kumparan
20 Agu 2018 19:15 WIB

Wanita yang Baru Hamil Seperti Raisa Harus Perhatikan 5 Hal Ini

Raisa hamil anak pertama. (Foto: YouTube @raisa6690)
Lewat akun Youtube-nya, penyanyi Raisa mengumumkan kabar gembira, kalau ia positif hamil anak pertama. Yeay, selamat! Kabar bahagia itu tentunya juga disambut suka cita oleh sang suami, Hamish Daud.
ADVERTISEMENT
Jika Anda juga sedang hamil anak pertama seperti Raisa, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar Anda dan janin senatiasa sehat. Mulai dari trimester pertama kehamilan, Anda akan merasakan beragam perubahan, seperti merasa mual, lemas, cepat lelah hingga perubahan hormon yang menyebabkan emosi tidak stabil atau mood swing.
Lalu, bagaimana caranya menjaga kehamilan anak pertama agar sehat hingga waktunya melahirkan nanti? Berikut kumparanMOM merangkum tipsnya untuk Anda:
1. Periksakan Kandungan Dokter atau Bidan
Ilustrasi USG ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Setelah mendapati hasil test pack positif, segera temui dokter atau bidan untuk mengonfirmasi kehamilan Anda. Untuk memastikannya, kemungkinan dokter menggunakan USG. Tapi Anda tidak perlu khawatir, USG aman untuk Anda maupun janin.
Pada pemeriksaan pertama, dokter akan memeriksa beberapa hal, seperti: tekanan darah, berat dan tinggi badan ibu hamil, usia kehamilan, pemeriksaan darah, serta pemeriksaan urine.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, jangan malas untuk memeriksakan kehamilan Anda secara rutin lagi ke dokter untuk memantau berat badan janin, perkembangan fisik janin, serta kondisi kesehatan Anda sebagai ibu hamil, Moms.
2. Penuhi nutrisi seimbang
Ilustrasi ibu hamil memasak. (Foto: Shutterstock)
Pastikan untuk mengonsumsi beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air ya, Moms. Selain jam makan pokok 3 kali sehari, Anda bisa pula menambah camilan sehat untuk ngemil di jam 10 pagi dan 4 sore.
Beberapa camilan seperti biskuit gandum, keju, kacang, atau yoghurt sehat untuk dikonsumsi. Hindari mengonsumsi makanan berminyak berlebihan hingga berkalori tinggi yang kurang baik bagi kesehatan.
Seiring gangguan sistem pencernaan seperti muntah, mual, hingga panas di bagian dada (heartburn), ibu hamil juga perlu mengatur pola konsumsi makan sedikit demi sedikit namun sering. Selain agar tidak banyak asupan yang terbuang ketika muntah, juga agar meringankan kerja sistem tubuh Anda.
ADVERTISEMENT
3. Istirahat yang Cukup
Ilustrasi ibu hamil tidur nyenyak. (Foto: Thinkstock)
Jika Anda merasa terlalu lelah saat beraktivitas, jangan ragu untuk segera beristirahat ya, Moms. Kondisi fisik ibu yang lemah, akan berpengaruh pada kesehatan Anda dan kondisi janin. Dalam kasus terburuk, kelelahan bisa membuat ibu hamil keguguran.
4. Mengatur Pola Kerja Agar
Ilustrasi ibu hamil bekerja. (Foto: Thinkstock)
Jika Anda adalah seorang ibu hamil yang berkarier di luar seperti Raisa, sebaiknya hindari pekerjaan yang terlalu berat dan menyusahkan Anda. Ingat, Moms, saat trimester pertama, tubuh Anda akan melalui banyak perubahan fisik dan psikologis, di mana Anda harus belajar untuk menyesuaikannya.
Pekerjaan yang berat, bisa membuat tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga berisiko membahayakan kesehatan dan keselamatan janin.
ADVERTISEMENT
5. Mengelola emosi agar bisa menikmati kehamilan
Ilustrasi hamil. (Foto: Thinkstock)
Saat hamil, hormon wanita akan mengalami pasang surut yang sangat drastis. Hormon tersebut biasanya mengakibatkan mood swing atau perubahan emosi. Meski lumrah terjadi, Anda tetap perlu mengontrol emosi untuk menjaga kesehatan janin.
Untuk menghindari emosi yang berlebih saat hamil, Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti pergi ke salon, menonton bioskop, menyanyi, bermain musik atau hanya sekadar jalan-jalan di mal.
Ingat, hamil anak pertama seperti yang tengah Raisa rasakan merupakan pengalaman yang menakjubkan. Jadi, nikmatilah, Moms
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·