Pencarian populer

Cegah Heartburn Saat Hamil dengan 7 Hal Ini

Ilustrasi Ibu Hamil (Foto: Thinkstock)
Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah heartburn. Kondisi tersebut membuat ibu hamil kerap merasakan panas atau sensasi terbakar di sekitar dadanya.
ADVERTISEMENT
Heartburn terjadi karena makanan yang sudah berada di dalam lambung terdesak ke arah kerongkongan akibat rahim yang semakin besar. Akibatnya, timbul iritasi pada dinding kerongkongan, karena makanan sudah bercampur dengan asam lambung yang bersifat asam.
Nah Moms, Anda bisa mencegah atau meringankan gejala heartburn saat hamil dengan melakukan 7 hal ini.
1. Hindari makanan pemicu heartburn
Ibu hamil minum teh (Foto: Thinkstock)
Beberapa makanan asam seperti jeruk, lemon, mangga dan tomat dapat memicu naiknya asam. Selain itu Anda juga perlu menghindari makanan yang menimbulkan sensasi panas seperti bawang merah, cabai, lada, bawang merah dan bawang putih. Komponen fruktan pada bawang putih tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh manusia dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada siapa saja. Jika ibu hamil mengonsumsi bawang putih secara berlebihan, maka perut dan dada bisa terisi penuh oleh gas, sehingga menyebabkan munculnya heartburn.
ADVERTISEMENT
Makanan yang mengandung lemak seperti mentega, keju dan cokelat juga perlu dihindari karena tumpukan lemak cenderung menyebabkan sensasi panas dalam pencernaan Anda. Selain itu, Anda juga harus menerapkan pola makan yang seimbang. Untuk mencegah heartburn Anda dapat mengubah pola makan dengan porsi sedikit tapi sering.
2. Konsumsi apel secara rutin
Apel hijau untuk ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Apel adalah buah yang baik untuk menetralisir asam dalam perut. Selalu sedia apel di kulkas, untuk mengantisipasi kambuhnya heartburn. Anda bisa mengolah apel menjadi beberapa aneka hidangan lezat. Misalnya saja membuat jus, sup buat, pie apel atau olahan lain sesuai dengan selera Anda.
Selain bisa menjaga kesehatan pencernaan, apel punya beberapa manfaat lagi untuk ibu hamil. Selama hamil tubuh akan mengalami banyak perubahan bentuk. Hal ini bisa merusak DNA yang ada di dalam tubuh sehingga memunculkan menyebabkan kanker.
ADVERTISEMENT
Apel hijau mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah kerusakan DNA dalam tubuh, dan menangkal radikal bebas. Sementara buah apel merah juga bermanfaat mengurangi resiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.
3. Hindari merokok
Ilustrasi rokok. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)
Nikotin dalam rokok mampu mengiritasi katup di antara perut dan kerongkongan sehingga menyebabkan heartburn. Nikotin juga dapat memicu otot sfingter berelaksasi sehingga mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan.
Selain bisa memacu heartburn, merokok saat hamil juga berbahaya bagi janin, seperti berisiko cacat jantung bawaan, cacat paru bawaan, dan kerusakan otak.
4. Kurangi minuman yang mengandung kafein dan bersoda
Piliha Teh dan Kopi Tanpa Kafein selama Hamil (Foto: Unsplash)
Bagi ibu hamil yang memiliki sakit maag akut sebaiknya memang menghindari minuman jenis ini. Kafein dan soda dapat menambah sekresi asam lambung dan menimbulkan sensasi panas yang semakin menyiksa ketika sedang terkena heartburn.
ADVERTISEMENT
Cokelat yang mengandung kafein juga sebaiknya dihindari. Cokelat kaya akan theobromine yang merupakan jenis methylxantine yang bisa menyebabkan refluks dan heartburn.
5. Hindari stres berlebihan
Ilustrasi tanda hamil (Foto: Thinkstock)
Jika Anda mengalami heartburn saat tekanan pekerjaan menumpuk, bisa jadi stres menjadi salah satu penyebabnya. Stres dapat menghambat saraf vagus yang mengarah pada pembentukan asam lambung.
Untuk mengatasinya, hindari kopi saat stres melanda dan perbanyaklah minum air putih. Lakukan relaksasi untuk meredakan stres, sehingga pikiran tenang dan heartburn pun bisa hilang, Moms. Jadi, yuk hindari faktor penyebab heartburn agar Anda bisa menikmati momen kehamilan dengan lebih nyaman.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.84