kumparan
20 Apr 2018 16:54 WIB

Panduan Memilih Sekolah Anak, Tanpa Terobsesi dengan Sekolah Favorit

Tiga Penulis Buku Panduan Memilih Sekolah (Foto: Prameshwari Sugiri)
Apakah saat ini Anda sedang memilih sekolah untuk anak, Moms? Seperti apa sekolah yang Anda cari?
ADVERTISEMENT
Kebanyakan orangtua, menggunakan acuan sekolah favorit sebagai pilihan terbaik sebagai sekolah anaknya. Dan yang dapat gelar sekolah favorit, umumnya adalah sekolah yang menjadikan capaian nilai akademis dan gelar juara sebagai ukuran keberhasilan. Maklum saja, dapat dibilang selama ini acuan tersebutlah yang dianggap efektif dan terlihat sukses.
Namun, zaman berubah. "Anak-anak zaman sekarang lahir di zaman yang sama sekali berbeda: zaman berkelimpahan, akses informasi sangat mudah, ritme kehidupan yang cepat dan pilihan cara hidup yang beragam. 'Anak zaman now' lahir dan tumbuh menjadi generasi yang berbeda," ujar Najelaa Shihab dalam acara peluncuran buku Panduan Memilih Sekolah untuk Zaman Now yang diadakan di Eat & Eat, FX Sudirman, Jakarta, pada Rabu 11 April 2018 lalu.
Suasana Peluncuran buku Memilih Sekolah (Foto: Prameshwari Sugiri)
Tokoh pendidikan yang menginisiasi banyak inisiatif pendidikan ini menjelaskan, perubahan zaman ini membawa perbedaan pula pada tantangan kerja di masa depan anak.
ADVERTISEMENT
Lihat saja contohnya, kalau pekerjaan rutin dan manual hari ini saja sudah mulai diambil alih proses otomatisasi melalui robot bagaimana dengan 20 tahun yang akan datang ketika si kecil lulus sekolah? Artinya, memilih sekolah yang menjadikan capaian nilai akademis dan gelar juara sebagai ukuran keberhasilan sudah tidak bisa lagi jadi 'jaminan'.
Inilah yang mendorong tim penulis, Bukik Setiawan, Andrie Firdaus dan Imelda Hutapea untuk menulis buku Panduan Memilih Sekolah untuk Anak Zaman Now.
Ketiga penulis ini berasal dari latar belakang berbeda yaitu dari ahli pendidikan, praktisi SDM dan praktisi PAUD. Tidak heran kalau buku yang mereka tulis menjanjikan panduan yang diperkuat bukti riset tapi tetap praktis sebagai panduan bagi orangtua dalam menentukan masa depan anak.
Acara Peluncuran Buku Panduan Memilih Sekolah (Foto: Bukik Setiawan)
"Buku ini lebih dari sekadar kumpulan informasi yang berdasar ilmu dan bukti, tetapi isinya juga merangsang keterlibatan orang tua serta mendorong perbaikan kualitas sekolah. Harapan kami, buku ini akan memancing berbagai percakapan bermakna di dalam banyak ruang kelas dan keluarga,” ujar Bukik pada kumparanMOM (kumparan.com) sore itu.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, buku ini juga dapat memberi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang kerap muncul di benak orang tua saat hendak memilih sekolah untuk anak.
Misalnya bagaimana cara memilih pendidikan dasar yang dapat menjadi fondasi pembiasaan atas sikap dan pembentukan karakter? Atau kapan dan sejauh apa anak diperbolehkan memilih sekolahnya sendiri? Bagaimana mengatasi rasa khawatir kalau anak salah memilih sekolah sehingga masa depannya nanti terpuruk? Hingga sekolah seperti apa yang dapat membekali anak dengan keterampilan yang dibutuhkan 20 tahun ke depan?
Penting banget kan, Moms! Tapi buku ini tidak dijual di toko buku. Bila Anda tertarik memilikinya klik saja laman resmi Memilih Sekolah atau kunjungi akun Instagram @memilihsekolah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·