Pencarian populer

Ide Ngabuburit Seru Bersama Anak yang Bisa Dicoba Sekarang Juga!

Ngabuburit sama anak bisa menyenangkan, lho! Foto: Shutterstock

Isi waktu menjelang berbuka alias ngabuburit bersama anak dengan cara-cara menyenangkan yuk, Moms! Kalau bisa dilalui dengan menyenangkan, pasti tidak terasa lama dan malah jadi lebih bermakna. Apa saja idenya?

Ilustrasi Anak Muslim Foto: Shutterstock

1. Story telling time!

Kalau waktu menjelang tidur, Anda sering mendongeng tentang cerita fiksi, nah Anda bisa menceritakan kisah nabi-nabi yang menginpirasi saat ngabuburit, Moms.

Tak cuma itu, di lain kesempatan, ceritakan juga tentang tradisi Ramadhan di tiap daerah maupun negara. Bukan hanya seru, tapi juga menambah wawasannya si kecil.

2. Membuat dekorasi Ramadhan

Supaya menjalani ibadah puasa makin semangat, buatlah suasana rumah Anda juga mendukung, Moms. Anda bisa mengajak si kecil membuat dekorasi Ramadhan untuk dipasang di kamar atau ruang belajarnya.

Misalnya gambar seorang anak menggunakan peci atau kerudung, ditambah kata-kata penyemangat puasa. Bahannya dari kertas warna-warni, spidol, hingga karton bekas tisu gulung, misalnya. Seru!

Ilustrasi dekorasi Ramadhan Foto: Shutterstock

3. Membuat kartu ucapan

Selain dekorasi, ajak ia juga berkreasi membuat kartu ucapan untuk Lebaran nanti, berisikan kata-kata manis. Tambah foto dirinya yang sudah dicetak dan gambar warna-warni juga menarik.

Nanti sewaktu hari Lebaran tiba, tujukkan kepada kakek-nenek dan om-tantenya si kecil. Boleh jadi mereka akan merasa terharu, sebab tak menyangka masih mendapat ucapan Lebaran versi cetak, di zaman yang serba digital saat ini.

4. Membuat takjil dan makanan utama bersama

Kalau biasanya sajian buka puasa keluarga diperoleh dari membeli makanan siap makan, maka saat sedang berkumpul bersama, tak ada salahnya untuk memasak sendiri, Moms.

Justru lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Libatkanlah anak, misal dalam memotong dan mencuci sayuran. Sambil memasak, beri tahu ia cara membuat menu-menu masakan ini, dengan begitu ia sedang belajar menghargai makanan serta mengasah keterampilan memasak.

Memasak bersama anak menumbuhkan kreativitas. Foto: Pixabay

5. Menyiapkan takjil untuk dibagi

Pada hari lainnya, kali ini Anda dan anak dapat membuat takjil untuk dibagi-bagikan. Misalnya, bisa mengirimnya ke panti asuhan, maupun membuat pos sementara di depan rumah, bertuliskan 'takjil gratis'. Jadi siapa saja yang lewat, boleh mengambilnya. Si kecil pun tengah belajar berbagi dan mengasah rasa empatinya terhadap orang lain.

6. Jalan-jalan di sekitar rumah

Cuaca menuju buka tak lagi menyengat dan menyenangkan pula untuk dinikmati dengan jalan kaki. Hitung-hitung, Anda dan si kecil sedang olahraga ringan yang memang bermanfaat untuk kesehatan nih saat ngabuburit!

Selain itu, sambil mengasah sisi sosial si kecil saat bertemu dan menyapa tetangga di jalan. Siapa tahu si kecil dapat teman sebaya yang baru.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36