Pencarian populer

Tips Jadi Tuan Rumah saat Teman Anak Menginap

Ilustrasi Jadi Tuan Rumah Teman Anak Menginap (Foto: Thinkstock)

Di usia sekolah, anak-anak biasanya suka mengajak temannya menginap. Ini karena mereka sudah dapat mengembangkan ikatan pertemanan yang lebih erat dan lebih tertarik mencoba berbagai hal baru bersama temannya.

Nah, bagaimana dengan anak Anda, Moms? Bila anak ingin mengajak temannya menginap di rumah, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan keterampilan sosial anak sekaligus untuk mengenal lebih jauh teman-teman si kecil. Jadi, tidak ada salahnya untuk mendukung keinginan anak ini.

Kalau Anda sudah memberikan izin, tiba waktunya melakukan persiapan agar momen teman anak menginap di rumah Anda jadi menyenangkan. Bagaimana caranya ya? Tenang, Anda bisa mencoba tips jadi tuan rumah teman anak yang menginap berikut:

Kondisi Rumah Nyaman

Suami istri membersihkan rumah bersama. (Foto: Thinkstock)

Tak hanya bersih, pastikan pula rumah Anda nyaman untuk disinggahi, Moms. Anda bisa mengondisikan kamar anak agar bisa ditempati teman si kecil, menata tempat bermain yang menyenangkan, menjauhkan gangguan, hingga menjaga keamanan rumah.

Ramah dan Hangat

Anak Makan Porsi Besar (Foto: Thinkstock)

Sekarang Andalah yang akan jadi 'orang tua' bagi teman anak Moms. Maka, anggaplah ia anak sendiri. Curahkan kehangatan dan sikap yang ramah hingga ia tak jadi sungkan atau malah takut pada Anda.

Jangan sungkan untuk ngobrol dan tertawa bersama. Ajaklah ia dan anak Anda terlibat dalam aktivitas menyenangkan keluarga. Seperti, quality time dengan menonton film anak yang asik.

Cari Tahu Kesukaan Anak

Anda bisa bertanya pada anak Anda apa yang kesenangan temannya. Jika perlu, Anda bisa bertanya langsung kepada orang tua si kecil. Utamanya, soal makanan Moms. Misalnya saja, ia suka nugget dan pisang. Kreatiflah untuk mengkreasikan makanan agar disukai anak.

Kebiasaan Anak

Membacakan Anak Cerita Sebelum Tidur (Foto: Shutterstock)

Anda bisa menanyakan kepada anak langsung atau orang tuanya, apa kebiasaan yang biasa ia lakukan di rumah. Misalnya, aktivitas menjelang tidur, ritual makan anak, hingga hal-hal yang barangkali terlihat sederhana seperti kebiasaan mengelus bonekanya sebelum ia tidur.

Pahami kebiasaan anak dan buat ia nyaman layaknya di rumah sendiri.

Bebas Bertanggung Jawab

Memang benar, Anda ingin anak dan temannya bisa bebas saat momen menginap bersama. Tapi ingat, tetap batasi dengan tanggung jawab yang perlu mereka perhatikan Moms. Seperti, batasi menonton TV hingga larut malam atau bermain berlebihan hingga menunda waktu makan.

Jelaskan baik-baik pada anak dan temannya, jika makan dan istirahat itu penting. Maka, sebisa mungkin perlu dijaga.

Kebiasaan menonton film pada anak (Foto: Pixabay)

Komunikasi

Sebaiknya Anda juga berkomunikasi pada orang tua teman si kecil, Moms. Pastikan ia sudah memperoleh izin dari orang tuanya dan tanyakan juga apabila ada pesan-pesan tertentu dari mereka untuk Anda. Dengan begitu, bukan hanya anak Anda yang siap tapi juga keluarga temannya setidaknya bisa tahu cara menghadapi anak Anda.

Jangan lupa, untuk mengucapkan terima kasih atas kepercayaan mereka pada Anda sekeluarga menjaga anaknya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41