Pencarian populer

Insomnia Khas Ibu-Ibu Menjelang Lebaran, Apa Sebabnya?

Insomnia (Foto: Thinkstock )
Tubuh Anda sudah terasa lelah sekali. Anda juga tahu bahwa segudang pekerjaan sudah menunggu Anda esok pagi bahkan subuh nanti. Apalagi menjelang Lebaran seperti ini, hal-hal yang harus ibu lakukan seolah tak ada habisnya. Tapi herannya, Anda malah tidak bisa tidur seolah terserang insomnia tiba-tiba! Apa yang terjadi?
ADVERTISEMENT
"Banyak ibu yang mengalami masalah atau gangguan tidur. Sayangnya, banyak juga yang menyepelekan ini," kata Jodi A. Mindell, PhD, profesor psikologi dari Universitas St. Joseph's, Philadelphia, Amerika Serikat sebagaimana dikutip dari bukunya Sleep Deprived No More: From Pregnancy to Early Motherhood. "Mereka sering lupa, gangguan tidur memiliki dampak besar bagi kesehatannya maupun kesehatan seluruh anggota keluarga."
Sekarang, coba pahami dulu apa paling umum menyebabkan Anda sulit tidur. Umumnya Moms, orang sulit tidur karena rasa cemas, stres dan depresi. Padahal, kurang tidur juga membuat Anda semakin cemas, cepat stres dan lebih mudah mengalami depresi.
Stres orang tua berpengaruh pada anak. (Foto: Thinkstock)
Cari tahu sebabnya segera. Apa yang Anda cemaskan atau membuat Anda stres? Rencana mudik atau silaturahmi? Rumah yang belum juga beres menjelang open house? Asisten rumah tangga yang bilang akan kembali tapi sudah pulang mudik membawa semua baju-bajunya? Atau rencana-rencana yang Anda buat agar hari raya menjadi istimewa tapi sepertinya tidak dapat terlaksana?
ADVERTISEMENT
Tenang, Moms. Sebaiknya Anda jangan memaksa atau menyiksa diri sendiri. Ingat, apa sebenarnya makna dari bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Utamakan kesehatan Anda agar Anda juga mampu menjaga kesehatan anak dan seluruh anggota keluarga.
Usahakan untuk tetap dapat beristirahat karena tubuh Anda jelas membutuhkannya. Anda bisa 'mencuri' waktu tidur di siang hari saat si kecil tidur mungkin?
Mendengarkan musik (Foto: Thinkstock )
Coba juga untuk melakukan ritual sebelum tidur yang dapat membuat Anda relaks. Entah itu minum segelas coklat hangat, membaca beberapa halaman novel yang sudah lama ingin Anda tamatkan, mendengarkan musik lembut favorit Anda atau memakai masker wajah misalnya.
Menurut Mindell, ritual sebelum tidur penting untuk semua orang, tidak hanya untuk bayi atau balita saja.
ADVERTISEMENT
Jadi, setelah mencuci piring atau membereskan rumah di malam hari jangan buka laptop atau cek email Anda di kamar, Moms. Lebih baik, redupkan lampu, lakukan sesuatu yang dapat membuat diri Anda senang dan tenang, tarik napas dalam-dalam dan pejamkan mata.
Tips bumil tidak stres saat hamil (Foto: Thinkstock)
Apapun terasa kurang atau tidak beres menjelang Lebaran ini, tidak perlu membuat Anda melupakan pentingnya kesehatan Anda. Lagipula dengan doa dan bila Tuhan berkehendak, yakinlah masih ada Lebaran tahun depan. Selamat tidur, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81