kumparan
28 Apr 2018 16:52 WIB

Kenapa Bayi Perlu Bersendawa Sehabis Menyusu?

ilustrasi Bayi (Foto: Pixabay)
Setelah minum ASI atau susu formula dari botol, pernahkah Anda mendapati bayi bersendawa sendiri Moms?
ADVERTISEMENT
Tenang saja, hal itu normal kok. Anda tidak perlu khawatir atau merasa cemas. Justru sendawa pada bayi setelah menyusu penting dan memberi manfaat untuknya.
Ketika si kecil minum ASI perah atau susu formula dari botol, gelembung udara bisa saja turut masuk hingga terkumpul di lambungnya. Jika tidak dikeluarkan dengan cara bersendawa, udara yang tertahan di lambungnya ini malah dapat menimbulkan kembung pada bayi.
Ingin tahu lebih banyak lagi manfaatnya? Yuk, simak rangkuman kumparanMOM (kumparan.com) berikut ini:
Membuang Gas
Ilustrasi ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Melalui sendawa, gas yang terkumpul di lambung bayi bisa terbuang. Sehingga, kembung pun bisa dihindari. Sehingga, si kecil tidak akan menangis keras yang justru bisa memperparah kembungnya.
Waspadai Moms, kembung yang tak segera ditangani pada bayi bisa menimbulkan masalah yang serius. Bahkan, perlu dilakukan pembedahan jika sampai terjadi penyumbatan saluran anus baik total maupun sebagian.
ADVERTISEMENT
Dr. Muzal Kadim, Sp.A(K) dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebut, jika kembung pada bayi bisa mengakibatkan gangguan pencernaan lain seperti muntah, diare, sakit perut, hingga konstipasi.
Mengurangi Tekanan Saluran Cerna
Bukan saja lambung, tapi saluran cerna pun dapat lebih lega dengan adanya sendawa. Jika begitu, sistem pencernaan bayi pun juga bisa lancar dan baik lho, Moms.
Bayi Tenang
Ilustrasi Bayi Tidur Nyenyak (Foto: Tara Raye/Unsplash)
Setelah bersendawa, lega rasanya. Lambung dan saluran cerna tak lagi terbebani dan tertekan. Maka, bayi pun bisa kembali tenang beraktivitas atau tidur kian nyenyak.
Bagaimana bila bayi tidak dapat bersendawa sendiri? Bantulah si kecil dengan menyendawakannya. Anda dapat membaca tips menyendawakan bayi, di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·