Pencarian populer

Serunya Berkemah di Rumah

Camping anak (Foto: Pexels)

Hore! Akhir pekan tiba! Saatnya bersenang-senang bersama si kecil tanpa gangguan. Kalau akhir minggu lalu, Anda dan keluarga sudah menghabiskan waktu di mal, bagaimana kalau minggu ini berkemah? Tahan dulu berpikir yang susah-susah, Moms! Berikan si tiga tahun 'pemanasan' dengan membangun tenda kecil di halaman rumah.

Eits, walaupun masih berada di halaman rumah juga tak kalah seru, lho! Intip tips kumparanMom () berikut supaya acara berkemah pertama anak berjalan lancar dan berkesan.

Persiapan, persiapan, persiapan

Anda tetap perlu persiapan matang, meskipun berkemah di rumah, Moms. Biarkan anak membantu Anda dalam mengecek dan mengumpulkan barang-barang yang akan digunakan seperti tenda, kompor portable, bahan makanan dan minuman, jaket, senter, sleeping bag, selimut, dan lotion anti nyamuk.

Bila perlu, libatkan si kecil jadi penanggung jawab terhadap beberapa peralatan yang harus ia bawa, misalnya jaket dan selimutnya. Dengan begitu si kecil bisa belajar soal tanggung jawab dan menjadi percaya diri karena kepercayaan yang Anda beri.

Membangun Tenda

Libatkan anak saat membangun dan menata bagian dalam tenda. Ini bisa menstimulasi keterampilan motoriknya. Jangan lupa kenalkan nama-nama dari bagian tenda sehingga menjadi ajang belajar anak mengetahui kosakata baru.

Siapkan Aktivitas Seru

Saat malam tiba, inilah saatnya melakukan aktivitas seru bersama anak di dalam tenda. Misalnya bermain board games, tebak-tebakan, membacakan buku cerita favoritnya menggunakan senter supaya semakin seru!

Bila memungkinkan, Anda bisa menyalakan api unggun kecil, sambil menatap langit dan berbaring di rumput beralas tikar. Anda juga bisa mulai bercerita tentang langit, bulan, dan bintang.

Masak di Luar

Waktunya makan tiba. Libatkan si kecil dalam mengolah makanan yang akan ia santap, misalnya membantu Anda memotong-motong sosis dengan pisau yang tidak tajam. Sambil menyiapkan, jelaskan pada anak nama aneka bahan makanan dan kisah pembuatan atau kandungan gizinya yang Anda ketahui. Anak jadi tambah ilmu dan akan lebih menghargai makanan.

Tidur Bersama

Anak tidur (Foto: Pixabay)

Sebelum waktu tidur, perhatikan apakah anak betul-betul siap untuk tidur di dalam tenda. Perhatikan juga kondisi tenda, apakah cukup nyaman untuk bermalam? Apakah udara menjadi terlalu dingin atau berangin. Bila tak yakin, tak perlu memaksa. Anda bisa mengajak anak kembali ke dalam rumah. Anda juga tidak perlu merasa kecewa, bukan berarti acara berkemahnya gagal, kok. Menghabiskan malam bersama saja tentunya sudah cukup menyenangkan dan istimewa.

Kalau si kecil sudah lulus tahap ini, Anda bisa mengatur jadwal camping lanjutan di luar, Moms! Pastikan pilih medan yang ramah anak. Selamat Mencoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53