Pencarian populer

Manfaat Konsumsi Vitamin Pranatal

Ilustrasi vitamin pranatal. (Foto: Thinkstock)

Vitamin pranatal adalah multivitamin yang dirancang untuk dikonsumsi selama masa kehamilan dan persiapan menyusui. Jumlah vitamin dan mineral dalam suplemen ini aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang mencoba untuk hamil, saat hamil, pascamelahirkan dan saat menyusui. Beberapa vitamin pranatal khusus biasanya juga mengandung komponen tertentu, seperti DHA, yang merupakan asam lemak omega-3.

Dilansir Very Well Family, vitamin pranatal bermanfaat untuk membantu mempertahankan jumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan. Vitamin pranatal juga didukung oleh nutrisi-nutrisi yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi vitamin pranatal dapat memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh yang berfungsi untuk memproduksi dan mempertahankan sel baru saat hamil, serta bermanfaat untuk mencegah kanker. Tak hanya itu, asam folat juga dapat mengurangi risiko anemia, preeklampsia, kelahiran prematur, dan keguguran.

Vitamin prenatal juga memiliki kandungan mineral lain seperti zat besi, kalium, kalsium, vitamin D, DHA dan yodium. Saat hamil, tubuh Anda membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak dari biasannya. Jadi penting untuk Anda mengonsumsi sayur, buah dan juga suplemen yang mengandung zat besi tinggi seperti vitamin pranatal.

Kapan Harus Mengonsumsi Vitamin Pranatal?

Idealnya, Anda bisa mulai mengonsumsi vitamin pranatal beberapa bulan sebelum Anda merencanakan kehamilan. Tapi alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi pada dokter kandungan Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi vitamin pranatal.

Siapa yang Membutuhkan Vitamin Pranatal?

Ibu yang kekurangan asam folat, zat besi, dan kandungan lainnya yang mendukung keberhasilan kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin pranatal. Jika dari buah atau sayur saja tidak cukup, vitamin ini bisa membantu Anda, Moms.

Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk memenuhi kandungan vitamin selama masa kehamilan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.40