Pencarian populer

Uniknya Kontes Bayi Merangkak yang jadi Ajang Tahunan di Lituania

Melihat gerakan bayi merangkak memang lucu dan menggemaskan. Tidak heran, kalau saat ini lomba atau kontes bayi merangkak dapat dengan mudah Anda temui di berbagai lokasi. Mulai dari di lomba yang diadakan di taman bermain, pusat perbelanjaan, hingga di rumah sakit bersamaan dengan lomba bayi sehat misalnya.

Tidak hanya di Indonesia, negara-negara lain pun banyak yang menggelar kontes serupa. Bahkan ada yang menjadikan ini sebagai acara tahunan yang ditunggu-tunggu layaknya hari besar nasional. Lituania misalnya.

Republik Lituania adalah sebuah negara di Eropa bagian timur laut. Lituania merupakan salah satu dari tiga Negara Baltik yang dekat dengan Laut Baltik. Negara ini berbatasan dengan Latvia di sebelah utara, Belarus di tenggara, Polandia di selatan, dan Oblast Kaliningrad milik Rusia di barat daya. Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaitė, sempat berkunjung ke Indonesia pada bulan Mei tahun 2017 lalu dan bertemu dengan Presiden Jokowi.

Ilustrasi bayi merangkak (Foto: Shutterstock)

Nah, di Lituania, kompetisi bayi merangkak bahkan jadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu oleh berbagai lapisan masyarakat. Digelar setiap tahun pada tanggal 1 Juni perlombaan diadakan sebagai bagian dari Hari Perlindungan Anak Internasional dan bertujuan untuk menemukan bayi yang merangkak paling cepat di negara ini.

Tidak heran kalau kontes bayi merangkak atau lomba balap bayi tahunan di Lituania akhirnya menjadi semacam pertunjukkan akbar yang selalu dibanjiri penonton sejak pertama kali dipentaskan di ibukota Vilnius 11 tahun lalu.

Bayi-bayi yang jadi 'pembalap' di kontes ini akan berlomba merangkak cepat di jalur sepanjang lima meter. Di garis akhir, orang tua melakukan berbagai cara untuk membujuk bayinya merangkak lebih cepat ke arah mereka.

Hubungan Bayi Merangkak dan Kemampuan Belajarnya Kelak (Foto: Shutterstock)

Tetapi tentu saja karena ramainya penonton, banyak bayi yang justru teralih fokusnya dan memilih merangkak ke arah yang berbeda. Pasti lucu, ya!

Memang, tidak semua seperti itu. Dikutip dari Reuters, Augustas Petravicius, seorang bayi yang berusia 12 bulan, pernah tercatat memenangkan kontes ini dengan waktu kurang dari 15 detik pada perlombaan yang digelar beberapa tahun lalu!

Ayahnya mengatakan. Augustas memang sudah dilatih untuk mengikuti lomba bayi merangkak ini. Niat banget kan, Moms?

Nah, bagaimana dengan Anda? Kira-kira, berminatkah mengikutkan si kecil dalam lomba bayi merangkak seperti yang diadakan di Lituania ini?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36