kumparan
10 Sep 2019 14:01 WIB

Serba-serbi Menyusui yang Perlu Ibu Baru Tahu

Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
Saat hamil, Anda mungkin berpikir, menyusui adalah proses yang alami, sehingga tidak ada yang perlu dipelajari. Padahal, menyusui tidak sealami yang ibu bayangkan. Bayi memang dilahirkan untuk menyusu, tetapi mereka tidak langsung mengerti caranya.
ADVERTISEMENT
Demikian juga dengan para ibu, payudara Anda secara alami juga akan terisi ASI. Meski begitu, memahami cara menyusui dan memberikan ASI secara efektif adalah seni yang harus dipelajari oleh setiap ibu.
Proses alami menyusui mungkin tidak langsung berjalan dengan baik bagi beberapa orang ibu dan bayi. Terkadang, ada kendala yang mungkin dihadapi oleh ibu dan bayi di awal-awal masa menyusui. Kendala tersebut bisa berasal dari berbagai faktor, salah satunya karena keterbatasan informasi yang ibu ketahui soal menyusui.
Beberapa ibu mungkin baru bisa nyaman menyusui setelah melewati beberapa hari atau bahkan beberapa minggu penuh perjuangan dan air mata. Mempelajari sebanyak mungkin tentang menyusui sejak sebelum melahirkan bisa jadi cara menanggulangi masalah-masalah yang tak terhindarkan. Hal itu tentu akan sangat membantu mempercepat proses penyesuaian ibu dan bayi.
ibu menyusui Foto: Shutterstock
Banyak membaca atau mengikuti kelas menyusui sebelum melahirkan akan sangat berharga, demikian juga beberapa hal-hal di bawah ini, Moms:
ADVERTISEMENT
- Cobalah sedini mungkin. Pastikan rumah sakit tempat Anda bersalin memberikan waktu untuk menjalani Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dengan benar.
- Beritahu dokter Anda bahwa Anda akan mulai menyusui sesegera mungkin setelah IMD. Tapi ingat, usaha yang dilakukan lebih lebih dini sekalipun tidak menjamin terwujudnya proses menyusui yang mulus. Anda berdua memang harus belajar dan terus belajar.
- Buatlah tim menyusui yang terdiri dari konselor menyusui, suami, dan keluarga seperti nenek, kakek atau pengasuh.
posisi tubuh bayi saat menyusu Foto: Shutterstock
- Jangan biarkan para tamu menghalangi Anda. Pertimbangkanlah untuk membatasi kunjungan tamu pada saat-saat Anda harus menyusui. Selama tahap belajar menyusui, Anda memerlukan situasi yang tenang dan konsentrasi penuh.
- Bersabarlah jika bayi Anda memulainya dengan lambat. Ia mungkin sama lelahnya dengan Anda, Moms, bahkan mungkin lebih. Bayi yang baru lahir memang lebih sering tidur, sehingga terkadang ia malas menyusu.
ADVERTISEMENT
- Jagalah bayi Anda agar tetap terbebas dari botol doot. Pastikanlah selera makan dan naluri mengisap bayi Anda tidak dirusak selama jeda menyusui oleh tenaga kesehatan atau keluarga yang bermaksud baik dengan memberi botol berisi susu formula.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan