Pencarian populer

Moms, Ajarkan Etika ini Saat Anak Menerima Uang Lebaran

Ilustrasi anak menerima uang lebaran. (Foto: Thinkstock)

Membagikan uang saat Lebaran kepada anak hampir selalu jadi momen yang tak terlewatkan saat Hari Raya Idul Fitri.

Ada yang membagikannya dengan amplop berhias berbagai karakter, dan ada pula yang memberikan uang tanpa amplop. Tentu saja, momen ini merupakan waktu yang paling dinanti-nantikan si kecil. Bahkan, tak jarang sebagian dari mereka telah menyediakan sebuah tas khusus, demi mengumpulkan dan menyimpan uang Lebaran tersebut. Wah!

Nah, sebelum anak menerima uang Lebaran, pastikan Anda telah mengajarkan 5 etika yang telah dirangkum kumparanMOM berikut ini. Apa saja?

1. Ucapkan Terima Kasih

Sebelum pergi bersilaturahmi, ingatkan anak dengan lembut agar selalu mengucapkan terima kasih apabila nantinya ia diberikan uang Lebaran oleh sanak keluarga, baik itu dari om, tante, kakek atau nenek. Seperti "Nak, jangan lupa ucapkan terima kasih kalau nanti diberi uang Lebaran, ya".

2. Minta Anak Agar Bersalaman Setelah diberi Uang

Ada anak yang kegirangan setelah diberi uang, hingga lupa mengucapkan terima kasih atau menyalami om atau tante yang memberikan uang kepadanya. Oleh sebab itu, ingatkan anak agar tak lupa menyalami keluarga yang memberikannya uang, sambil mengucapkan terima kasih dan mohon maaf lahir dan batin.

Tapi, ingat ya, Moms, minta anak agar mengarahkan tangan keluarga yang ia salami ke dahi, bukan ke hidung atau mulut untuk menghindari bakteri, virus, maupun kuman yang mudah terhirup anak.

3. Tak Semua Keluarga Memberi Uang Lebaran

Jelaskan pada anak pula, bahwa tak semua rumah keluarga yang ia kunjungi saat Lebaraan akan memberikan uang. Jadi minta ia agar tidak merengek, menggerutu apalagi meminta uang apabila ada keluarga yang tidak memberikannya.

Di samping itu, sampaikan juga, mungkin ada beberapa keluarga yang tidak memberikan amplop. Melainkan hadiah menarik yang tetap harus diterima dengan tulus hati.

Ilustrasi anak menerima uang lebaran. (Foto: Thinkstock)

4. Jelaskan Manfaat Uang

Ajari si kecil mengenai manfaat dari uang yang telah terkumpul. Seperti mengajarinya untuk beramal, menabung sebagian uang yang diterimanya maupun menyenangkan orang-orang yang ia sayang. Misalnya dengan membelikan buku favorit kakak atau membelikan kado untuk salah saudara terdekat yang akan segera berulang tahun.

Ilustrasi anak mendapat amplop Lebaran. (Foto: Thinkstock)

5. Jumlah Uang Lebaran itu Bervariasi

Katakan pada anak mungkin jumlah uang Lebaran yang diberikan oleh keluarga kepadanya atau ke kakaknya akan berbeda. Jadi, mintalah anak Anda yang lebih kecil agar tidak protes dan menerima berapapun yang diberikan secara sukarela. Misalnya seperti "Dik, karena usia kakak lebih tua mungkin dia akan diberi uang dengan jumlah lebih besar. Jadi, kamu harus terima ya, enggak boleh ngambek. Nanti akan ada saatnya adek seperti kakak".

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32