• 1

Tips Bercinta untuk Ibu Menyusui (Para Suami Perlu Baca Juga, Nih!)

Tips Bercinta untuk Ibu Menyusui (Para Suami Perlu Baca Juga, Nih!)


Ilustrasi bercinta.

Ilustrasi bercinta. (Foto: Thinkstock)
Jika dahulu payudara menjadi zona erotis ibu, ayah harus tahu bahwa area itu mungkin tidak jadi area favoritnya selama masih menyusui. Ya, bagi ibu menyusui berhubungan seks sering kali menimbulkan perasaan tidak nyaman, karena ASI bisa saja keluar, baik saat foreplay ataupun orgasme.
ASI yang keluar di tengah keseruan bercinta tentu saja dapat membuat buyar suasana. Belum lagi kalau ASI sampai terminum oleh suami. Aduh, bisa 'mati gaya' jadinya!
Mengutip laman Baby Center, saat orgasme Anda akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon tersebut adalah hormon yang sama ketika terjadi let-down reflex saat menyusui. Oksitosin juga sering disebut sebagai hormon cinta, karena menimbulkan perasaan seperti ingin dipeluk.
Meski berhubungan seks saat menyusui terkadang menimbulkan perasaan tidak nyaman, bukan berarti Anda lantas harus 'puasa' bercinta atau mengurangi frekuensi bercinta. Hubungan seks dengan frekuensi yang cukup tetap penting untuk menjaga hubungan marital Anda, Moms.
Untuk mengantisipasi keluarnya ASI saat bercinta, kumparanMOM (kumparan.com) telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda coba berikut ini:
1 Memakai Bra

Tingkat kemelaran bra

Ilustrasi bra (Foto: Thinstock)
Menggunakan bra saat bercinta bisa menjadi cara efektif untuk menghindari semburan ASI yang tidak diharapkan. Busa bra dapat menahan ASI yang keluar sehingga tidak perlu membuat Anda mengkhawatirkannya. Jangan lupa memilih modelnya. Model yang tepat bisa membuat Anda tampil lebih seksi dan percaya diri.
2. Melakukan Shower Sex

Ilustrasi bercinta saat mandi.

Ilustrasi bercinta saat mandi. (Foto: Thinkstock)
Shower sex atau melakukan seks di kamar mandi juga bisa membuat Anda lebih nyaman, Moms. Air susu yang keluar saat berhubungan seks tidak akan terlihat, karena jatuh bersama air yang mengguyur tubuh Anda dan pasangan.
3. Siapkan Handuk

Ilustrasi bercinta

Ilustrasi bercinta (Foto: Thinkstock)
Jika Anda tidak ingin menggunakan bra, Anda bisa menggunakan handuk kencil untuk menekan payudara saat ASI keluar. Anda bisa berbaring telentang selama bercinta dan meletakkan handuk tersebut di atas payudara Anda, sementara suami memeluk Anda dari belakang untuk melakukan penetrasi
4. Susui Bayi atau Perah ASI sebelum Bercinta

Ibu menyusui

Ibu menyusui. (Foto: Thinkstock)
Mengosongkan payudara sebelum bercinta bisa menjadi cara untuk mengantisipasi semburan ASI. Anda bisa menyusui bayi terlebih dahulu, atau memompa payudara sebelum berhubungan seks.
5. Lihat Sisi Lucunya

Frekuensi Bercinta Suami Istri

Ilustrasi Frekuensi Bercinta Suami Istri (Foto: Thinkstock)
Anda juga bisa menjaga mood bercinta dengan mengajak suami tertawa saat ASI Anda keluar tiba-tiba. Anggap saja ini sisi lucu dari kehidupan baru Anda berdua. Kemampuan untuk bercanda bahkan menertawakan keadaan diri sendiri penting untuk modal Anda menjalani peran sebagai orang tua hingga berbelas-belas bahkan berpuluh tahun kemudian, lho.
Yang tak kalah penting dari cara-cara di atas adalah komunikasi dengan pasangan Anda, Moms. Suami harus tahu, jika payudara Anda terasa nyeri dan tidak nyaman saat disentuh. Sehingga, ada baiknya saat bercinta, suami mengurangi intensitas 'bermain' dengan payudara Anda.

ParentingMOMSIbu MenyusuiSeksTips Percintaan

presentation
500

Baca Lainnya