Pencarian populer

Tips Traveling bersama Bayi di Tahap Awal MPASI

Ilustrasi bayi makan. (Foto: Thinkstock)

Di tengah kesibukan sehari-hari yang terkadang menjemukan, berlibur bersama keluarga pastinya menjadi momen yang selalu dinanti-nanti. Selain bisa mengistirahatkan diri sejenak dari rutinitas, berlibur bersama keluarga bisa memperkuat bonding Anda bersama anak-anak, Moms.

Eits, tapi bagaimana ceritanya, jika si kecil baru saja memasuki tahap awal pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang makanannya serba bertekstur lunak? Repot enggak, ya? Tidak, kalau Anda menyiapkannya dengan matang. Mulai dari pemilihan tempat hingga peralatan dan bahan baku makanan yang akan dibawa akan mempermudah Anda saat berlibur nanti.

Nah, seperti apa persiapannya? Berikut kumparanMOM merangkumnya untuk Anda:

Pilih Tempat

Liburan bersama keluarga. (Foto: Thinkstock)

Saat sudah mengetahui tempat tujuan, cobalah mencari tahu tentang fasilitas yang ada dan tempat makan di sekitarnya. Jika aktivitas liburan akan banyak dilakukan di luar ruang, coba pastikan apakah di sekitarnya ada restoran yang memungkinkan Anda untuk mengukus dan melumatkan makanan bayi.

Jika Anda berlibur beberapa hari dan menginap di hotel, maka manfaatkan fasilitas di hotel sebaik mungkin. Untuk sarapan misalnya, Anda bisa minta tolong petugas untuk membuatkan puree dengan cara memblender kasar buah-buahan yang ada di menu prasmanan hotel. Anda juga bisa mengambil yoghurt sebagai lemak tambahan jika bayi suka.

Lebih baik lagi bila di tempat Anda menginap ada kulkas dan freezer agar Anda dapat menyiapkan bahan MPASI, seperti kaldu atau pure dalam jumlah banyak, Moms. Bila tidak ada kulkas, bawa atau siapkan makanan yang habis sekali makan dan beli bahan makanan segar di tempat tujuan.

Makanan yang Dapat Dibawa

Makanan bayi. (Foto: Thinkstock)

Lama perjalanan akan sangat menentukan jenis makanan apa yang harus dibawa. Sebelum berangkat, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan MPASI yang akan dimakan si kecil selama perjalanan, misalnya pisang ambon atau makanan bayi siap makan yang dijual dalam toples kaca maupun bentuk bubuk siap seduh.

Pastikan juga Anda tak lupa membawa termos air panas untuk menyeduh makanan di perjalanan. Sementara untuk camilan si kecil, Anda bisa memberikannya biskuit khusus bayi. Apabila si kecil sudah mulai mengonsumsi makanan yang lebih padat, Anda bisa membawa baby cereal.

Peralatan

Peralatan makan bayi. (Foto: Thinkstock)

Saat traveling hindari membawa alat memasak standar seperti yang biasa Anda gunakan di rumah. Pilihlah yang benar-benar penting saja.

Sebagai pilihan, Anda bisa membawa portable food masher atau baby food maker yang tidak terlalu besar dan dapat ditumpuk. Alat ini memungkinkan Anda untuk menumbuk makanan si kecil sebelum di santap dalam satu wadah yang mudah dibawa.

Selain menyiapkan peralatan, jangan lupa pula membawa satu set perlengkapan makan seperti mangkuk, sendok, gelas, tisu khusus tangan dan mulut, serta celemek. Usahakan juga untuk membawa cairan pencuci piring khusus anak Moms, sehingga perlengkapan si kecil tetap terjaga kebersihannya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: