Pencarian populer

Bolehkah MPASI 4 Bintang Dicampur dengan Bubur Bayi Kemasan?

Ilustrasi MPASI atau makanan bayi kemasan. Foto: Shutterstock

Pemberian menu MPASI 4 bintang boleh diberikan sejak bayi berusia 6 bulan. Meski begitu, pada minggu awal pengenalan MPASI, para ahli menyarankan agar orang tua mengenalkan menu makanan tunggal terlebih dahulu pada bayi. Pengenalan itu dilakukan untuk melihat reaksi alergi si kecil pada jenis makanan tertentu. Setelah lolos menu tunggal, orang tua bisa beralih ke menu MPASI 4 Bintang.

Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing dengan istilah MPASI 4 Bintang ini. Ya, Moms, MPASI 4 Bintang adalah menu makanan yang mengandung empat unsur gizi penting didalamnya. Bintang pertama adalah karbohdirat, kedua protein hewani, ketiga protein nabati, dan keempat sayuran.

Karbohidrat bisa diperoleh dari beras putih, beras merah, jagung dan ubi-ubian. Untuk protein hewani dapat diperoleh dari daging ayam, daging sapi, telur atau ikan. Sedangkan protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan seperti tempe, tahu, kacang merah atau kacang polong. Dan yang terakhir sayuran bisa berupa bayam, labu, brokoli, wortel, bunci, dan masih banyak lainnya.

Anda bisa mengkreasikan menu MPASI 4 bintang sendiri di rumah sesuai dengan makanan kesukaan anak. Apakah itu bubur, sup, ataupun sayuran tumisan.

Lalu bagaimana dengan mencampurkan MPASI 4 bintang dengan bubur bayi kemasan? Ya, misalnya buburnya dari bubur kemasan, lalu ditambahkan lauk-pauk seperti sayuran, ikan, daging atau pun tempe.

Tekstur MPASI untuk bayi usia 6 bulan harus halus Foto: Shutterstock

Apakah boleh dilakukan?

"Kita tidak pernah menganjurkan MPASI kemasan untuk dicampur dengan MPASI homemade,"ujar dr. Ayi Dilla Septarini, Sp.A saat ditemui kumparanMOM beberapa waktu lalu dalam seminar "Masak MPASI, Yuk!" di Graha Sartika Wulansari Bekasi (7/4).

Menurut dr. Dilla -sapaan akrabnya, sebaiknya menu MPASI 4 bintang hanya dikreasikan dan disajikan dengan menu makanan rumahan yang diolah oleh orang tua sendiri di rumah. Bukan mencampurnya dengan makanan atau bubur bayi kemasan. Mencampur MPASI rumahan dengan MPASI kemasan bisa merusak cita rasa dari makanan itu sendiri.

"Kalau homemade ya homemade saja. Pagi makan homemade, siangnya mau instan (kemasan) boleh. Terutama bila bepergian, yang tidak mungkin membawa peralatan masak yang banyak. Boleh-boleh saja MPASI kemasan. Tapi tidak disatukan dengan MPASI homemade. Nanti rasanya enggak karuan biasanya," katanya.

Nah, jadi sudah jelas ya, Moms. MPASI 4 bintang buatan rumah sebaiknya tidak dicampur dengan MPASI kemasan yang banyak di jual di pasaran. Bila Anda memang ingin memberikan MPASI kemasan pada si kecil, maka tak perlu mencampurnya dengan menu MPASI rumahan yang Anda olah sendiri di rumah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Masih ada artikel-artikel tentang MPASI 4 Bintang lainnya yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!

-

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21