kumparan
28 Agu 2019 21:30 WIB

Nama Bayi Laki-laki yang Terinspirasi dari Mitologi Yunani

nama bayi yang terinspirasi mitologi Yunani Foto: Shutterstock
Moms, apakah Anda sedang bingung mencari inspirasi nama bayi dari berbagai sumber? Coba deh, cari dari mitologi Yunani.
ADVERTISEMENT
Mitologi Yunani adalah kumpulan cerita tentang pahlawan, dewa, dan ritual orang Yunani kuno dan membentuk bagian dari agama zaman Yunani kuno. Kisah-kisah ini memiliki pengaruh luas pada seni dan sastra peradaban dunia. Termasuk pengaruh pada pemberian nama bayi tentunya.
Namun memang, jumlah nama-nama dalam mitologi Yunani ada banyak sekali. Belum lagi, Anda harus cek latarbelakang nama tersebut untuk memastikan kisah di baliknya baik. Tidak mau kan, kalau si kecil menyandang nama dengan kisah yang buruk?
Nah, supaya Anda tidak repot, kumparanMOM memilihkan nama-nama yang tidak hanya baik tapi juga cocok untuk zaman modern ini. Yuk, baca terus sampai habis untuk mengetahuinya.
Ilustrasi bayi laki-laki Foto: Jarmoluk/Pixabay
Achilles:
Achilles adalah nama seorang pejuang hebat dalam legenda Yunani. Ia kerap dijadikan lambah kekuatan, keperkasaan dan pahlawan yang tak ada tandingannya.
ADVERTISEMENT
Aeolus:
Aeolus adalah Dewa angin Yunani. Dia adalah putra Helen dan Ormies peri.
Ajax:
Nama Ajax sempurna jika Anda mencari nama anak lelaki yang kuat. Ajax adalah pahlawan Yunani dan memainkan peran penting dalam puisi epik karya penyair Yunani kuno -Homer, tentang Ilium (kota Troya).
Argus:
Argus berasal dari kata Yunani Argos, yang berarti 'bersinar'. Argus adalah orang yang membangun Argo (kapal yang digunakan Jason dan Argonaut berlayar).
Aristaeus:
Aristaeus adalah putra Apollo dan Cyrene fana. Dia adalah Dewa pertanian dan ternak.
Apollo:
Apollo adalah Dewa musik, seni, pengetahuan dan pencerahan dalam mitologi Yunani. Dia adalah putra Leto dan Zeus.
Ilustrasi bayi kembar. Foto: Shutterstock
Castor:
Castor adalah saudara kembar Pollux dalam mitologi Yunani. Keduanya sangat dekat. Dikisahkan bahwa ketika Caston meninggal, Pollux memohon pada Zeus untuk membiarkan mereka tetap bersama. Atas izin Zeus, Castor dan Pollux pun diubah menjadi rasi bintang.
ADVERTISEMENT
Cephalus:
Dalam legenda Yunani, Cephalus adalah suami yang terkenal setia pada istrinya meski dikejar oleh Dewi Eos. Namanya berarti 'kepala'.
Cepheus:
Cepheus adalah raja Ethiopia dan suami Cassiopeia dalam legenda Yunani. Setelah kematiannya, ia berubah menjadi rasi bintang menjadi rasi bintang di langit.
Damon:
Damon adalah Dewa dari mitologi Yunani, yang melambangkan kepercayaan dan kesetiaan dalam persahabatan. Dia mempertaruhkan nyawanya untuk membela temannya.
Dionysius:
Dionysus adalah Dewa yang identik dengan anggur, festival, pesta dan kemeriahan. Nama ini tidak banyak dipakai sebagai nama bayi, bila Anda pilih sebagai nama si kecil mungkin tidak akan ada kembarannya!
bayi laki-laki Foto: Shutterstock
Eros:
Eros adalah putra Aphrodite, yang menyebabkan orang-orang jatuh cinta. Namanya berarti 'cinta'.
Evander:
Evander adalah pahlawan Arcadian dari Perang Troya. Ia mendirikan kota Pallantium. Evander berarti 'orang baik'.
ADVERTISEMENT
Hector:
Hector adalah Dewa yang terkenal karena menjadi pejuang terbesar bagi Troy dalam Perang Troya. Dia adalah putra Raja Priam dan Ratu Hecuba.
Hermes:
Hermes adalah Dewa perdagangan dan perjalanan dalam mitologi Yunani. Dia adalah putra Maia dan Zeus. Cocok jadi nama bayi pilihan bila Anda ingin si kecil kelak jadi pengusaha ya, Moms.
Dalam Mitologi Yunani, Paris juga nama bayi laki-laki lho, Moms Foto: Pixabay
Jason:
Jason adalah pahlawan Yunani yang terkenal karena perannya sebagai pemimpin Argonauts (sekelompok pahlawan dalam mitologi Yunani). Kalau diibaratkan dengan jagad Marvel Cinematic Universe Universe, Jason adalah Iron Man-nya.
Paris:
Nama ini mungkin Anda kenal sebagai nama anak perempuan, tetapi dalam mitologi Yunani, Paris merupakan nama anak laki-laki. Paris merupakan Pangeran Troya, putra Raja Priam dan Ratu Hecuba dan adik dari Hector. Dia menikahi Helen, ratu Sparta dan membawanya ke Troya.
ADVERTISEMENT
Perseus:
Perseus merupakan manusia setengah dewa dalam mitologi Yunani yang menyelamatkan Putri Andromeda (anak Raja Aethiopian Cepheus dan Cassiopeia) dari monster laut. Dia juga terkenal karena berhasil mengalahkan Medusa, monster dengan ular berbisa hidup sebagai pengganti rambut di kepalanya.
nama bayi laki-laki Foto: Shutterstock
Theseus:
Theseus adalah raja, pahlawan besar, sekaligus pendiri Athena. Perannya dalam mitologi Yunani sangat besar.
Zeus:
Sebagai tokoh utama dalam Mitologi Yunani, Zeus adalah salah satu nama bayi laki-laki yang paling disukai. Dia adalah Dewa Petir dan Langit, raja dari semua dewa dan manusia.
Nah Moms, nama bayi yang mana yang paling Anda suka? Jangan lupa, agar lebih yakin, cari tahu lebih dalam kisah Mitologi Yunani yang terkait dengan nama yang Anda pilih, ya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan