Pencarian populer

Perkiraan Biaya Kelahiran Cucu Kedua Jokowi

Bobby Nasution, suami dari Kahiyang Ayu melakukan konferensi pers soal kelahiran anak pertamanya. (Foto: Kris/Biro Pers)

Putri satu-satunya Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, melahirkan anak pertamanya di Rumah Sakit (RS) YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/8). Kahiyang diketahui sudah berada di RS YPK Mandiri sejak Selasa (31/7) malam. Dibantu oleh Prof. dr. Endy M Moegni, SpOG (K), istri dari Bobby Nasution ini, akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan melalui operasi caesar pada pukul 05.50 pagi. Endy Moegni adalah Guru Besar di FKUI sekaligus Direktur utama yang mengepalai manajemen Rumah Sakit YPK Mandiri.

Menurut laman resmi YPK Mandiri, rumah sakit ini sudah berdiri sejak tahun 1960. Diawali dengan Rumah Sakit Bersalin, kemudian menjadi rumah sakit pusat layanan kesehatan perempuan dan anak (RSIA), sekarang menyesuaikan diri dengan tuntutan regulasi pelayanan kesehatan menjadi rumah sakit umum. Meski begitu, unggulan utama pelayanan rumah sakit ini tetap sebagai pusat pelayanan Obstetrik, Ginekologi dan Anak.

Anda yang ingin tahu seperti apa Rumah Sakit tempat cucu kedua Jokowi dilahirkan dapat melihatnya dalam tautan video berikut ini:

Lantas berapa ya, biaya persalinan Kahiyang?

Seperti juga rumah sakit - rumah sakit lainnya, ini tergantung dari kelas kamar perawatan yang dipilih, Moms. Tak hanya kamar perawatan, biaya persalinan normal dan caesar pun berbeda. Selain itu, berbagai kondisi ibu maupun bayi serta tindakan dan obat-obatan yang diberikan juga dapat membuat perbedaan biaya bersalin antara satu ibu dan ibu lainnya.

Sementara hingga siang ini, Kahiyang dan anaknya belum dibawa ke ruang perawatan. Putri dan cucu kedua Jokowi masih berada di ruang pemulihan di lantai 2 RS YPK Mandiri.

RS YPK Mandiri sendiri punya beberapa kelas kamar perawatan. Mulai dari kelas 3, 2, 1, VIP dan Super VIP. Menurut petugas yang dihubungi oleh kumparanMOM, perkiraan biaya bersalin normal pasien di kelas 3 RS YPK Mandiri pada bulan Agustus 2018 sekitar 10 juta rupiah, dan bila caesar menjadi 23 juta rupiah. Sementara biaya bersalin normal pasien di kelas VIP dan Super VIP diperkirakan sekitar 19 sampai 23 juta rupiah, dan bila caesar menjadi sekitar 37 sampai 42 juta rupiah.

Ilustrasi bayi. (Foto: Thinkstock)

Eka Kurnia Kartono, seorang ayah dua anak yang mendampingi istrinya melahirkan anak kedua mereka di RS YPK Mandiri pada bulan Mei lalu membenarkan hal ini. Menurut Eka, saat istrinya melahirkan di sana, Eka merogoh kocek sekitar 43 juta rupiah. "Katanya sih, biaya perkiraan itu biaya minimal. Waktu itu istri saya melahirkan caesar dengan kamar VIP. Kamar Aster namanya, di lantai 3. Habis kurang lebih 43 juta," tutur Eka.

Dengan uang yang dikeluarkannya itu, selain biaya operasi dan kamar perawatan, istri Eka memperoleh pelatihan hypnobirthing, sesi foto bayi dan jasa konselor laktasi. Eka juga menjelaskan, kamar VIP dan Super VIP di RS YPK Mandiri tidak terlalu berbeda fasilitasnya. "Kalau yang Super VIP itu lebih luas sedikit, ada meja makan dan microwave-nya. Selebihnya sama."

Meski mendapat fasilitas yang cukup lengkap, menurut Eka, RS YPK Mandiri bukan termasuk rumah sakit mewah karena banyak rumah sakit lain di Jakarta yang lebih mewah dan mematok biaya bersalin caesar sampai di atas 50 bahkan 70 juta.

"Kayaknya enggak mewah, deh. Bulan Mei lalu, Kahiyang juga lagi dirawat di YPK. Kamarnya hanya beda 1 kamar dari kamar istri saya," Eka bercerita dengan antusias, "Biasa saja, tuh. Malah saya sempat lihat, waktu Pak Jokowi datang membesuk. Pas di lobby, dia bilang, 'Permisi Ibu, Bapak...' Wah, saya sampai bengong. Tidak menyangka ada Presiden yang bilang permisi sama saya! Hahaha..."

Sedah Mirah Nasution, putri pertama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di RS YPK Mandiri, Jakarta, Jumat (3/8). (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57