Pencarian populer

Suami juga Alami Tanda Hamil, Kok Bisa?

Ilustrasi Calon Ayah Mendampingi Istri Saat Hamil (Foto: Thinkstock)

Saat kehamilan datang, ternyata bukan cuma tubuh wanita saja yang terus menunjukan sejumlah tanda hamil, Moms! Ya, suami Anda juga bisa mengalaminya

Hal ini dibenarkan oleh psikiatri dan ahli dari Mayo Clinic, Dr Daniel K Hall-Flavin seperti yang dikutip dari laman Living and Loving. Menurut Dr. Daniel, hal ini yang dinamakan calon ayah tengah mengalami kehamilan simpatik (sympathetic pregnancy).

Suami Anda diketahui bisa ikut mengalami satu tanda hamil ini hingga lebih, seperti berikut:

Heartburn

Heartburn adalah sensai rasa panas pada dada, seperti sensasi terbakar. Heartburn pada ibu hamil yang terjadi merupakan dampak perubahan hormon, sedangkan pada calon ayah bisa terjadi karena rasa cemasnya akan kondisi pasangan atau mengkhawatirkan statusnya yang tidak lama lagi akan berubah.

Stres (Foto: Thingstock)

Mual

Tanda hamil yang sering mendera adalah mual muntah pada calon ibu. Calon ayah juga bisa mengalaminya, Moms. Biasanya akibat pola makan suami yang berubah, karena mengikuti Anda, Moms. Di antaranya seperti ikut makan makanan baru yang mungkin menimbulkan reaksi dari tubuhnya atau menambah porsi makan, sebab mengonsumsi makanan yang tak Anda habiskan.

Mood swing

Ya, mungkin Anda akan mulai menyadari kenapa suami Anda ikut uring-uringan, lalu sebentar-sebentar merasa bahagia dan tak lama kemudian bisa sedih? Biasanya disebabkan akan pikiran calon ayah yang memang kalut, seperti apakah ia kelak bisa jadi ayah yang baik? Sudahkah ia menjadi partner hidup yang Anda harapkan? Bisakah ia membiayai anak-anak kecinya nanti, dan sebagainya.

Gairah seks menurun

Mungkin Anda pernah berpikiran, kalau Anda berhubungan intim dengan suami saat hamil maka bisa menyakiti janin. Hal itu pula yang bisa juga dialami suami Anda. Padahal Moms, hal tersebut tidak benar lho. Sebab, janin Anda tetap terlindung oleh cairan ketuban. Sebaliknya, Anda tetap bisa menikmati seks, tapi pilihlah posisi-posisi yang membuat Anda nyaman.

Ilustrasi pria gemuk. (Foto: Thinkstock)

Berat badannya ikut naik

Nah, Moms, Anda jangan heran kalau perut suami ikut membuncit. Hal ini bisa karena dia ikut-ikutan ngemil dan makan sama halnya dengan Anda. Masalahnya, intensitas ngemil atau makan makanan besar jadi lebih sering. Alasan lainnya, itu adalah cara pasangan Anda menyalurkan stres khas calon ayah yang tengah ia derita.

Dr. Daniel mengungkap, kejadian ini terjadi pada 90% calon ayah. Meski begitu ia juga menganjurkan, mesti dibuat penelitian lanjutan untuk meneliti hal yang merupakan kondisi fisik diakibatkan oleh psikologis. Namun sampai penelitian itu belum dibuat, faktanya menyiapkan diri menjadi orang tua memang penuh emosional dan penuh tekanan.

Untuk meminimalisirnya, cobalah untuk membicarakan hal ini sambil saling memberi dukungan dengan pasangan, memperbarui informasi seputar kehamilan dan soal mengurus anak serta mendatangi berbagai seminar parenting.

Jadi, suami Anda sedang atau pernah mengalami tanda hamil yang mana, Moms?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33