Pencarian populer

Lebih Baik Mana, Anak Membaca atau Menghafal Al Quran?

Ilustrasi anak membaca Al Quran. Foto: Shutterstock

Anda pasti bangga jika anak rajin membaca Al Quran pada bulan Ramadhan ini. Apalagi jika si kecil melakukannya dengan rutin.

Ya Moms, membaca Al Quran termasuk salah satu ibadah yang diutamakan pada bulan puasa. Sebab, Al-Quran sendiri diturunkan pada bulan Ramadhan. Hal itu dijelaskan pada Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Ilustrasi ibu dan anak membaca Al-Qur'an Foto: Shutterstock

Banyak ulama menyarankan agar umat Islam membaca Al Quran hingga khatam atau menghafal surat demi surat. Namun, mana yang lebih baik dilakukan anak, Moms?

Ustaz Mu'ammar Abdullah At Tamimi menjelaskan ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan muslim agar akrab dengan Al Quran.

"Pertama, pelajari cara membaca Al-Quran dengan benar, yakni harus sesuai tajwid. Bagaimana membaca panjang pendeknya, makhraj atau tempat keluarnya huruf, dan sesuai harakat. Sebab jika ketiga hal ini salah, bisa mengubah makna ayat," papar Ustaz Mu'ammar saat ditemui kumparanMOM pada Kamis (16/5) dalam kajian yang digelar Gazala Al Birru.

Kedua, setelah paham cara membaca Al-Quran sesuai tajwid, barulah anak bisa mulai belajar menghapalnya.

"Jangan coba-coba menghafal Al Quran ketika bacaan belum benar. Jika terlanjur menghagal dulu, maka akan susah membenarkan bacaannya. Jadi semangat menghafal Al Quran harus didasari dengan ilmu tajwid," tambah Ustad Mu'ammar.

Ilustrasi mengajari anak baca Al Quran. Foto: Shutterstock

Sambil menghafal surat demi surat, anak juga bisa mulai belajar terjemahan dan tafsir Al Quran. Tujuannya, agar anak juga mengerti maksud firman Allah yang dibacanya. Ustaz Mu'ammar menyarankan agar setiap muslim memiliki kitab Al-Quran terjemahan dan tafsirnya.

Keempat, Al Quran tak hanya berfungsi sebagai bahan bacaan atau hafalan, melainkan harus diamalkan. Doronglah anak untuk mengamalkan apa yang dipelajarinya dalam Al Quran.

Nah Moms, artinya membaca atau menghafal Al Quran sama-sama baik untuk anak. Namun ada urutan yang sebaiknya dipenuhi agar proses pemahaman Al Quran jadi lebih baik.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.55