kumparan
19 Agu 2019 17:14 WIB

Selvi Ananda: Jan Ethes Anak ASI

Jan Ethes dan Selvi Ananda di Moms Mingle. Foto: Willy Hadinata
Cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes Srinarendra, lagi-lagi merebut perhatian publik. Saat upacara 17 Agustus di Istana Negara yang berlangsung akhir pekan lalu misalnya, penampilan Jan Ethes dengan baju adat membuat banyak orang memujinya. Sehari setelah itu Minggu (18/8), Jan Ethes tampil menemani ibunya, Selvi Ananda, jadi pembicara di acara MOMS Minggle, yang diadakan kumparanMOM di Hotel Savero, Bogor.
ADVERTISEMENT
Kehadiran Jan Ethes dan Selvi tentu saja disambut meriah puluhan ibu yang menjadi peserta acara ini. Mereka gemas melihat aktif dan cerdasnya Jan Ethes selama acara berlangsung. Banyak juga yang berkomentar, "Ethes sudah besar, ya!"
Sang Ibu pun tampak bangga pada Ethes. "Ethes sudah 3 tahun lebih sekarang, semakin aktif, tidak bisa diam, di sekolah juga," ujarnya.
Selvi Ananda dan Jan Ethes Foto: Willy Hadinata
Usai acara, eksklusif pada kumparanMOM Selvi pun berbagi cerita tentang bagaimana ia memerhatikan betul pertumbuhan Ethes sejak lahir hingga kini masuk usai prasekolah.
Menurut Selvi, ia yakin bahwa nutrisi ASI adalah yang terbaik untuk bayi dan menyusui adalah salah satu upaya yang bisa dilakukannya sebagai ibu untuk menunjang tumbuh kembang juga kecerdasan anaknya sejak dini. Oleh karena itu, sejak Jan Ethes lahir, Selvi bertekad untuk memberinya ASI eksklusif.
ADVERTISEMENT
"Saya menyusui Ethes, ASI saja itu sampai 18 bulan," tutur Selvi seolah bernostalgia
Meski tak selalu mudah, Selvi juga bercerita kalau ia selalu semangat menyusui Jan Ethes.
"Yang buat semangat itu ya, saya rasa semua ibu tahu kalau ASI memang yang terbaik untuk bayi, untuk pertumbuhannya, untuk daya tahan tubuhnya, untuk kecerdasannya. Jadi saya memang bertekad dari awal untuk memberikan ASI eksklusif," kata menantu Presiden Joko Widodo itu.
Gibran Rakabuming, Selvi Ananda dan Jan Ethes Foto: Willy Hadinata
Selain keyakinan dan tekad yang kuat, menurut Selvi, salah satu yang turut menyukseskan proses menyusui adalah Inisiasi Menyusu Dini (IMD) yang dilaluinya saat melahirkan Jan Ethes.
Ya Moms, IMD merupakan proses di mana bayi baru lahir diletakkan di atas perut ibu, sehingga bayi mendapat kesempatan bergerak secara alami, dituntun oleh nalurinya sendiri untuk mencari puting susu ibu lalu kemudian menyusu.
ADVERTISEMENT
"Iya, dulu juga IMD. Insiasi Menyusu Dini, memang dianjurkan ya. Jadi memang begitu bayi lahir, bayi akan langsung ditempelkan di dada ibu untuk merangsang dia mencari putingnya. Itu juga bermanfaat untuk kelancaran ASI ke depannya," tutur Selvi.
Nah Moms, bagaimana dengan Anda khususnya yang tengah mengandung? Ingin mengikuti Selvi Ananda dan bertekad memberikan ASI pada si kecil juga?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan