kumparan
4 Apr 2018 10:32 WIB

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Selera makan anak berbeda dengan orang dewasa. (Foto: thinkstockphotos)
Laju pertumbuhan yang kian meningkat, menjadikan gerak dan aktivitas anak pun berkembang. Utamanya, pada balita yang sedang aktif mengeksplor hal-hal baru dan belum pernah diketahuinya.
ADVERTISEMENT
Namun di kondisi yang sedang aktif-aktifnya itu, tak jarang nafsu makan anak justru berkurang. Anak menjadi lebih sulit makan dan menjadi begitu pemilih terhadap menu makanan. Padahal, nafsu makan pada anak diperlukan untuk memastikan asupan nutrisinya terpenuhi. Jika sudah begitu, repot juga ya Moms.
Tapi Anda tidak perlu khawatir. Ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda. Apa saja?
kumparanMOM (kumparan.com) merangkumnya seperti dilansir Live Strong berikut:
Mencontohkan
Sarapan bersama (Foto: Thinkstock)
Jika ingin anak Anda lahap makan, maka Anda bersama keluarga juga perlu menunjukkan semangat menyantap makanan yang terhidang. Hindari kebiasaan mengejek atau berkomentar negatif terhadap makanan.
Libatkan
Melibatkan anak dalam proses menyiapkan makanan. Hal tersebut tak hanya mengajarkan kemandirian padanya, tapi juga bisa jadi ide untuk mengajarkan anak menghargai makanan. Anda bisa mengajaknya belanja di pasar hingga memasak makanan. Jika sudah jadi, katakanlah “Wah, lezatnya makanan yang tadi adik masak sama mama, yuk cicipi”.
ADVERTISEMENT
Karakter Favorit
Ilustrasi sarapan sehat. (Foto: Thinkstock)
Anda bisa melibatkan karakter favorit anak dalam cerita-cerita kesukaannya. Sisipkan pesan-pesan tentang menghargai makanan. Anda bisa lakukan dengan cara mendongeng, memperlihatkan gambar, menonton video bersama anak, hingga melibatkan anggota keluarga atau teman-teman anak Anda untuk memerankan tokoh favoritnya yang menyukai makanan.
Mulai porsi kecil
Daripada memaksa anak langsung menghabiskan makanan di piringnya, lebih baik memberinya makan dengan porsi sedikit tapi dihabiskan. Lakukan perlahan dan penuh kesabaran. Tambahkan pula camilan sehat bagi si kecil, setidaknya berikan 2 kali sehari.
Variasi menu
Anak tidak mau makan sayur (Foto: Thinkstock)
Bisa jadi, nafsu makannya yang berkurang akibat bosan dengan masakan yang itu-itu saja. Maka, Anda perlu mengkreasikan aneka makanan sehat, Moms. Anda bisa belajar memadupadankan makanan dan menghiasnya dengan menarik. Rajin-rajinlah mencari inspirasi di buku resep atau video memasak di youtube.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba dan semoga berhasil, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·