Pencarian populer

Manfaat Menemui Psikolog meski Anak Anda Baik-baik Saja

Ilustrasi anak bertemu psikolog (Foto: Thinkstock)
Sejauh ini Anda sebagai orang tua merasa sudah becus mengurus si kecil. Sejauh ini pula, Anda merasa si kecil baik-baik saja.
ADVERTISEMENT
Tapi ternyata, belum cukup sampai di situ, Moms. Bukan hanya anak maupun orang tua yang memiliki dan menunjukkan masalah saja yang dapat memperoleh manfaat dengan menemui atau berkonsultasi dengan psikolog.
Hal ini disampaikan oleh Mack Hicks, Ph.D., psikolog dan penulis The Digital Pandemic: Reestablishing Face-to-Face Contact in the Electronic Age seperti yang dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari laman Psychology Today.
Para psikolog anak dan keluarga misalnya, dapat memberi Anda informasi atau panduan untuk mengenal kepribadian, ketertarikan, kekuatan maupun kelemahan anak secara intelelektual yang tentunya sangat berguna.
Selain itu, mendiskusikan perkembangan anak dan pola asuh Anda dengan psikolog, dapat membantu Anda menentukan arah dan sikap hingga memaksimalkan pengasuhan Anda.
Kok, bisa? Ya, karena seorang psikolog dapat membantu Anda melihat secara objektif tentang kondisi anak yang sesungguhnya.
ADVERTISEMENT
Ini akan membantu anak maupun Anda sebagai orang tua membuat berbagai keputusan. Misalnya penetapan disiplin, kesiapan si kecil bersekolah, dan banyak hal lainnya.
Tidak jarang, orang tua yang menemui psikolog juga terbantu mengenali diri mereka sendiri sehingga dapat mengurangi kebingungan dan atau kecemasan sebagai orang tua, khususnya orang tua baru.
"Saya menemukan banyak orang dewasa yang sering membuat kesalahan terus-terusan. Mereka lalu menyalahkan dan menghukum diri sendiri. Misalnya dalam masalah relasi marital, pengasuhan hingga finansial keluarga,” kata Mack Hicks.
Menemui psikolog juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional Anda maupun anak.Salah satu ciri orang yang memiliki kesehatan mental dan emosional adalah dapat membuka diri.
Faktanya, banyak orang yang enggan dan takut membuka diri karena pernah mengalami tidak enaknya dihakimi. Nah, psikolog adalah tenaga profesional yang dapat mendengarkan dan memberi saran pada Anda tanpa mengahakimi.
ADVERTISEMENT
Jadi, sudah siap mengagendakan pergi ke psikolog, Moms?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80