kumparan
18 Sep 2019 17:57 WIB

Ibu Menyusui Harus Makan Banyak agar ASI Melimpah, Mitos atau Fakta?

Ibu menyusui makan. Foto: Shutterstock
Ibu menyusui perlu memperhatikan asupan makanannya. Itu karena, makanan yang dikonsumsi ibu juga akan dikonsumsi bayi melalui ASI.
ADVERTISEMENT
Anda mungkin juga sering mendengar saran bahwa ibu menyusui harus makan banyak agar bisa menghasilkan ASI yang melimpah. Tapi benarkah hal itu?
Moms, diet ketat memang tidak dianjurkan untuk ibu menyusui. Hal tersebut bisa membuat ibu mudah lemas, lelah, dan lesu, sehingga bisa mengurangi produksi ASI. Penggunaan obat penurun berat badan dalam bentuk apapun juga sangat tidak diperkenankan untuk dikonsumsi ibu menyusui.
Ibu menyusui makan. Foto: Shutterstock
Meski begitu, bukan berarti Anda harus makan dalam porsi banyak atau double. Menurut konselor menyusui sekaligus founder Ayah ASI, Rahmat Hidayat, makan banyak tidak serta merta membuat produksi ASI melimpah, Moms.
"Ibu makan banyak tidak pengaruh pada produksi ASI. Makan saja secukupnya tapi bergizi sesuai dengan pedoman gizi seimbang," kata Rahmat saat ditemui di acara InvestASI: Kenali Pabriknya, Yuk! bersama Tanoto Foundation beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Gizi seimbang yang dimaksud adalah dengan memvariasikan jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Siapkan porsi kecil ketika makan namun dalam intensitas yang sering. Itu lebih baik dibandingkan Anda mengkonsumsi makanan langsung banyak namun tidak teratur.
Rahmat Hidayat, founder Ayah ASI. Foto: Yufienda Novitasari/kumparan
Lantas, bagaimana dengan mengkonsumsi banyak ASI booster? Apakah benar berpengaruh pada kuantitas ASI?
Terkait hal itu, Rahmat mengatakan, mungkin saja konsumsi ASI booster bisa membuat produksi ASI melimpah. Namun pada dasarnya, bukan karena jenis makanannya yang bisa membuat ASI banyak. Melainkan karena sugesti dan perasaan positif yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi ASI booster, bisa membuat kuantitas ASI bertambah.
"Mungkin saja, habis makan atau minum ASI booster, ASI-nya langsung banyak. Karena sekarang kan banyak ASI booster yang rasanya enak-enak. Nah karena rasanya enak, timbul rasa senang yang bisa bikin ASI banyak," katanya.
ADVERTISEMENT
"Loh terus, kalau kayak makan daun katuk gitu, kan rasanya gitu-gitu saja, belum lagi kalau harus makan setiap hari kan bosan. Tapi ada yang berhasil bikin ASI lancar pakai daun katuk, kok bisa? Bisa! Karena kita percaya diri. Percaya diri kalau setelah makan daun katuk, ASI-nya banyak," tambah Rahmat.
ibu menyusui Foto: Shutterstock
Rahmat menegaskan, agar produksi ASI lancar ibu memang harus bahagia dan percaya diri bisa menyusui bayinya. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan frekuensi menyusui si kecil, Moms. Semakin sering menyusui, maka produksi ASI akan semakin melimpah.
"Ibu juga harus rajin mengosongkan payudara. Kalau sedang tidak bisa menyusui bayinya, ya di pompa ASI-nya. Semakin sering dikosongkan, maka produksi ASI akan semakin lancar, karena prinsipnya supply dan demand, semakin tinggi kebutuhan bayi, semakin banyak produksinya," jelas Rahmat.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, sudah jelas kan? Diet memang tidak dianjurkan untuk ibu menyusui, tapi makan dalam porsi besar juga tidak lantas membuat produksi ASI Anda melimpah.
Untuk membuat produksi ASI lancar, ibu hanya perlu rajin menyusui bayi, mengkonsumsi makanan bergizi, happy dan berpikir positif!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan