Pencarian populer

Ingin Cepat Hamil? Kenali 9 Tanda Wanita Subur

Ilustrasi wanita subur yang cepat hamil. Foto: Unsplash
Ketika Anda dan pasangan sepakat melepas kontrasepsi dan mencoba untuk hamil lagi, mungkin sebagian dari diri Anda merasa gelisah. Entah karena belum siap hamil atau khawatir sistem reproduksi Anda tak sesubur dulu.
ADVERTISEMENT
Khawatir tentang fertilitas sebenarnya wajar saja, Moms. Kesuburan seorang wanita pada dasarnya dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, dan faktor genetik.
Ingin tahu apakah Anda wanita yang sangat subur secara biologis? Berikut tanda-tandanya:
1. Menstruasi Datang Teratur
Ilustrasi menstruasi Foto: Shutterstock
Sebagian wanita rutin menghitung siklus menstruasi atau bahkan mengunduh aplikasi khusus di smartphone untuk mengetahui hal itu. Nah jika menstruasi Anda datang tiap 25-35 hari, artinya Anda cukup subur, Moms.
Semakin panjang siklus menstruasi, artinya Anda memiliki banyak indung telur. Wanita yang subur juga punya siklus menstruasi yang teratur. Hal ini berlaku untuk siklus menstruasi yang tidak dipengaruhi pil KB.
2. Anda Mempengaruhi Menstruasi Wanita Lain
Pernahkah Anda datang bulan bersamaan dengan beberapa teman kerja dalam satu ruangan? Ternyata itu bukan kebetulan saja, Moms. Mengutip laman Bustle, wanita yang memancarkan feromon yang kuat akan mempengaruhi siklus menstruasi wanita di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
3. Punya Cairan Vagina yang Melimpah
Ilustrasi vagina. Foto: Shutterstock
Wanita sebenarnya paling subur selama setengah siklus menstruasinya. Pada masa ini Anda mungkin sering mendapati cairan bening tak berbau keluar dari vagina Anda. Melimpahnya cairan vagina juga menandakan kesuburan Anda. Cairan vagina berfungsi sebagai transportasi sperma untuk sampai ke leher rahim.
4. Jumlah Aliran Darah Normal
Banyaknya darah yang keluar saat menstruasi ternyata juga bisa menjadi tanda kesuburan seorang wanita. Wanita yang subur mengeluarkan darah menstruasi yang tak terlalu banyak, tak terlalu sedikit.
Mengutip laman Health Line, normalnya wanita kehilangan darah sekitar 30-60 ml tiap menstruasi.
5. Produksi Hormon Lancar
Ilustrasi Tidur. Foto: Shutterstock
Aktivitas hormonal juga memegang peran penting dalam kesuburan seorang wanita. Perhatikan jika Anda sering terbangun karena gerah atau berkeringat di malam hari. Bisa jadi itu tanda abnormalitas pada hormon Anda. Sebaiknya konsultasikan pada dokter Anda.
ADVERTISEMENT
6. Riwayat Kesehatan Baik
Aktif secara seksual artinya Anda harus rajin memeriksa kesehatan organ reproduksi secara berkala. Pastikan Anda bebas dari infeksi saluran kemih atau penyakit menular seksual. Wanita yang rutin menemui ginekolog berisiko lebih rendah terkena infeksi panggul yang dapat menghalangi tuba fallopi yang menghasilkan indung telur.
7. Pola Makan Anda Sehat
Ilustrasi makan siang sehat. Foto: Shutter stock
Ya Moms, gaya hidup sangat mempengaruhi fertilitas Anda. Pastikan Anda rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin. Kekurangan vitamin D dan terlalu sering mengkonsumsi kafein terbukti dapat mengurangi kesuburan.
8. Pernah Hamil Meski Saat Menggunakan Kontrasepsi
Dalam beberapa kasus langka, wanita tetap bisa hamil meski sedang menggunakan kontrasepsi berupa KB spiral atau pil KB. Jika bukan karena kesalahan teknis, hal ini bisa menandakan wanita tersebut sangat subur secara biologis.
ADVERTISEMENT
9. Payudara Berkembang Baik
ASI perah dari payudara kiri dan kanan bisa berbeda jumlahnya Foto: Shutterstock
Ukuran payudara juga dipengaruhi oleh level hormon, Moms. Artinya, wanita yang memiliki ukuran payudara relatif besar mengindikasikan hormon dalam tubuhnya berfungsi baik dan bisa jadi ia sangat subur.
Bukan berarti wanita dengan payudara kecil tidak bisa hamil atau tidak subur. Ukuran payudara hanya salah satu tanda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80