kumparan
28 Jan 2019 9:17 WIB

Ide Bekal Sekolah Anak: Roti Cokelat Pisang Kismis

Roti cokelat pisang kismis yang tidak hanya lucu tapi lezat dan sehat (Foto: Shutterstock)
Anda mungkin sudah sering membawakan anak roti cokelat sebagai bekal sekolah. Tapi sekali-sekali, coba upgrade atau tingkatkan gizinya yuk, Moms! Bawakan anak roti cokelat dengan pisang dan kismis sebagai pelengkap. Pasalnya, pisang dan kismis punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan anak.
ADVERTISEMENT
Pisang mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan dan mampu mencegah sembelit. Pisang pun kaya kalsium, yang berperan dalam pembentukan tulang anak yang lebih kuat dan sehat. Jadi memberi anak pisang, tidak kalah oke dengan memberi anak keju atau susu.
Pisang juga dikenal memiliki kandungan vitamin A tinggi, yang dapat meningkatkan kesehatan mata anak dan melindungi retina mata dari segala jenis penyakit, sehingga membuat penglihatannya lebih baik. Kandungan folat atau zat besi dalam pisang, bisa memproduksi sel darah merah dengan baik, sehingga anak dapat terhindar dari anemia.
Ilustrasi pisang. (Foto: Thinkstock)
Untuk anak usia sekolah, pisang bisa menjadi bahan bakar yang baik untuk otak serta dapat menjadi sumber energi instan. Kalium dalam pisanglah yang membantu sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kemampuan otak anak. Keren, kan?
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan kismis? Mengutip Boldsky, buah anggur yang dikeringkan ini selain mempunyai rasa yang manis dan lezat, kismis juga mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan. Menyehatkan gigi
Kismis mampu merawat gigi sebab mengandung asam oleanolic yang mampu melindungi gigi dari pembusukkan. Asam ini juga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Mulai dari menjaga pencernaan sampai meningkatkan jumlah darah berkat zat besi, vitamin B kompleks, dan mineral lain yang dikandungnya.
Ilustrasi kismis. (Foto: Dok. Thinstock)
Zat antioksidan yaitu polifenol catechin yang dimiliki kismis mampu memerangi radikal bebas. Sementara fitonutrien yang merupakan salah satu zat antioksidan di dalam kismis mampu merawat mata si kecil.
Karena kaya akan zat besi dan kalsium, kismis pun mampu menguatkan tulang anak. Glukosa dan fruktosa di dalamnya mampu meningkatkan penyerapan vitamin sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Anak pun jadi enggak gampang sakit, deh!
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana cara membuat roti kaya gizi ini?
Anda hanya perlu menyiapkan roti, selai cokelat, irisan pisang dan beberapa butir kismis, Moms. Oles roti dengan selai, susun irisan pisang lalu selipkan kismis di antaranya. Supaya anak tertarik memakannya, coba susun irisan pisang dan kismis hingga menyerupai telinga, mata, dan hidung beruang. Anda juga bisa menggunakan butiran cokelat yang pasti membuat roti bekal sekolah anak ini semakin lezat. Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan