi cacat lahir serta berperan penting dalam pembentukan, perbaikan yang memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Lalu, berapa banyak idealnya asam folat yang diperlukan oleh calon ibu selama hamil?

ibu hamil Foto: Shutterstock

Mengutip Jurnal Nutritalk, kebutuhan ideal asam folat yang harus dicapai ibu hamil adalah sekitar 400-800 mcg (mikrogram) setiap harinya di awal kehamilan. Di usia kandungan 4-9 bulan, ibu hamil dianjurkan memenuhi asupan asam folat per harinya sebanyak 600 mcg dan saat menyusui sekitar 500 mcg per hari.

Kekurangan asam folat atau vitamin B9 pada masa kehamilan akan memengaruhi proses pertumbuhan sel otak janin dan proses penutupan tabung selaput syaraf otak menjadi tidak sempurna. Pembentukan sel-sel otak janin dan proses penutupan tabung selaput saraf ini dimulai sejak usia kehamilan 25-27 hari atau pada minggu ketiga kehamilan Moms. Sayangnya, pada masa itu, banyak ibu belum menyadari kehamilannya. Karenanya banyak ahli menyarankan calon ibu memperhatikan kecukupan akan asam folat sejak merencanakan kehamilan, atau bahkan sebelum menikah.

Sajikan telur rebus yang betul-betul matang untuk anak Foto: Shutterstock

Asam folat sendiri mudah didapatkan dari makanan sehari-sehari seperti bayam, buah bit merah, seledri, selada, asparagus, susu, telur dan lain-lain. Hanya dengan mengkonsumsi 2 porsi buah, 2 porsi sayur, dan 2 atau 3 porsi lauk pauk setiap hari, maka kecukupan asal folat Anda sudah terpenuhi. Dengan catatan, proses memasak sayur tidak terlalu panas dan lama, jauh lebih baik bila sayuran ditumis atau dijadikan lalap dengan syarat dicuci bersih menggunakan air mengalir ya Moms.

Jika dari makanan dirasa masih kurang, maka Anda bisa memperolehnya dari suplemen asam folat. Umumnya dokter akan meresepkan tablet asam folat untuk ibu hamil sejak awal pemeriksaan kehamilan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54